NEWBORN
6 Oktober 2019

5 Stimulasi Tumbuh Kembang Bayi Usia 2-3 Bulan

Ajak bayi berbicara dan kenalkan pada lingkungannya
Artikel ditulis oleh Andra Nur Oktaviani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Tumbuh kembang bayi 2-3 bulan ditandai dengan kemampuannya mengenali wajah orang-orang di sekitarnya, mulai mengangkat kepala, berguling, hingga membedakan warna.

Maka dari itu, aktivitas yang sebaiknya dilakukan bersama bayi di usia ini bukan hanya bersifat menghibur.

Selain bonding, saat bermain bersama Si Kecil Moms dapat membantu Si Kecil untuk mencapai tonggak perkembangan penting sesuai dengan usianya, baik secara mental maupun fisik.

Agar tumbuh kembang Si Kecil optimal, Moms juga perlu memberikan stimulasi. Kira-kira stimulasi apa saja ya yang cocok untuk bayi berusia 2-3 bulan? Yuk kita cari tahu Moms!

1. Tummy Time

5 stimulasi tumbuh kembang bayi usia 2 3 bulan 1

foto: mumsgrapevine.com.au

Amelia Miller, MS, kepala spesialis perkembangan bayi di La Rabida Children’s Hospital di Chicago, mengatakan bahwa tummy time sangat penting bagi bayi untuk mengembangkan tubuh yang kuat untuk bergerak, termasuk kontrol kepala dan badan.

Moms dapat membantu Si Kecil mengembangkan keterampilan motorik dengan memulai tummy time menjelang pergantian usia dari 2 bulan menuju ke usia 3 bulan.

Mulailah mletakkan Si Kecil di dada atau pangkuan Moms. Kemudian dapat dilanjutkan dengan meletakkannya dalam posisi tengkurap beralas selimut atau langsung di lantai.

Tummy time biasanya bukanlah aktivitas yang disukai bayi, jadi ketika Si Kecil mulai rewel, maka saatnya mengakhiri sesi tummy time.

Selain itu, Moms juga tidak boleh membiarkan Si Kecil tertidur saat melakukan tummy time (masih dalam posisi tengkurap). Bayi harus tidur terlentang untuk mengurangi risiko sindrom Kematian bayi mendadak (SIDS).

Baca Juga: Penting! Ini 5 Stimulasi Perkembangan Fisik Bayi 0-3 Bulan

2. Tersenyum dan Menunjukkan Ekspresi Wajah yang Berbeda-Beda

5 stimulasi tumbuh kembang bayi usia 2 3 bulan 2

foto: parenting.firstcry.com

Tumbuh kembang bayi 2-3 bulan meliputi kemampuan untuk mengenali wajah dan membedakan ekspresi wajah yang dilihatnya. Maka dari itu, berikan stimulasi dengan lebih sering tersenyum dan menunjukkan ekspresi wajah berbeda-beda saat Si Kecil melihat Moms.

Silahkan perhatikan bagaimana reaksi yang ditunjukkan Si Kecil ketika Moms menunjukkan beragam ekspresi.

Saat melihat ibunya tersenyum, bayi akan melepaskan bahan kimia alami di tubuhnya yang membuatnya merasa nyaman, aman, dan senang. Sehingga ini juga dapat menjadi cara ampuh untuk memperkuat ikatan Moms dengan Si Kecil.

3. Berbicara pada Bayi

5 stimulasi tumbuh kembang bayi usia 2 3 bulan 3

foto: parenting.firstcry.com

Berbicara apapun atau menyanyi menjadi stimulasi bayi 2-3 bulan yang memiliki manfaat sangat besar. Sementara Si Kecil mendengarkan Moms berbicara atau menyanyi, ia akan mulai mempelajari tahap dasar perkembangan bahasa.

Tidak peduli apa yang Moms katakan, selama Moms dapat berbicara dengan Si Kecil. Misalnya, Moms dapat menceritakan apa yang Moms lakukan selama seharian, menyebutkan anggota tubuh Si Kecil sambil menyentuhnya, membacakannya buku cerita atau bernyanyi.

4. Pijat Bayi

5 stimulasi tumbuh kembang bayi usia 2 3 bulan 4

foto: beautymumsbabies.com

Pijat bayi merupakan cara terbaik untuk bonding dengan Si Kecil. Ini juga bisa menenangkan jika Si Kecil sedang rewel. Cobalah untuk melakukannya di ruangan yang hangat setelah Si Kecil mandi.

Stimulasi bayi 2-3 bulan ini juga membantu bayi untuk lebih mengenai tubuhnya dan bagaimana anggota tubuhnya bergerak melalui sentuhan yang Moms berikan. Sentuhan dan penekanan lembut sangat penting untuk mendukung bayi belajar menenangkan dirinya sendiri.

Baca Juga: 5 Cara Stimulasi Kemampuan Indra Bayi

5. Perkenalkan Suhu dan Tekstur Benda di Sekitarnya

5 stimulasi tumbuh kembang bayi usia 2 3 bulan 5

foto: babycenter.com

Pada usia 2-3 bulan, bayi mulai mengeksplorasi dan belajar lebih banyak tentang lingkungannya.

Kenneth Wible, MD, direktur medis dari Pediatric Care Center di Children’s Mercy Hopitals and Clinics di Kansas City, menyebutkan bahwa bayi berusia 2-3 bulan harus dikenalkan dengan tekstur yang berbeda.

Misalnya, membiarkan bayi menyentuh permukaan benda-benda di sekitarnya, melihat berbagai pemandangan, dan mencium berbagai aroma atau bau. Ada banyak sekali mainan bayi yang bisa membantu stimulasi Si Kecil lho.

Moms dapat memberikan stimulasi dengan menaruh benda-benda bertekstur kasar atau lembut, bersuhu dingin atau hangat, ke tangan Si Kecil dan jelaskan padanya apa yang dirasakannya jika menyentuh benda-benda tersebut.

Stimulasi semacam ini bukan hanya mengajarkan bayi tentang lingkungannya, tetapi juga membantu mengembangkan keterampilan motorik dan bahasanya.

Memberikan stimulasi memang penting bagi bayi, namun jangan lupa untuk memberikan waktu istirahat yang cukup. Jangan sampai Si Kecil over stimulasi ya, Moms. Perhatikan tanda-tanda lelah pada Si Kecil, seperti menangis atau mulai rewel.

(RGW)

Artikel Terkait