KESEHATAN
22 Januari 2020

5 Obat Alami untuk Mengatasi Susah Tidur

Moms mulai kesulitan tidur di malam hari? Coba dulu, yuk, obat alami supaya tidur bisa lebih nyenyak!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dita Indrihapsari
Disunting oleh Orami

Tidur nyenyak ternyata sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Tidur dengan durasi yang cukup dan berkualitas dapat mengurangi risiko penyakit tertentu, menjaga otak dan pencernaan tetap sehat, serta meningkatkan sistem imun tubuh.

Disarankan Moms dapat tidur paling tidak 7 jam tanpa gangguan setiap malamnya. Namun jika Moms mengalami masalah susah tidur, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya, salah satunya dengan obat tidur alami.

Obat Alami untuk Mengatasi Susah Tidur

Apa saja obat alami yang bisa mengatasi susah tidur? Simak, yuk, Moms!

1. Lavender

Obat Alami Atasi Sulit Tidur - Lavender.jpg

Obat alami untuk mengatasi susah tidur yang pertama adalah lavender. Aroma bunga lavender yang menenangkan diyakini dapat menjadi solusi bagi Moms yang sulit tidur.

Studi Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine menunjukkan bahwa minyak lavender dapat digunakan sebagai bantuan sementara pengobatan lanjutan untuk insomnia.

Beberapa penelitian memang menunjukkan bahwa dengan mencium lavender oil selama 30 menit sebelum tidur cukup untuk meningkatkan kualitas tidur.

Efek ini tampak kuat dirasakan oleh mereka yang menderita insomnia ringan, terutama pada perempuan dan anak muda.

Selain pengalaman, otak kita ternyata juga mengikat memori yang berkaitan dengan bau. Menurut beberapa penelitian, ada sesuatu yang melekat pada lavender yang dapat membuat seseorang tidur lebih baik.

"Bisa saja karena mengingatkan seseorang tentang bau tempat tidur mereka ketika masih kecil atau popok yang mereka kenakan saat masih bayi,” ujar Dr. W. Chris Winter, Ahli Syaraf dan Penulis “The Sleep Solution: Why You Sleep Is Broken and How To Fix It.”

Baca Juga: 4 Manfaat Bawang Putih untuk Kecantikan

2. Chamomile

Obat Alami Atasi Sulit Tidur - Chamomile.jpg

Obat alami untuk mengatasi susah tidur yang selanjutnya adalah chamomile. Selama bertahun-tahun, teh chamomile digunakan sebagai obat alami untuk mengurangi peradangan, kecemasan, dan mengobati insomnia.

Di dalam chamomile terdapat antioksidan yang disebut apigenin. Jenis antioksidan inilah yang dapat memengaruhi reseptor di otak dan mengakibatkan Moms dapat merasa rileks hingga bisa tertidur nyenyak.

Sebuah studi menunjukkan, mereka yang menerima 270 mg ekstrak chamomile dua kali sehari selama 28 hari akan tertidur 15 menit lebih cepat daripada peserta penelitian yang tidak menerima ekstrak tersebut.

3. Almond

Obat Alami Atasi Sulit Tidur - Almond.jpg

Obat alami untuk mengatasi susah tidur yang selanjutnya adalah almond. Ingin tidur lebih nyenyak? Moms dapat mencoba mengkonsumsi almond sebelum tidur.

Almond dipercaya dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Almond dan beberapa jenis kacang-kacangan lainnya mengandung melatonin, sumber hormon pengatur tidur.

Di dalam almond juga terdapat magnesium. Mengkonsumsi mineral ini dalam jumlah yang cukup juga membantu untuk tidur lebih baik, terutama bagi yang menderita insomnia.

Baca Juga: Apakah Penderita Penyakit Lupus Bisa Hamil?

4. Valerian

Obat Alami Atasi Sulit Tidur - Valerian.jpg

Obat alami untuk mengatasi susah tidur yang selanjutnya adalah valerian. Di sini mungkin jenis tanaman ini masih terdengar asing. Namun valerian menjadi salah satu obat tidur herbal alami yang paling populer di Eropa dan Amerika.

Valerian biasanya dijual sebagai suplemen makanan dalam bentuk kapsul atau cair. Akarnya juga dikeringkan dan dijual sebagai teh.

Akar valerian dapat membuat rasa kantuk lebih cepat, meningkatkan kualitas tidur secara keseluruhan serta mengurangi kesadaran di malam hari. Selain susah tidur, obat alami ini ternyata juga telah digunakan selama berabad-abad untuk mengatasi masalah sakit kepala dan gugup berlebihan.

5. Melatonin

Obat Alami Atasi Sulit Tidur - Melatonin.jpg

Obat alami untuk mengatasi susah tidur yang selanjutnya adalah melatonin. Melatonin merupakan hormon yang diproduksi oleh kelenjar pineal di otak. Melatonin diyakini memainkan peran sentral dalam mengatur ritme tidur. Moms bisa mendapatkan melatonin dalam bentuk suplemen makanan.

“Ada bukti bahwa melatonin meredakan gangguan ritme sirkadian, seperti jet lag dan gangguan fase tidur yang tertunda,” terang Jawad Miran, DO, Sleep Medicine Specialist Somerset Medical Center’s Sleep For Life Program di Hillsborough, New Jersey.

Baca Juga: Ibu Hamil Menderita Hepatitis C, Apakah Akan Menular pada Janin?

Jika kelima obat tidur alami ini sudah Moms coba tapi belum juga berhasil mengatasi susah tidur, Moms bisa segera berkonsultasi dengan dokter agar masalah tersebut dapat segera terpecahkan. Selamat mencoba!

(DI/ERN)

Artikel Terkait