SELEBRITI
7 November 2019

5 Kontroversi Mulan Jameela Jadi Anggota DPR RI, Sempat Dijuluki "Perekor"

Sosoknya selalu jadi topik pembicaraan publik

Sumber: instagram.com/mulanjameela1

Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Ketahui beberapa kontroversi Mulan Jameela menjadi anggota DPR RI berikut ini, mengutip berbagai sumber.

Mulan Jameela resmi menjadi anggota DPR RI untuk periode 2019-2024. Perjalanan karier Mulan Jameela hingga kini ia terlibat di dunia politik turut menarik perhatian publik.

Namun, perhatian publik terhadap Mulan Jameela tidak lepas dari kontroversi yang telah dilakukan istri siri Ahmad Dhani tersebut.

Baca Juga: Mulan Jameela Dikabarkan Lolos Jadi Anggota DPR, Ini 5 Artis Perempuan Ini Juga Sempat Duduk di Bangku Legislatif

Simak 5 kontroversinya.

1. Penampilan Mulan Jameela Dikritik Saat Pelantikan

mulan jameela jadi anggota dpr-1.jpg

Foto: instagram.com/mulanjameela1

Penampilan Mulan Jameela di hari pelantikan menjadi anggota DPR RI sudah menjadi sorotan publik.

Mulan Jameela tampak memakai atasan model tunik warna kecokelatan, dengan ornamen bunga di bagian atas dan bawah. Ia memadukannya dengan hijab warna peach.

Gaya berpakaian Mulan Jameela ini disorot oleh seorang pengamat fashion, Sonny Muchlison. Menurutnya, gaun yang dikenakan Mulan Jameela kurang pas dipakai untuk acara kenegaraan.

"Enggak nyambung antara bagian depan, lengan dan segala macem, meskipun itu ramuan dari desainer mungkin, saya tidak tahu. Tetapi secara total look itu terlihat sedikit jumping, apa lagi untuk acara kenegaraan," ujar Sonny Muchlison, mengutip Tribun Newsmaker.

2. Dijuluki Sebagai Perekor (Perebut Kursi Orang)

mulan jameela jadi anggota dpr-2.jpg

Foto: instagram.com/lambenyinyir

Mulan Jameela sebelumnya sempat gagal menjadi wakil rakyat, karena hasil suara yang didapat tidak mencukupi. Ia hanya meraih sebanyak 24.192 suara.

Namun, Mulan mengajukan gugatan ke DPP dan KPU. Gugatannya dikabulkan, dan membuat dua koleganya, Ervin Luthfi dan Fahrul Rozie, tergeser.

Karena hal ini, warga Garut melakukan demo, dan membawa spanduk yang menjuluki Mulan Jameela sebagai Perekor (Perebut Kursi Orang).

Baca Juga: Hati-Hati, Ini 6 Hal Terburuk yang Bisa Terjadi Pada Pelakor

3. Mulan Jameela Digugat Rp10 Miliar

mulan jameela menjadi anggota dpr.jpg

Foto: instagram.com/mulanjameela1

Salah satu mantan caleg, Sigit Ibnugroho Sarasprono, menggugat 9 caleg Gerindra karena kegagalannya mendapatkan kursi di DPR RI. Salah satu yang ia gugat adalah Mulan Jameela.

Sigit Ibnugroho Sarasprono meminta gantu rugi untuk kerugian materiil dan immateriil, dengan total mencapai Rp 10 miliar.

Namun, Mulan Jameela menolak menandatangani surat panggilan sidang atau relaas.

4. Latar Belakang Pendidikan yang Dipertanyakan

mulan jameela menjadi anggota dpr-3.jpg

Foto: instagram.com/mulanjameela1

Kontroversi Mulan Jameela saat menjadi anggota DPR RI lainnya adalah latar belakang pendidikannya yang dipertanyakan publik.

Dari situs dpr.go.id, Mulan diketahui mengampu pendidikan hanya sampai pada tingkat SMA saja. Padahal, kualifikasi Tenaga Ahli DPR harus lulusan S2.

Mulan Jameela bersekolah di SDN Malangbong pada tahun 1985-1991; SMPN Malangbong pada 1991-1994; dan SMUN 1 Malangbong pada 1994-1997.

Baca Juga: Fakta Film "Ratu Ilmu Hitam" yang Wajib Jadi Tontonan Pecinta Horor

5. Mulan Jameela Ditegur KPK

mulan jameela menjadi anggota dpr-4.jpg

Foto: instagram.com/mulanjameela1

Belum lama menjadi anggota DPR RI, Mulan Jameela sudah ditegur oleh pihak KPK. Hal ini karena endorsement yang dilakukan Mulan.

Mulan melakukan endorse untuk kacamata Gucci di akun Instagram pribadinya. Wakil Ketua KPK Saut Situmorang menanggapi unggahan tersebut.

Saut Situmorang menyarankan, setiap penyelenggara negara yang menerima endorsement berupa barang dari pihak tertentu bisa melaporkannya dahulu kepada Direktorat Gratifikasi KPK.

"Ya seperti itu sebaiknya harus dilaporkan dulu. Nanti KPK akan lakukan klarifikasi dalam konteks apa pemberian tersebut apakah dalam kaitan business to business atau lain-lain," ujar Saut Situmorang melansir Tribun Newsmaker.

Karena hal ini, Mulan Jameela akhirnya menghapus postingan endorsement kacamata Gucci tersebut.

Itu dia Moms, 5 kontroversi Mulan Jameela menjadi anggota DPR RI untuk periode 2019-2024. Kalau Moms, paling concern dengan yang mana?

(AP/DIN)

Artikel Terkait