KESEHATAN
10 Juli 2019

Moms Mau Awet Muda? Yuk Konsumsi 5 Makanan Ini!

Buah stroberi mengandung banyak kolagen!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Tetap tampak awet muda nampaknya menjadi impian bagi banyak wanita. Beberapa dari mereka bahkan melakukan perawatan wajah untuk membuat kulit tetap kencang dan sehat.

Namun, sebenarnya apa yang Moms konsumsi juga memengaruhi kondisi tubuh, termasuk kulit. Karenanya, penting untuk selalu makan makanan yang sarat dengan nutrisi dan antioksidan.

Hal ini terbukti membantu kulit terlihat bercahaya, elastis, dan tentu saja tampak lebih awet muda.

Jennifer Masson, L.E., R.D., L.D.N., pemilik Jennifer Masson RD LLC-Nutritionista Wellness, mengatakan bahwa ada 6 jenis makanan yang harus dimakan agar kulit tampak bercahaya dan sehat, tak peduli usianya.

Berikut ini makanan yang bisa membuat orang awet muda, seperti dikutip dari Dermascope.com.

1. Buah Beri

1 stroberi

Buah beri kaya akan antioksidan dan senyawa antiinflamasi, yang disebut fitonutrien. Zat ini bisa melindungi kulit dan melawan radikal bebas.

"Mereka membantu melawan radikal bebas yang dihasilkan dari matahari, lingkungan, dan sumber-sumber lain yang mungkin tidak kita sadari," jelas Jennifer.

Selain itu, buah beri mengandung vitamin C yang untuk membuat kolagen baru,. Kolagen merupakan protein utama di kulit yang membuatnya tetap kencang.

Baca Juga: Mau Tetap Awet Muda? Yuk Kurangi Asupan Kalori Sebanyak 15 Persen!

2. Alpukat

alpukat delishcom

Alpukat mengandung antioksidan, tetapi juga kaya akan asam lemak omega-3, yang membantu menyehatkan dan memperkuat rambut dan kulit.

Selain itu, alpukat juga mengandung seng dan vitamin B, yang penting untuk perbaikan dan pertumbuhan jaringan dan membantu melawan penyebab utama radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini.

3. Teh Hijau

imunitas teh hijau

Teh hijau menjadi bahan yang kerap ada di produk perawatan wajah, karena khasiat yang dimilikinya. Zat dalam teh hijau yang mengandung polifenol, catechin, disebut bisa meningkatkan metabolisme.

"Catechin meningkatkan metabolisme dan dapat melakukan detoksifikasi dalam tubuh. Teh hijau juga mencerahkan dan menutrisi kulit," kata Jennifer.

Hal ini yang membuat teh hijau bahan yang umum digunakan pada banyak produk perawatan kulit organik yang ada di pasaran saat ini.

4. Sayur Bayam

makanan favorit popeye, nih apa saja manfaat bayam untuk balita 6

Bayam adalah salah satu sayuran hijau berdaun gelap yang kaya akan zat besi. Zat besi diperlukan untuk mengirimkan oksigen dan nutrisi lain ke semua sel dalam tubuh.

"Kekurangan nutrisi ini dapat menyebabkan kelemahan, lelah, dan bahkan kerontokan rambut. Penting untuk mengonsumsi makanan yang juga merupakan sumber vitamin C dan zat besi tanaman, seperti bayam, agar zat besi dapat diserap," jelas Jennifer.

Moms bisa mengonsumsi sayur bayam yang direbus atau kukus dengan saus minyak zaitun agar kulit mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk membuatnya tampak lebih awet muda.

Baca Juga: Rahasia Awet Muda ala Cleopatra

5. Brokoli

3 brokoli

Brokoli mengandung senyawa yang membantu mengurangi kadar estrogen dalam tubuh yang dapat mengurangi risiko kanker payudara.

Jennifer mengatakan, "Terlalu banyak estrogen berkontribusi pada peradangan yang merusak kulit dan dapat meningkatkan gejala yang berkaitan dengan sindrom pramenstruasi dan menopause."

Memang tidak ada cara untuk menghindari bertambahnya usia, tetapi Moms bisa melakukan hal untuk mengurangi beberapa dampak penuaan dengan tetap mengonsumsi makanan yang sehat bagi kulit.

Artikel Terkait