RUPA-RUPA
21 Mei 2020

5 Tips agar Lebaran #DiRumahAja Tetap Meriah

Dekorasi rumah bisa membantu memeriahkan suasana juga lho
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Hari Raya Lebaran tinggal menghitung hari. Tidak sampai satu minggu lagi, umat muslim di seluruh dunia akan merayakan Lebaran yang ditunggu-tunggu setiap tahunnya.

Namun perayaan Lebaran tahun ini sedikit berbeda. Tidak ada lagi mudik, tidak ada lagi kumpul bersama keluarga di kampung, bahkan salat Ied bersama umat muslim lainnya di Masjid pun tidak ada.

Baca Juga: Agar THR Tak Habis Dalam Sekejap, Ini 5 Trik Hemat Menyambut Lebaran

Sebagai gantinya, kita diminta untuk merayakan Lebaran #dirumahaja demi mencegah penyebaran virus corona (COVID-19) yang semakin meluas.

Tapi jangan salah Moms, meskipun Lebaran hanya #dirumahaja, tetap bisa dirayakan secara meriah kok. Gimana ya caranya?

Tips Merayakan Lebaran di Rumah

Apa saja yang harus dipersiapkan di rumah agar Lebaran tahun 2020 ini tetap berlangsung meriah? Yuk ikuti tips di bawah ini.

1. Dekorasi Rumah untuk Idul Fitri

lebaran di rumah aja tetap meriah

Foto: 99.co

Hal pertama yang bisa Moms dan keluarga lakukan agar Lebaran dirayakan dengan meriah adalah mendekorasi ulang rumah kita sesuai dengan tema Idul Fitri.

Coba sesuaikan furnitur, ornamen, dan warna-warna yang cocok untuk menciptakan suasana Lebaran yang diinginkan. Moms bisa mulai dengan menentukan palet warna, lalu membersihkan perabotan-perabotan, menata furnitur, hingga menambahkan ornamen-ornamen pendukung di ruang tamu dan keluarga.

2. Masak Bersama Keluarga

lebaran di rumah aja tetap meriah

Foto: food.ndtv.com

Kegiatan masak-memasak memang selalu menjadi aktivitas yang menyenangkan untuk keluarga, terlebih lagi mendekati hari Lebaran.

Lebaran rasanya tidak lengkap tanpa menu khas Lebaran, khususnya ketupat dan opor ayam. Nah, untuk membuatnya, Moms bisa ajak Si Kecil dan Dads membantu nih. Pastikan Moms sudah menyiapkan bahannya terlebih dahulu ya.

Baca Juga: Cara Membuat Nastar Keju, Kue Kering Favorit Khas Lebaran

3. Mengirimkan Parsel Lebaran

lebaran di rumah aja tetap meriah

Foto: Orami Photo Stock

Meskipun jarak memisahkan, bukan berarti tali silaturahmi harus putus dong. Sebagai ungkapan bahagia berbagai di hari Lebaran nanti, Moms bisa lho mengirimkan parsel berupa pakaian, makanan, atau apapun untuk keluarga dan sahabat.

Dengan begitu, suasana Lebaran pasti akan lebih terasa Moms, meskipun kita hanya di rumah saja.

4. Berikan Angpao Lebaran untuk Anak

lebaran di rumah aja tetap meriah

Foto: mymilk.com

Moms mungkin sudah mengenal angpao lebaran sebagai sebuah tradisi. Nah, meskipun Lebaran tahun ini hanya ada Moms, Dads, dn anak-anak saja, Moms bisa memeriahkan Lebaran di rumah dengan membagikan angpao Lebaran.

Tidak perlu terlalu besar, namun bisa secukupnya saja, karena hanya sebagai tradisi saja. Perlu diingat bahwa kunci utama dari merayakan lebaran adalah untuk silaturahmi dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Jadi jangan terfokus pada hal ini ya Moms.

Baca Juga: Tunda Mudik, Lakukan 5 Kegiatan Seru di Rumah saat Lebaran

5. Berbuat Kebaikan di Hari Lebaran

lebaran di rumah aja tetap meriah

Foto: greatmind.id

Untuk melengkapi kemeriahan di hari Lebaran mendatang, Moms bisa membagi berkah sembari mengumpulkan pahala di bulan suci Ramadan.

Ada banyak platform donasi yang dapat Moms kunjungi untuk berkontribusi ataupun menunaikan zakat secara online. Kebaikan yang kita lakukan bisa berdampak besar untuk mereka yang membutuhkan lho, khususnya bagi mereka yang kurang beruntung akibat pandemi COVID-19.

Itu dia Moms beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memeriahkan Lebaran meski di rumah saja.

Artikel Terkait