BALITA DAN ANAK
6 Mei 2020

5 Manfaat Memberi Mainan Edukasi Bagi Anak

Memberi mainan edukasi bagi anak punya banyak manfaat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Anak-anak identik dengan bermain. Bagaikan spons, sejak dini Si Kecil telah belajar dengan menyerap segala pengetahuan dan pengalaman yang dialami.

Agar buah hati Moms dan Dads berkembang dengan optimal, Moms dan Dads perlu memilih mainan edukasi yang didesain khusus untuk mengembangkan otak anak, namun tetap menyenangkan untuk dimainkan.

Mengutip Johnson & Johnson, memilih mainan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan dan ketertarikan masing-masing anak dapat mendukung mereka dalam belajar.

Menyadari interaksi antar anak dan pengajar juga esensial. Ketika anak-anak sedang bermain, pengajar dapat membimbing anak memahami pengalaman bermainnya dan mendukung eksplorasi anak lebih jauh.

Manfaat Mainan Edukasi untuk Anak

Lalu apakah setiap mainan diciptakan sama? Perbedaan mendasar dari mainan yang edukatif terletak pada kegunaannya. Mainan biasa seperti objek-objek alam tidak dibuat dengan tujuan khusus untuk menstimulasi atau mengembangkan kemampuan anak-anak.

Sedangkan mainan edukasi dibuat sedemikian rupa untuk melatih dan mengajak anak belajar tanpa terasa seperti pekerjaan rumah yang membosankan dan formal. Lantas, apa saja manfaat mainan edukasi untuk anak?

1. Membangun Kreativitas Anak

5 Manfaat Memberi Mainan Edukasi Bagi Anak 1.jpg

Foto: pixabay.com

Pada awal pertumbuhannya, penting bagi anak untuk mengenal warna, suara, dan tekstur benda.

Mainan edukasi yang mengajak anak-anak membuat sesuatu seperti alat gambar warna-warni, plastisin atau tanah liat, dan kerajinan tangan lainnya, dapat mengembangkan kemampuannya untuk mengikuti petunjuk, deretan aktivitas, dan merasa puas setelah menyelesaikan sesuatu.

Lebih lanjut, Moms dapat mengajak Si Kecil membangun atau membuat sesuatu dari nol, sehingga melatih imajinasi dan kreativitas mereka. Contohnya menggambar, menyusun balok, atau bernyanyi.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Mainan Edukasi Anak Terfavorit, Simak di Sini Moms!

2. Membentuk Kemampuan Kognitif dan Problem Solving

5 Manfaat Memberi Mainan Edukasi Bagi Anak 2.jpg

Foto: freepik.com

Mainan seperti puzzle, angka-angka, dan permainan kata dapat membantu anak-anak mengembangkan kemampuan berpikirnya serta mencari solusi dari sebuah masalah.

Dengan mainan edukasi, anak-anak akan semakin terlatih konsentrasi, intuisi, kemampuan literasi, kemampuan berhitung, memori, dan kemampuan identifikasi masalahnya.

Tentu saja kemampuan ini akan sangat berguna untuk menghadapi berbagai masalah di kehidupan nyata kelak, Moms.

Misalnya seperti menyelesaikan soal matematika, melakukan analisis, mampu berpikir secara runtut, mampu berkonsentrasi, dan lain-lain yang membutuhkan kecerdasan berpikirnya.

3. Meningkatkan Kemampuan Motorik

5 Manfaat Memberi Mainan Edukasi Bagi Anak 3.jpg

Foto: freepik.com

Manfaat mainan edukasi untuk anak lainnya adalah meningkatkan kemampuan motorik atau pergerakan tubuh mereka.

Moms bisa memilih mainan edukasi yang melatih koordinasi mata dengan tangan, menari, bermain alat musik, berlatih menulis, menggenggam, dan permainan yang melatih otot lainnya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Mainan Edukasi Anak 1 Tahun, Beli Yuk Moms!

4. Melatih Kemampuan Bersosialisasi

5 Manfaat Memberi Mainan Edukasi Bagi Anak 4.jpg

Foto: freepik.com

Hampir semua mainan anak-anak dirancang untuk dimainkan bersama orang lain.

Mainan yang mengajak Si Kecil bermain bersama saudara dan teman-temannya bermanfaat untuk mengenalkan cara bersabar, bekerja sama, berkompromi, membangun kepercayaan diri, dan melatih kemampuan berkomunikasi.

5. Menumbuhkan Kecerdasan Emosional

5 Manfaat Memberi Mainan Edukasi Bagi Anak 5.jpg

Foto: freepik.com

Lebih lanjut, manfaat mainan edukasi untuk anak yang sedang belajar bersosialisasi adalah dapat menumbuhkan kecerdasan emosionalnya. Ketika bermain bersama saudara atau teman, Si Kecil akan belajar perasaan yang positif dan negatif.

Perasaan positif seperti rasa humor, tertawa, menang, dan percaya diri akan muncul. Si Kecil juga akan belajar mengerti dan mengelola perasaan negatif seperti kekalahan saat bermain, bersabar menunggu giliran, marah, dan menangis.

Semua ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi perkembangan emosi dan pengenalan awal anak tentang cara berbagi, nilai-nilai sosial, cara berteman, dan membangun hubungan positif, rasa simpati dan empati, serta melatih kekuatan mental anak seiring berjalannya waktu.

Baca Juga: Seberapa Banyak Mainan yang Boleh Dimiliki Anak?

Moms dan Dads, inilah manfaat mainan edukasi untuk anak. Sudah saatnya menengok koleksi mainan Si Kecil, manakah yang baik dan tidak untuknya. Apabila Moms berminat membeli mainan edukasi untuk Si Kecil, usahakan juga pilih dengan bahan-bahan berkualitas baik supaya tidak melukainya di kemudian hari.

Artikel Terkait