KEHAMILAN
17 November 2019

5 Manfaat Berhubungan Intim Saat Hamil yang Perlu Moms Ketahui

Perubahan tubuh saat hamil dapat menurunkan kepercayaan diri Moms
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Manfaat berhubungan intim saat hamil mungkin tak lagi menjadi prioritas di masa kehamilan. Pikiran Moms sudah terpecah karena mengalami hal yang kurang nyaman ketika hamil.

Mulai dari perubahan hormon, morning sickness, berat badan yang bertambah, suasana hati yang berubah-ubah, dan lain sebagainya.

Kebanyakan wanita hamil memiliki gairah seks yang lebih rendah selama trimester pertama.

"Pada trimester pertama, 12 atau 13 minggu pertama, sebagian besar orang merasa sangat buruk, mereka mual, lelah, dan mungkin cenderung tidak ingin terlibat," jelas Alyssa Dweck, MD, ginekolog di New York, mengutip Refinery29.

Padahal, tidak hanya membuat hubungan Moms dan Dads tambah harmonis. Berhubungan intim saat hamil bisa memberikan manfaat kesehatan yang besar, lho, Moms!

Manfaat Berhubungan Saat Hamil yang Dirasakan

Meskipun melalui masa kehamilan ada suka dan dukanya pada masing-masing wanita, tidak ada salahnya jika Moms ingin berhubungan intim dengan pasangan.

Selain menjaga keintiman dengan Dads, berikut beberapa manfaat bila Moms berhubungan saat hamil.

Baca Juga: Susah Orgasme Saat Berhubungan Seks, Normalkah?

1. Mempermudah Proses Persalinan

berhubungan saat hamil-1

Merasakan orgasme meningkatkan kontraksi di dasar panggul, yang akan membantu memperkuat otot yang dibutuhkan untuk persalinan dan setelah melahirkan.

"Setelah Anda mendorong bayi melalui otot-otot itu, mereka akan memiliki waktu yang lebih mudah untuk menguat," kata Jeanne Faulkner, perawat terdaftar di Portland, Oregon, melansir Fox News.

2. Tidak Terlalu Sering ke Kamar Mandi

berhubungan saat hamil-4

Di masa kehamilan, janin akan semakin membesar sehingga kantung kemih juga semakin tertekan. Hal ini membuat Moms jadi sering ke kamar mandi.

Namun, berhubungan intim saat hamil dapat membantu mengurangi kecenderungan tersebut.

"Kabar baiknya adalah bahwa otot yang sama yang akan diperkuat untuk persalinan, juga dapat membantu aliran urin," kata Tammy Nelson, PhD, penulis Getting the Sex You Want.

Baca Juga: Nyeri Saat Berhubungan Seks, Mungkin Saja Terkena 3 Penyakit Kelamin Ini

3. Mencegah Komplikasi

berhubungan saat hamil-3

Menurut Journal of Reproductive Immunology, berhubungan seks, khususnya oral seks, dapat membantu mencegah pre-eklampsia.

Dalam jurnal tersebut dijelaskan bahwa, "Penelitian menunjukkan bahwa seks oral dan menelan sperma berkorelasi dengan berkurangnya kejadian preeklampsia."

Namun, ada baiknya Moms berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter tentang risiko preeklampsia, atau tentang bagaimana berhubungan saat hamil yang aman.

4. Merasa Jadi Lebih Percaya Diri

berhubungan saat hamil-5

Dengan semua perubahan yang terjadi selama kehamilan, dapat terasa bahwa tubuh Moms tidak lagi memiliki bentuk yang sama seperti sebelum hamil.

Berhubungan saat hamil dapat membantu membuat Moms lebih percaya diri, dan meningkatkan harga diri yang mungkin perlahan menghilang.

"Bagi banyak wanita, ini adalah saat dalam kehidupan di mana seks adalah bagian yang sangat penting dari siapa mereka, hubungan mereka dan bagaimana perasaan mereka," kata Faulkner.

Baca Juga: 5 Kesalahan Saat Berhubungan Intim yang Ternyata Meningkatkan Potensi Hamil

5. Meningkatkan Koneksi dengan Suami

berhubungan saat hamil-6

Sering berhubungan intim saat hamil akan membantu memperkuat hubungan dan ikatan yang Moms miliki dengan pasangan.

Selain itu, Moms dan Dads juga akan membangun kebiasaan sehat di masa depan.

"Sangat penting untuk tetap terhubung dengan pasangan Anda sekarang, selagi Anda punya waktu karena Anda akan membutuhkan ikatan tersebut ketika bayi lahir," kata Nelson.

Itu dia Moms, beberapa manfaat berhubungan intim saat hamil yang perlu Moms ketahui. Jadi, jangan ragu untuk melakukannya bersama Dads tersayang, ya!

(AP/DIN)

Artikel Terkait