KEHAMILAN
18 Desember 2019

5 Manfaat Buah Kiwi untuk Ibu Hamil, Bisa Mencegah Stretch Mark!

Mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Tengok manfaat buah kiwi untuk ibu hamil di bawah ini yuk, Moms.

Kehamilan umumnya disertai dengan keinginan kuat untuk makan atau biasa disebut ngidam. Hal ini wajar karena ibu hamil memang perlu mencukupi kebutuhan gizi untuk dirinya sendiri dan juga bayinya di dalam kandungan.

Makanan tertentu baik untuk perkembangan janin. Walaupun ibu mungkin memiliki keinginan mengidam yang berbeda, seperti makanan manis, ibu hamil selalu disarankan untuk memilih sepotong buah daripada cokelat atau makanan manis lainnya.

Baca Juga: 8 Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Buah kiwi misalnya, meski jarang dijadikan sebagai buah pilihan, kiwi memiliki manfaat yang baik untuk ibu hamil lho.

Dilansir dari European Journal of Nutrition, buah kiwi adalah buah yang padat nutrisi dan konsumsi rutin buah kiwi bermanfaat tidak hanya untuk perbaikan status gizi, tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan pencernaan, kekebalan tubuh dan metabolisme.

Apa manfaat buah kiwi untuk ibu hamil lainnya? Simak manfaatnya di bawah ini ya.

Manfaat Buah Kiwi untuk Ibu Hamil

1. Sumber Asam Folat yang Baik

manfaat buah

Foto: medicalxpress.com

Seorang wanita hamil membutuhkan sekitar 400mg - 800mg asam folat dalam makanannya untuk perkembangan janin yang sehat pada bulan-bulan awal kehamilan.

Manfaat buah kiwi untuk ibu hamil di antaranya adalah membantu perkembangan kognitif pada janin dan juga mencegah cacat saraf. Inilah sebabnya mengapa calon ibu disarankan untuk mengambil setidaknya satu buah kiwi per hari.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

manfaat buah

Foto: samitivejhospitals.com

Buah kiwi bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Konsumsi 2 atau 3 buah kiwi per hari akan membantu dalam mengencerkan darah dan kadar lemak yang lebih rendah, sehingga dapat menjaga kesehatan jantung.

Tingginya kadar kalium dalam buah kiwi dapat secara efektif mengurangi tekanan darah dan mencegah serangan mendadak. Juga terbukti bahwa jus buah kiwi memiliki efek yang sama dengan tablet aspirin dalam hal melindungi jantung.

Baca Juga: 4 Ide MPASI Bayi 6 Bulan dengan Buah Kiwi yang Segar

3. Mengandung Banyak Nutrisi

manfaat buah

Foto: lifealth.com

Buah kiwi disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, karena manfaat dan kandungan nutrisi buah kiwi yang beragam. Buah ini mengandung banyak vitamin C dibandingkan dengan jeruk dan juga kalium secara keseluruhan.

Buah satu ini juga mengandung banyak Vitamin E. Jadi konsumsi buah ini sangat sehat untuk kulit dan juga menyediakan vitamin dan nutrisi yang penting untuk bayi. Buah kiwi juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari infeksi.

4. Menjaga Tulang Tetap Kuat

manfaat buah

Foto: parenting.firstcry.com

Manfaat buah kiwi untuk ibu hamil lainnya adalah sumber vitamin K yang sangat baik dan karenanya membantu dalam mengembangkan tulang yang kuat. Buah ini juga mempercepat kekuatan penyembuhan tubuh dan mengurangi pembekuan darah.

Vitamin K dalam jumlah yang cukup dibutuhkan oleh tubuh selama kehamilan karena, selama proses persalinan, tubuh banyak mengeluarkan darah. Kehilangan darah yang berlebihan bisa sangat mengancam keselamatan ibu dan janin.

Baca Juga: Menguatkan Tulang, 1 dari 5 Khasiat Kolang-kaling untuk Kesehatan

5. Mengurangi Risiko Stretch Mark

manfaat buah

Foto: healthline.com

Studi membuktikan bahwa konsumsi buah kiwi secara teratur akan mengurangi stretch mark saat melahirkan bayi.

Buah kiwi bermanfaat untuk meningkatkan pembentukan kolagen, yang bertanggung jawab untuk menjaga elastisitas kulit. Dengan demikian, kemungkinan timbulnya stretch mark akan berkurang secara signifikan. Disarankan juga untuk menggunakan krim pelembap pada area perut bersamaan dengan mengonsumsi buah kiwi untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Jadi Moms yang sedang mengandung, harus memasukan buah ini dalam daftar buah yang harus dikonsumsi, ya. Sebab, manfaat buah kiwi untuk ibu hamil begitu besar.

Artikel Terkait