KELUARGA
29 Juni 2019

5 Tips Agar Pekerjaan Lancar untuk Work-At-Home Mom

Mengasyikkan dapat professional dalam pekerjaan dan peran ibu secara bersamaan
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Carla Octama

Memutuskan untuk resign saat telah memiliki anak memang tidak mudah.

Tapi bila Moms tidak mau meninggalkan passion bekerja, menjadi work-at-home mom akan menjadi pilihan yang paling memungkinkan.

Selain tetap mendampingi tumbuh kembang anak, Moms juga tetap bisa mengembangkan passion dan kemampuan, serta tentunya mendapatkan pemasukan sendiri.

Meski begitu, menjadi work-at-home mom tetap memiliki tanggung jawab kepada perusahaan. Jadi, Anda harus bersikap professional saat bekerja.

Merasa sedikit kesulitan saat menjalankannya? Beberapa tips kami hadirkan untuk membantu Moms. Intip yuk.

Baca Juga : 5 Mitos Bekerja di Rumah, Percaya atau Tidak?

1. Buat Jadwal

5 Tips Untuk Work At Home Mom Ini Akan Membantu Anda Yuk Jalankan-1.png

Foto: Apurposedrivenmom.com

Berapa jam Moms berharap untuk bekerja hari itu? Kapan harus membereskan rumah? Apa yang bisa dilakukan saat Si Kecil sedang bermain?

Christine Durst, salah seorang pendiri ratracerebellion.com, situs yang membantu orang menemukan pekerjaan di rumah mengatakan, salah satu manfaat terbaik dari bekerja di rumah adalah fleksibilitas.

“Anda adalah bos diri Anda sendiri. Jika Si Kecil ingin lebih lama bersama Anda dan ini adalah hari yang indah, tidak apa-apa untuk menyingkirkan tugas dan pergi ke taman. Anda bisa melakukan pekerjaan nanti saat kembali,” ujarnya sebagaimana dikutip dari parents.com.

Tetap pastikan untuk melaporkan pekerjaan Anda. Karena meskipun Moms tidak memiliki jam kerja yang tetap, perkembangan pekerjaan Moms tetap ditunggu oleh seseorang di luar sana sebagai penanggungjawab.

2. Manfaatkan Waktu Tidur Siang

Gunakan waktu ini untuk menyelesaikan tugas yang membutuhkan fokus dan konsentrasi.

Karena naptime adalah ketika banyak ibu tergoda untuk melakukan semua yang ada dalam daftar pekerjaan seperti mencuci piring, membereskan baju, menyetrika, dan lain sebagainya. Jangan biarkan itu hanya menjadi wacana ketika akhirnya Moms ikut tidur bersama Si Kecil.

Jika Moms bekerja di luar rumah, Anda tidak akan peduli dengan apa pun selain bekerja. Namun hal itu tidak berlaku saat menjadi work-at-home mom. Jadi, berkonsentrasilah hanya pada hal-hal yang tidak dapat Moms lakukan ketika anak bangun.

3. Jaga Si Kecil Tetap ‘Anteng’

shutterstock_660321352.jpg

Foto : shutterstock.com

Bawalah beberapa mainan kesukaan Si Kecil bersama mOMS, beberapa alat mewarnai, atau tontonan film yang khusus diputar hanya selama ‘waktu kerja Mom’.

Sebaiknya, berikan juga mereka camilan untuk menemani aktivitas mereka.

Jika anak-anak memiliki sesuatu untuk dinanti-nantikan, mereka cenderung tidak akan mengganggu Moms.

Jagalah ritme ini agar Anda tetap bisa bekerja tanpa diganggu oleh rengekan mereka yang akan mengganggu mood Moms.

Baca Juga : Kerja Kantoran Vs Freelancer, Pilih Mana?

4. Rencanakan Bantuan Ekstra

Bekerja di rumah bukan berarti Moms dapat melewatkan penitipan anak. Akan ada beberapa momen dimana Anda membutuhkan bantuan.

Bisa jadi Anda berkumpul dengan teman-teman sesama work-at-home mom, dan membiarkan anak-anak bermain selagi Moms semua bekerja.

Pasangan Moms juga bisa menjadi sumber dukungan yang bagus. Saat mengejar deadline, Moms dapat meminta bantuan suami untuk mengambil alih tugas menjaga anak. Selain meringankan pekerjaan, suami juga dapat menikmati perannya sebagai ayah secara fokus.

Menyewa babysitter akan menjadi pilihan terakhir saat Moms memiliki keperluan yang mendesak. Tidak apa-apa. Baik bagi anak untuk memiliki waktu bersama orang lain dan sisanya untuk sedikit beristirahat.

5. Bangun Lebih Awal

shutterstock_292934828.jpg

Foto : shutterstock.com

Hal ini akan membuat produktivitas Moms naik. Tidak percaya? Coba lakukan ini untuk beberapa hari.

Lakukan kegiatan yang telah Anda jadwalkan sebelumnya. Dan ini akan terasa sangat menyenangkan karena dilakukan sejak pagi.

Jika pekerjaan selesai lebih cepat, itu akan menjadi bonus bagi Moms. Tidak salah jika Anda melepaskan lelah sejenak saat mendapatkan waktu senggang untuk menonton televisi.

Meski terasa berat karena menjalani dua peran sekaligus, tetapi fleksibilitas waktu yang dimiliki work-at-home mom akan lebih memudahkan Anda. Selamat bekerja Moms.

(FAR/CAR)

Artikel Terkait