KESEHATAN
24 Oktober 2019

Anak Masuk Sekolah Lagi? Pastikan Daya Tahan Tubuhnya Prima

Apa saja yang bisa memengaruhinya?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms, Si Kecil sudah masuk sekolah lagi? Atau Si Kecil pertama kalinya masuk sekolah? Wah selamat ya Moms! Tetapi, biasanya perasaan Moms menjadi campur aduk, antara gugup, senang, bangga, tapi juga resah dengan kesehatan anak selama ia belajar di lingkungan sekolahnya bukan? Tidak hanya Moms seorang diri, karena masalah ini juga dialami oleh semua Moms yang anaknya masuk sekolah lagi atau baru masuk sekolah.

Hal yang wajar jika Moms berpikiran demikian, karena memang sekolah adalah tempat yang sangat ideal untuk menyebarnya berbagai macam penyakit menular. Hal ini terjadi karena banyaknya kontak yang terjadi antara satu anak dengan anak yang lainnya. Si Kecil bisa saja tertular penyakit menular yang dibawa oleh teman-teman sekelasnya lho Moms. Apalagi sistem imun atau daya tahan tubuh anak yang masih lemah, membuatnya sangat mudah sekali tertular berbagai macam penyakit.

Untuk lebih tahu apa itu sistem imun pada anak dan bagaimana menjaga agar anak tetap sehat saat masuk sekolah, simak penjelasan di bawah ini ya Moms.

Apa Itu Sistem Imun?

daya tahan anak

Sistem imun adalah salah satu hal yang menjadi bagian penting dari tubuh manusia. Fungsi utama dari sistem imun yaitu menjaga tubuh dari berbagai macam penyakit dari lingkungan yang ada di sekitar kita, termasuk ketika anak baru masuk sekolah. Jika diibaratkan, sistem imun ini adalah benteng pertahanan tubuh dari serangan berbagai macam penyakit.

Salah satu bagian terbesar dari sistem imun manusia adalah usus atau saluran pencernaan. Menurut penjelasan dr. Katherine Woessner, dokter spesialis alergi, asma, dan imunologi di San Diego, Amerika Serikat mengatakan, bahwa saluran cerna adalah bagian sistem imun yang bekerja paling keras. Saluran pencernaan ini bertugas untuk mengenali bakteri baik dan jahat untuk menjaga kesehatan tubuh manusia secara umum.

Jika sistem imun orang dewasa bisa menurun, apalagi dengan kondisi sistem imun Si Kecil, Moms. Daya tahan tubuh pada anak jauh lebih rentan karena masih dalam proses perkembangan, jika sistem imunnya menurun, maka akan membuat anak menjadi gampang sakit. Munculnya penyakit pada Si Kecil tentunya akan menghambat proses tumbuh kembang anak.

Si Kecil pun bisa jatuh sakit, badan terasa letih, tidak bersemangat untuk masuk sekolah, nafsu makannya menurun, aktivitas di sekolahnya pun bisa terganggu, baik itu belajar dan bermain, bahkan bisa memengaruhi prestasinya. Tidak mau kan Moms hal ini terjadi dengan Si Kecil?

Baca Juga: 4 Rahasia Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Bayi

Bagaimana Cara Menjaga Sistem Imunnya?

daya tahan anak

Nah, untuk menjaga daya tahan tubuh Si Kecil tetap sehat saat masuk sekolah, Moms perlu melakukan beberapa hal berikut ini dalam melawan bakteri dan virus yang masuk ke dalam tubuhnya.1

1. Pemberian Vaksin

Menurut dr. Uslan, kepala asosiasi dari divisi Infectious Diseases di David Geffen School of Medicine di UCLA, vaksin adalah salah satu strategi yang paling efektif untuk mencegah penyakit-penyakit di atas pada tubuh Si Kecil yang baru masuk sekolah.

“Yang terbaik adalah pastikan anak sudah mendapatkan vaksin sebelum sekolah dimulai. Terutama untuk anak-anak yang akan pra-sekolah dan taman kanak-kanak,” kata Dr. Yvonne Maldonado, kepala dari pediatrik penyakit menular anak di Stanford Children's Health, sekaligus seorang profesor di Universitas Stanford.

Namun sayangnya banyak orang tua yang belum menyadari pentingnya imunisasi pada anak. Makannya, agar Si Kecil terhindar dari penyakit menular, pastikan ia sudah diimunisasi ya Moms, khususnya.

2. Memerhatikan Camilannya

Jika Moms sebagai orang dewasa bisa melewati hari tanpa camilan, maka tidak dengan anak-anak. Melissa Halas-Liang, RDN, ahli gizi di Los Angeles, mengatakan bahwa anak tidak bisa mendapatkan nutrisi untuk daya tahan tubuhnya hanya dari sarapan, bekal makan siang, dan makan malamnya saja.

“Itulah sebabnya anak membutuhkan camilan sebagai ‘bahan bakar tambahan’, agar mereka tumbuh sehat dan kuat,” papar Melissa. Namun, karena anak harus makan banyak, bukan berarti mereka bisa jajan apa saja. “Tidak sebebas itu, buat jadwal ngemil, misalnya setelah sarapan atau sesudah pulang sekolah dan patuhi jadwal itu,” ujar Melissa.

Selain waktu, jenis jajanan anak juga perlu Moms perhatikan. Jangan biarkan anak ngemil makanan yang tidak sehat seperti makanan ringan kemasan yang mengandung banyak garam dan MSG di sekolahnya. “Camilan seharusnya mengisi nutrisi yang kurang dari makanan pokok anak,” lanjut Melissa.

Baca Juga: 6 Menu MPASI untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Bayi 6-12 Bulan

3. Pola Hidup Sehat

Hal sederhana seperti mencuci tangan sebelum beraktivitas ternyata memang sudah terbukti dapat menguatkan sistem imun balita. Soalnya, setiap kali Si Kecil memegang suatu barang, ada kemungkinan barang tersebut mengandung bakteri atau kuman yang dapat membuat terkena penyakit.

Selain itu, Moms juga bisa memberi dukungan untuk penguat daya tahan tubuh Si Kecil dengan memberikannya Stimuno ketika pertama kali masuk sekolah. Terbuat dari bahan meniran yang sudah dikenal lama sebagai obat antivirus, anti-bacteria, anti-spasmodic, dll. Manfaatnya dapat memperbaiki sistem imun yang menjaga kesehatan tubuh menjadi kuat dan tidak mudah sakit saat pertama kali masuk sekolah.

Nah, setelah Moms memerhatikan ketiga poin penting di atas, diharapkan penyakit tidak akan berkembang dan bisa mengurangi tingkat keparahannya, apalagi bagi Si Kecil yang baru pertama kali masuk sekolah.

Artikel Terkait