TRIMESTER 1
26 April 2020

5 Olahraga untuk Ibu Hamil yang Berpuasa Agar Tetap Bugar

Moms tetap bisa berolahraga saat hamil dan puasa, lho
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Intan Aprilia

Walaupun sedang berpuasa, Moms yang sedang hamil pun tetap bisa menjaga kebugaran dengan cara berolahraga selama bulan Ramadan.

Olahraga untuk ibu hamil selama berpuasa tidak hanya bermanfaat bagi kebugaran sang ibu, namun juga dapat membuat janin berkembang dengan lebih sehat. Hal ini karena oksigen mengalir dengan mudah di dalam tubuh mudah.

Dilansir dari American Pregnancy Association (APA), olahraga selama kehamilan memiliki berbagai manfaat, di antaranya:

  • Mengurangi sakit punggung, sembelit, dan bengkak
  • Mencegah diabetes gestasional
  • Meningkatkan energi dan mood
  • Memperbaiki postur
  • Membuat tubuh jadi lebih kuat
  • Meningkatkan kualitas tidur
  • Membuat persalinan lebih lancar

Baca Juga: 7 Tanda Bahaya Kehamilan saat Olahraga dan Senam Hamil, Waspada!

Olahraga untuk Ibu Hamil

Bulan puasa bukan alasan ibu hamil untuk menghentikan aktivitas berolahraga. Berikut ini olahraga saat puasa yang bisa dilakukan oleh ibu hamil:

1. Berenang

153012141 4x3

Foto: babycentre.co.uk

Menurut dr. Steve Lebder dari Premier Gynecology and Obstetrics di Louisville, Kentucky mengatakan kalau olahraga sangat baik bagi kesehatan ibu hamil, salah satunya adalah dengan berenang.

Namun, terkadang banyak dari Moms yang ragu berenang di kolam renang karena airnya mengandung banyak kaporit.

Padahal dr. Lebder mempertegas kalau kaporit adalah desinfektan yang sangat baik dan tidak salah ketika ibu hamil berenang di kolam renang yang dirawat dengan menggunakan kaporit.

2. Yoga

pregnant womsan side stretch

Foto: cbsnews.com

Yoga termasuk salah satu olahraga saat puasa yang bisa Moms lakukan dengan mudah di rumah.

Selain dapat membuat tubuh Moms menjadi lebih bugar, melakukan yoga juga bisa membuat relaks menjalani puasa ketika sedang hamil.

Saran terbaiknya, jika Moms ragu untuk melakukan berbagai macam gerakan yoga.

Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu mengenai kondisi kehamilan kepada instruktur yoga agar mendapatkan gerakan yang ringan.

Baca Juga: Pelajari Posisi Yoga yang Aman untuk Ibu Hamil

3. Bersepeda

111

Foto: aaptiv.com

Bersepeda yang dimaksud di sini adalah dengan bersepeda statis. APA juga menyatakan bahwa dengan mengendarai sepeda statis sangat aman selama Ibu sedang hamil.

Hal ini dikarenakan ada risiko terjatuh ketika Moms bersepeda dengan menggunakan sepeda sungguhan di luar rumah.

4. Jalan Santai

shutterstock 734901451

Foto: parents.com

Jalan santai sebagai salah satu bentuk olahraga yang minim risiko untuk dilakukan selama bulan Ramadan dan ketika ibu sedang hamil.

Moms bisa berjalan santai keliling rumah di pagi atau sore hari menjelang berbuka puasa.

Baca Juga: 5 Gerakan Senam Hamil yang Bisa Dilakukan di Rumah, Catat!

5. Senam Hamil

istock 91036985 large

Foto: cbsnews.com

Senam menjadi salah satu olahraga yang paling dianjurkan oleh semua Moms yang sedang hamil. Apalagi jika kehamilan sudah menginjak usia 6,7,8 bulan.

Moms bisa dengan mudah melihat video senam di internet atau mengikuti tayangan senam ibu hamil di televisi.

Moms bisa melakukan gerakan senam sendiri seperti melatih gerakan pemanasan, gerakan duduk, dan pendinginan.

Nah, dari beberapa olahraga untuk ibu hamil di atas, mana yang paling Moms sukai?

Artikel Terkait