TREN
8 Juli 2019

5 Makanan Tinggi Protein Ini Bisa Bikin Kenyang Lebih Lama

Asupan protein seperti apa yang cocok sebagai menu sahur?
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Dina Vionetta

Perut sudah kriyuk-kriyuk sebelum jam makan malam? Biasanya si kecil suka sekali mengalami hal ini.

Menurut pakar gizi, Richard D. Mattes, supaya kenyang lebih lama, sebaiknya asupan protein yang seharusnya kita perbanyak. Mengapa protein? Senyawa ini ternyata mampu membuat rasa kenyang bertahan lebih lama loh!

Sumber protein sendiri terbagi menjadi dua, yaitu protein hewani dan nabati. Keduanya berasal dari lauk pauk yang kita makan. Oleh karena itu, saat sahur tiba sebaiknya benar-benar memilih menu yang pas kandungan nutrisinya dan tentunya lambat saat proses pencernaan. Lalu, makanan tinggi protein seperti apa yang paling cocok untuk Moms?

1. Telur

telur

Telur adalah makanan tinggi protein yang baik, apalagi jika cara memasaknya direbus. Mengkonsumsi telur sangat penting ketika berpuasa karena makanan ini memproduksi asam amino, yang dapat melengkapi protein yang dibutuhkan tubuh.

Biasanya tidak semua orang menyukai kuning telur, padahal jika hanya mengkonsumsi bagian putihnya sama saja kita membuang setengah protein yang harus masuk ke dalam tubuh.

Baca Juga: 5 Manfaat Makan Sebutir Telur Untuk Sarapan Anak Setiap Hari

2. Tempe

tempe

Tahukah Moms ternyata protein yang ada di dalam tempe lebih tinggi daripada daging sapi? Ditambah lagi, harga tempe lebih terjangkau dibandingkan dengan lauk lainnya. Jadi, mengapa tidak mengkonsumsi tempe?

Tempe adalah makanan asli khas Indonesia, yang berasal dari biji kedelai dan sudah difermentasi. Tempe bisa disajikan dengan digoreng, misalnya saja tempe orek atau juga direbus menjadi bahan tambahan dalam sayur bayam.

3. Salmon

salmon

Ada banyak ikan laut yang memiliki kandungan gizi tinggi tetapi untuk urusan protein, ikan salmonlah jawabannya! Ikan ini sangat lezat dan nikmat, apalagi jika dimasak menjadi fillet.

Tidak hanya merupakan makanan tinggi protein, ikan salmon juga mengandung vitamin dan omega 3 yang berguna untuk mencerdaskan otak anak. Cocok sekali untuk makanan si kecil.

Baca Juga: 5 Menu Salmon Mentai Paling Enak di Restoran Jakarta

4. Avokad

apokat

Jangan lupa untuk makan buah sebelum sahur berakhir. Pilihlah avokad untuk mengusir rasa lapar lebih lama. Setiap avokad terdiri dari 4 gram protein dan terbukti lebih banyak dibandingkan dengan buah lain.

Selain itu, avokad juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Salah satunya bagi para penderita diabetes, avokad dapat mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik dalam darah (HDL) sehingga dapat risiko terjadinya diabetes.

5. Oatmeal

oatmeal

Bagi Moms yang sedang menjalankan program diet, oatmeal adalah salah satu makanan yang wajib ada di daftar menu. Karena kandungan seratnya, oatmeal dapat mengganti peran karbohidrat pada nasi. Tidak hanya itu, oatmeal juga baik untuk kesehatan jantung.

Baca Juga: Ini 5 Manfaat Oatmeal untuk Ibu Menyusui yang Patut Moms Ketahui

Itulah beberapa makanan tinggi protein yang bisa Moms konsumsi. Sekarang tidak perlu khawatir lagi saat bulan puasa datang. Lalu dari asupan protein di atas, mana yang akan Moms pilih menjadi menu hari ini?

(DAN)

Artikel Terkait