DI ATAS 5 TAHUN
15 Januari 2019

5 Manfaat Makan Sebutir Telur Untuk Sarapan Anak Setiap Hari

Jangan lebih dari satu butir setiap hari ya, Moms
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama


Moms, sudah tahu belum besarnya manfaat sarapan telur untuk anak? Selain mudah dikreasikan menjadi berbagai hidangan lezat, sebutir telur ternyata mengandung banyak nutrisi, vitamin, dan mineral yang penting untuk tumbuh kembang dan kesehatan anak.

Selama porsinya tidak lebih dari satu butir dan dimasak dengan matang, sarapan dengan telur setiap hari tidak akan meningkatkan kadar kolesterol maupun resiko salmonella pada anak kok, Moms.

Yuk Moms, simak dulu beberapa manfaat sarapan telur untuk anak ini:

Baca Juga : Berapa Banyak Telur yang Boleh Dikonsumsi Anak Setiap Harinya?

1. Membuat Anak Kenyang Lebih Lama

5 manfaat makan sebutir telur untuk sarapan anak setiap hari 1
Kidspot.com

Makan sebutir telur untuk sarapan setiap hari dapat membuat anak mengonsumsi 25% lebih banyak protein ketimbang hidangan lain seperti sereal atau roti lapis lho, Moms.

Protein dalam telur itulah yang akan membantu anak merasa kenyang lebih lama, sehingga bisa lebih fokus belajar tanpa harus bolak balik jajan ke kantin.

Telur dalam sarapan anak juga tinggi akan asam amino leusin yang mengendalikan kadar insulin dan mengatur metabolisme lemak tubuh, sehingga berat badan anak lebih terkendali dan dalam jangka panjang memiliki resiko diabetes tipe 2 yang lebih rendah.

2. Mengurangi Resiko Obesitas

5 manfaat makan sebutir telur untuk sarapan anak setiap hari 2
Telegrafi.com

Khawatir berat badan anak naik tak terkendali dan menjadi obesitas? Moms perlu tahu tentang manfaat sarapan telur untuk anak lainnya, yaitu dapat mengendalikan nafsu makan serta asupan kalori pada hari tersebut.

Ini sesuai dengan studi yang dirilis dalam European Journal of Clinical Nutrition, dimana anak yang sarapan dengan telur mengalami peningkatan rasa kenyang sebesar 32%, berkurang rasa lapar sebesar 14%, dan berkurang keinginan untuk makan 30% bila dibandingkan dengan anak yang sarapan tinggi karbohidrat.

3. Meningkatkan Fungsi Otak

5 manfaat makan sebutir telur untuk sarapan anak setiap hari 3
Bellamysorganic.com

Besarnya manfaat telur untuk anak juga tidak terlepas dari kandungan kolin didalamnya. Kolin sendiri adalah nutrisi yang berperan penting untuk perkembangan dan aktivitas otak, serta tumbuh kembang anak secara keseluruhan.

Telur juga mengandung asam lemak omega-3 yang dapat memperkuat ingatan kognitif anak sehingga otaknya lebih mudah menyerap dan menyimpan informasi baru yang diterimanya saat belajar di sekolah.

Baca Juga : Cara Membuat Telur Gulung untuk Camilan Anak

4. Mencukupi Kebutuhan Nutrisi Harian

5 manfaat makan sebutir telur untuk sarapan anak setiap hari 4 (1)
Austinregionalclinic.com

Sarapan dengan sebutir telur setiap hari juga dapat membantu kebutuhan nutrisi harian yang dibutuhkan tubuh anak untuk dapat berkembang dan beraktivitas dengan optimal.

Selain protein, zat besi, kolin, 9 asam amino esensial, vitamin D, dan segudang nutrisi lainnya, telur juga memiliki kandungan lemak jenuh dan lemak tidak jenuh yang seimbang. Ini baik sekali untuk membuat anak kenyang tanpa mengonsumsi terlalu banyak kalori, Moms.

5. Menjaga Kesehatan Mata

5 manfaat makan sebutir telur untuk sarapan anak setiap hari 5
Rd.com

Tidak banyak yang tahu, tapi telur juga mengandung lutein dan Zeaxanthin yang baik untuk kesehatan mata.

Dua jenis karotenoid ini membantu menjaga penglihatan tetap tajam, mengurangi dampak degenerasi makula, serta menjaga kesehatan retina. Luar biasa ya, Moms?

Agar manfaat sarapan telur untuk anak semakin optimal, pengolahan telur yang terbaik adalah dengan cara direbus, dikukus, atau digoreng di wajan anti lengket.

Bagaimana menurut Moms, apa resep sarapan anak terlezat yang mengandung telur didalamnya?

(WA)

Artikel Terkait