PROGRAM HAMIL
11 November 2020

9 Kebiasaan yang Jadi Penyebab Kemandulan, Segera Hentikan!

Ternyata, kurang cahaya matahari juga bisa sebabkan mandul!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Sudah lama menikah tapi belum juga hamil. Apakah ini yang dinamakan mandul? Apa penyebab kemandulan? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Setiap pasangan yang sudah menikah tentu mengharapkan untuk segera memiliki keturunan. Namun, setiap orang memiliki waktu yang berbeda untuk mendapatkan keturunan. Ada yang bisa langsung hamil setelah menikah, ada yang harus menunggu bertahun-tahun, ada juga yang tidak bisa memiliki keturunan.

Selain itu, kita biasanya juga cemas dengan masalah kesuburan. Mungkin, beberapa faktor berada di luar kendali kita, seperti masalah medis yang memengaruhi kemampuan untuk hamil.

Namun, pilihan gaya hidup kita juga mempunyai efek pada kesuburan kita sehingga tidak bisa hamil. Bagi wanita yang tidak bisa hamil, hal ini disebut juga dengan kemandulan.

Menurut jurnalSome Common Causes of Sterility and Their Treatment, mandul umumnya dianggap sebagai suatu kondisi yang menyiratkan tentang seorang wanita yang ada meskipun dalam keadaan reproduksi biasa, namun tidak bisa hamil.

Baca Juga: 5 Olahraga yang Meningkatkan Gairah Seks Ini Patut Dicoba Bersama Pasangan

"Kemandulan (gangguan kesuburan) dapat disebabkan oleh faktor pria, wanita, atau kombinasi keduanya. Faktor pria dapat disebabkan oleh adanya kualitas sperma yang tidak baik, gangguan pada saluran sperma, dan buah zakar/testis," jelas dr. Thomas Chayadi, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan RS Pondok Indah – Puri Indah.

Menurut dr. Thomas, hal ini dapat terjadi karena trauma, infeksi seperti gondongan, atau kelainan bawaan dari lahir seperti buah zakar yang tidak turun ke kantungnya sejak lahir atau tidak ada saluran pengeluarannya.

Kemandulan juga bisa terjadi karena kebiasaan kita lho Moms. Lalu apa saja kebiasaan yang bisa jadi penyebab kemandulan pada wanita? Yuk kita lihat.

Kebiasaan Penyebab Kemandulan

Berikut ini kebiasaan-kebiasaan yang harus dihindari agar tidak jadi penyebab kemandulan.

1. Tidak Memprioritaskan Tidur

1 - 5 Kebiasaan yang Menyebabkan Kemandulan.jpg

Foto: freepik.com

Kebiasaan penyebab kemandulan yang pertama adalah tidak memprioritaskan tidur. Seperti yang dikutip dari verywellfamily.com, beberapa studi penelitian telah menemukan hubungan antara kebiasaan tidur yang buruk dan menstruasi yang tidak teratur.

Menstruasi tidak teratur ini bisa menjadi gejala infertilitas.

Kebiasaan tidur yang buruk juga dapat menyebabkan masalah berat badan, baik pada pria maupun wanita.

Hal tersebut akan berdampak pada masalah ovulasi bagi perempuan dan obesitas juga dikaitkan dengan sperma yang kurang sehat.

2. Terlalu Banyak Kafein

2 - 5 Kebiasaan yang Menyebabkan Kemandulan.jpg

Foto: pixabay.com

Kebiasaan penyebab kemandulan yang selanjutnya adalah terlalu banyak kafein. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa mengonsumsi lebih dari 300 mg kafein sehari dapat berdampak kemandulan dan dapat meningkatkan risiko keguguran.

Lebih dari 300 mg setara dengan dua cangkir kopi drip, kopi dengan kafein dua kali lebih banyak. Sehingga, disarankan baik pria maupun wanita untuk mengurangi kafein dalam asupan harian kita.

Baca Juga: Mengandung Kafein, Amankah Konsumsi Cokelat Saat Menyusui?

3. Bermain Smartphone saat Ingin Tidur

3 - 5 Kebiasaan yang Menyebabkan Kemandulan.jpg

Foto: mashable.com

Kebiasaan penyebab kemandulan yang selanjutnya adalah bermain dengan smartphone saat ingin tidur. Tak cuma berdampak buruk pada kesehatan tubuh kita, bermain smartphone saat ingin tidur juga menjadi kebiasaan yang menyebabkan kemandulan.

Cahaya dari layar handphone bisa mengacaukan jam tidur kita. Bahkan, penelitian terbaru mengatakan dampaknya jauh lebih buruk.

Hormon melatonin yang bisa diproduksi ketika tidur akan terganggu. Hormon ini tidak hanya penting di otak, karena ternyata melatonin juga penting untuk proses reproduksi.

Melatonin bertanggung jawab untuk melindungi telur dari radikal bebas yang dapat membahayakan mereka, terutama saat ovulasi. Tanpa produksi yang cukup, bukan tak mungkin kita akan sulit hamil.

