KESEHATAN
25 Juni 2019

5 Sayuran untuk Diet yang Membantu Menurunkan Berat Badan

Bisa dimakan mentah, bisa juga dimasak menjadi sebuah hidangan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline
Disunting oleh Dina

Setiap wanita pasti sangat peduli dengan penampilan dirinya. Naik berat badan sedikit saja atau gendut sedikit saja, pasti langsung panik. Buru-buru olahraga atau mencari makanan yang bisa dikonsumsi untuk menurunkan berat badan.

Biasanya buah-buahan dan sayur-sayuran menjadi salah satu dari banyak makanan yang dicari untuk menurunkan berat badan atau diet. Namun masih banyak yang bingung sayuran untuk diet yang tepat itu apa.

Agar tidak bingung lagi, berikut kami berikan rekomendasi sayuran untuk diet yang bisa Moms beli. Dicoba ya Moms.

Baca Juga: 5 Snack Sehat dari Sayuran dan Buah, Enak Lho!

1. Selada

sayuran hijau, sayuran untuk diet

Foto: tokopedia.com

Sayuran berdaun hijau memang tepat dijadikan sebagai sayuran untuk diet, salah satunya selada. Selada adalah sayuran rendah kalori dan karbohidrat yang sangat cocok untuk membantu Moms menurunkan berat badan .

Selada juga diperkaya dengan banyak nutrisi seperti kalium, folat, zat besi, kalsium, serat, dan vitamin. Bahkan selada juga mampu membantu menjaga kesehatan jantung kita dan mencegah hipertensi.

Moms bisa mengonsumsi selasa secara mentah atau dijadikan lalapan adalah cara tepat untuk menikmati selada.

2. Sawi Putih

sayuran hijau, sayuran untuk diet

Foto: lemonilo.com

Sayuran hijau untuk diet selanjutnya adalah sawi putih. Sawi putih memiliki banyak zat anti oksidan dan anti inflamasi yang mampu melindungi tubuh kita untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh.

Selain itu, sayuran ini juga mengandung banyak kalsium, magnesium, kalium, vitamin K, vitamin A, dan vitamin C yang bagus untuk menjadi nutrisi bagi tubuh.

Cara modern untuk menikmati sayuran untuk diet ini adalah dengan membuatnya menjadi makanan sejenis kimchi, makanan asal Korea. Cara lainnya dengan membuatnya menjadi masakan kuah bening atau ditumis seperti capcay.

Baca Juga: Hemat Uang dan Menyehatkan, Yuk Tanam Sayuran Sendiri di Rumah

3. Brokoli

sayuran hijau, sayuran untuk diet

Foto: bukalapak.com

Mengapa brokoli masuk dalam daftar sayur untuk diet juga? Karena sayuran hijau ini mengandung banyak serat yang mampu membuat perut terasa kenyang lebih lama.

Sayuran ini seringkali dikonsumsi orang-orang yang sedang diet karena mengandung karbohidrat yang kompleks tapi sehat. Jadi cocok dijadikan sebagai pengganti nasi untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Brokoli juga termasuk salah satu jenis sayuran yang mampu menjadi obat anti kanker atau menghambat pertumbuhan kanker. Namun sayuran ini tidak direkomendasikan untuk mereka yang memiliki riwayat gondok dan penderita hipotiroid karena mengandung goitrogen.

4. Bayam

sayuran hijau, sayuran untuk diet

Foto: liputan6.com

Bayam mengandung zat besi yang tinggi dan sangat disarankan untuk penderita anemia atau darah rendah, karena mampu menjadi penambah darah. Ditambah lagi dengan kandungan vitamin A dan vitamin k nya, mampu meningkatkan proses metabolisme dengan melancarkan peredaran darah dalam tubuh.

Moms yang ingin mencoba sayur bayam, bisa memasaknya menjadi hidangan sayur bayam bening. Bisa juga ditumis, dimasak sebagai pelengkap pasta, atau dijadikan keripik bayam juga oke.

Baca Juga: 4 Manfaat Bayam untuk Kesehatan

5. Lobak Putih

sayuran hijau, sayuran untuk diet

Foto: doktersehat.com

Meski tidak termasuk dalam sayuran hijau, lobak putih juga bagus dimanfaatkan sebagai sayuran untuk diet.

Menurut penelitian, jika kita mengonsumsi lobak secara rutin, maka berat badan akan turun. Hal ini dikarenakan lobak mengandung alkalin, yang berperan tinggi untuk mengatur tingkat keasaman dalam tubuh. Selain itu, lobak juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi.

Itulah beberapa jenis sayuran yang dapat Moms manfaatkan sebagai sayuran untuk diet yang membantu menurunkan berat badan. Berniat untuk mencoba Moms?

Artikel Terkait