BALITA DAN ANAK
27 Agustus 2019

5 Manfaat Bermain Hula Hoop Bagi Anak

Ada banyak manfaat kesehatan di balik permainan hula hoop
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Sudah tahu belum Moms, kalau manfaat bermain hula hoop ternyata baik untuk mendukung kesehatan dan perkembangan fisik anak?

Diciptakan oleh Arthur K. Merlin dan Richard Knerr di tahun 1958, hula hoop yang terbuat dari bahan plastik, rotan, dan serat kayu, belakangan mulai kembali populer dimainkan oleh anak-anak dari seluruh belahan dunia.

Menurut rekomendasi North Shore Pediatric Therapy, usia 5 tahun adalah waktu paling ideal untuk mulai mengajarkan anak bermain hula hoop. Selain sudah memiliki kesadaran tubuh yang baik, anak juga sudah cukup terampil dalam mengendalikan gerakan beberapa anggota tubuh yang berbeda dalam waktu bersamaan.

Jadi, apa saja ya manfaat bermain hula hoop bagi anak? Yuk Moms, baca sampai selesai untuk tahu jawabannya.

Baca Juga: 6 Manfaat Dongeng Dalam Membentuk Karakter Anak

1. Menguatkan Core

5 Manfaat Bermain Hula Hoop Bagi Anak 1.jpg

Foto: Americandancefestival.org

Supaya hula hoop tetap berada di area pinggang dan tidak jatuh ke bawah, Si Kecil harus lincah menggoyangkan pinggul dengan ritme teratur sambil menjaga keseimbangan.

Gerakan saat bermain hula hoop ini membantu menguatkan tiga otot core besar, yaitu otot abdomen, otot oblique, dan otot punggung atas. Nah, otot core yang kuat itu sangat penting untuk postur, ketahanan, dan koordinasi tubuh anak.

2. Menguatkan Otot di Seluruh Tubuh

5 Manfaat Bermain Hula Hoop Bagi Anak 2.jpg

Foto: Healthyessentials.com

Walau kelihatan mudah, ternyata ada 30 jenis otot berbeda dalam tubuh anak yang ikut bergerak saat menggoyangkan hula hoop di area pinggul lho, Moms.

Seperti dikatakan oleh Dr. Lisa Watson ND, hampir seluruh otot tubuh anak bisa ikut bergerak bila hula hoop dimainkan pada area tubuh yang berbeda, seperti otot dada, bahu, pinggul, lutut, tangan, kaki, atau punggung.

Tapi bukan hanya itu Moms, gerakan saat bermain hula hoop juga bisa meredakan ketegangan pada area punggung bawah sekaligus meluruskan tulang belakang, sehingga aliran darah menjadi lebih lancar.

3. Membakar Kalori

5 Manfaat Bermain Hula Hoop Bagi Anak 3.jpg

Foto: Familyeducation.com

Manfaat bermain hula hoop juga baik untuk melindungi buah hati dari resiko obesitas dan diabetes di masa depan lho, Moms.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh American Council on Exercise, menggoyangkan hula hoop di pinggang selama satu jam bisa membakar lebih dari 400 kalori per jamnya. Setara dengan bermain tenis, mendaki gunung, mendayung, atau menggunakan sepeda statis selama 1 jam penuh.

Nah, rutin menggerakkan tubuh secara aktif serta membakar kalori dan lemak berlebih dari tubuh adalah kunci agar Si Kecil terlindung dari risiko obesitas dan diabetes.

Baca Juga: 4 Manfaat Istimewa Musik Untuk Perkembangan Anak

4. Meningkatkan Keseimbangan dan Kelenturan Tubuh

5 Manfaat Bermain Hula Hoop Bagi Anak 4.jpg

Foto: Northernquest.com

Teknik bermain hula hoop yang paling dasar adalah menggoyangkan pinggul dan tulang belakang dengan ritme teratur sambil menjaga keseimbangan seluruh tubuh.

Semakin sering Si Kecil bermain hula hoop, maka akan semakin baik pula keseimbangan dan kelenturan tubuhnya. Dengan begitu, resiko anak cidera saat berolahraga fisik dan bergerak aktif juga bisa sangat dikurangi.

5. Menguatkan Jantung

5 Manfaat Bermain Hula Hoop Bagi Anak 5.jpg

Foto: Verywellfamily.com

Meski lebih banyak dipandang sebagai permainan, menurut Edward L. Laskowski, M.D. pada Mayo Clinic, hula hoop sebenarnya termasuk salah satu aktivitas aerobik yang sangat baik untuk menguatkan jantung dan meningkatkan ketahanan tubuh anak.

Bermain hula hoop mendorong jantung untuk bekerja lebih efisien, sekaligus menurunkan detak jantung dan tekanan darah. Ini sangat baik untuk melindungi dan menguatkan kesehatan jantung anak hingga dia besar nanti lho, Moms.

Baca Juga: 5 Manfaat Orang Tua Bermain Bersama Anak

Bagaimana Moms, tertarik untuk mulai mengajarkan Si Kecil bermain hula hoop?

(WA)

Artikel Terkait