4. Olahraga Berlebihan

4 - 5 Kebiasaan yang Menyebabkan Kemandulan.jpg

Foto: nytimes.com

Kebiasaan penyebab kemandulan yang selanjutnya adalah olahraga berlebihan. Hampir semua orang tahu bahwa beberapa olahraga baik untuk kesehatan. Tetapi, jika terlalu banyak melakukan olahraga, membuat dampak negatif untuk tubuh.

Olahraga dikatakan berlebihan adalah olahraga yang ekstrem dan dilakukan lebih dari 1 jam sehari.

5. Tidak Mendapatkan Cukup Sinar Matahari

5 - 5 Kebiasaan yang Menyebabkan Kemandulan.jpg

Foto: mustelausa.com

Kebiasaan penyebab kemandulan yang selanjutnya adalah tidak mendapatkan cukup sinar matahari. Seperti yang dilansir dari babygaga.com, sebuah studi baru yang dirilis tahun 2015 mengungkapkan bahwa dosis sinar matahari secara teratur dapat mempengaruhi kesuburan wanita.

Penelitian ini dilakukan dengan membandingkan cuaca yang terpapar pada wanita di bulan sebelum mencoba konsepsi.

Wanita yang hidup dalam cuaca cerah dapat meningkatkan peluang hamil sebanyak 19 persen. Ini terjadi karena sinar matahari dapat mempengaruhi peningkatan produksi melatonin yang bagus untuk reproduksi, serta Vitamin D.

Keduanya dikatakan bermanfaat dalam menciptakan telur yang paling sehat. Sehingga, wanita yang tak cukup mendapatkan sinar matahari bisa memengaruhi kesuburannya.

Baca Juga: Beraktivitas di Bawah Sinar Matahari, Siapa Takut?

6. Konsumsi Alkohol

penyebab kemandulan

Foto: Orami Photo Stock

Kebiasaan penyebab kemandulan yang selanjutnya adalah konsumsi alkohol. Pada wanita, penelitian telah menunjukkan bahwa minum terlalu banyak alkohol menurunkan kadar hormon steroid (termasuk hormon seks), yang juga mengakibatkan siklus menstruasi yang tidak normal pada wanita. Ketika alkohol dikonsumsi, itu diubah menjadi zat yang menyebabkan kerusakan oksidatif pada DNA dan protein.

Gangguan ovulasi ditemukan meningkat dengan banyak minum. Wanita yang mencoba hamil harus benar-benar berhenti minum alkohol. Minum alkohol dalam jumlah banyak selama kehamilan juga memengaruhi kesehatan bayi.

Sedangkan pada pria, produksi sperma juga terpengaruh pada pria yang merupakan peminum berat. Semakin banyak konsumsi alkohol semakin besar pula penurunan kualitas sperma.

7. Ketidakseimbangan Hormon

penyebab kemandulan

Foto: Orami Photo Stock

Kebiasaan penyebab kemandulan yang selanjutnya adalah ketidakseimbangan hormon. Ketidakseimbangan hormon terjadi karena stres, kurang tidur, dan lainnya.

Hormon adalah molekul pemberi sinyal yang diproduksi dalam tubuh kita yang sensitif terhadap rangsangan eksternal dan internal. Kadar mereka dapat berfluktuasi berdasarkan berbagai faktor seperti tanggal siklus menstruasi pada wanita, stres, atau bahkan gangguan seperti tiroid.

Estrogen dan progesteron penting untuk hormon seks yang ketidakseimbangannya dapat memengaruhi ovulasi dan kesuburan pada wanita. Mereka memodulasi siklus ovulasi pada wanita dan karenanya ketidakseimbangan hormonal dapat menjadi faktor risiko kemandulan.

Pada pria, hormon seperti prolaktin dan estrogen memengaruhi produksi hormon lain yang disebut testosteron, selain itu juga memengaruhi produksi sperma oleh testis.

8. Merokok

merokok sebabkan kemandulan

Foto: Orami Photo Stock

Kebiasaan penyebab kemandulan yang selanjutnya adalah merokok. Bukan rahasia lagi bahwa merokok merusak kesehatan kita. Tetapi tahukah Moms bahwa merokok dapat berdampak negatif pada kesuburan dan bisa penyebab kemandulan?

Penelitian yang diterbitkan dalam BJU International tahun 2016 menemukan bahwa sperma perokok memiliki kerusakan DNA yang tidak dapat diperbaiki, sehingga membatasi kemungkinan pembuahan normal dan kehamilan yang sehat.

Baca Juga: Dianggap sebagai Pengganti Rokok, Ini 4 Bahaya Vape

9. Penyebab Lainnya

penyebab kemandulan

Foto: Orami Photo Stock

Sementara untuk faktor penyebab kemandulan pada wanita dapat disebabkan oleh adanya kelainan pada rahim seperti mioma, adenomiosis, dan polip dinding rahim.

Selain itu, kelainan pada saluran telur seperti sumbatan pada saluran telur, dan kelainan pada indung telur, seperti kista cokelat (endometriosis), gangguan ovulasi, atau cadangan telur yang sedikit akibat usia yang lanjut juga dapat menjadi beberapa faktor penyebabnya.

Itu dia Moms penyebab kemandulan yang sering tidak kita sadari. Pastikan Moms menghindarinya agak bisa memiliki kehamilan yang sehat ya!

Artikel Terkait