TREN
20 April 2019

5 Tips Menjadi Mompreneur Sukses

Hasilkan uang di waktu senggang!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia
Disunting oleh Amelia

Istilah "Mompreneur" merupakan label yang diberikan kepada seorang ibu yang juga melakukan bisnis. Apalagi, di dunia yang serba online, Moms juga bisa mendapatkan uang tambahan tanpa perlu bekerja kantoran.

Mompreneur menghadapi tindakan penyeimbangan yang sulit, di mana Moms harus mengasuh anak, tetapi di satu sisi juga perlu komitmen untuk membuat bisnis tersebut berjalan sukses.

Berikut adalah beberapa tips dan catatan penting dari Jagrati Shringi, seorang Co-Founder/ CTO/ CMO dari Voylla Fashions Pvt. Ltd, akan apa yang harus Moms perhatikan jika memutuskan untuk menjadi seorang mompreneur, dikutip dari Enterpreneur.com.

1. Komitmen dan Rencana

mompre1

Foto: usatoday.com

Ada sejumlah bisnis di pasar, tetapi tidak semuanya bisa langsung berhasil. Karenanya, buat rencana untuk membuat bisnis menonjol sehingga dapat menjangkau orang yang tepat.

Moms bisa melakukan riset terlebih dahulu, atau mencari kira-kira apa yang paling dibutuhkan banyak orang. Atau, Moms bisa berjualan dengan mengikuti tren yang sedang berlangsung.

Baca Juga: Jangan Putus Asa Dulu, Ini 6 Hal yang Harus Wanita Lakukan Saat Terkena PHK

2. Fleksibilitas

Rencana yang Moms buat harus fleksibel, karena ini akan membantu jika suatu saat Moms harus melakukan perubahan saat diminta.

Termasuk adanya kebutuhan-kebutuhan dalam berbisnis di mana akan dibutuhkan pada waktu yang tak terduga, dan Moms harus siap akan hal tersebut.

3. Keuangan

mompre2

Foto: enterpreneur.com

Moms harus memerhatikan alur keuangan. Ada beberapa bisnis yang memerlukan sedikit investasi sementara yang lain membutuhkan investasi yang besar.

Karenanya, penting melakukan perencanaan tentang berapa banyak dan di mana Moms akan berinvestasi. Buat skala hitung-hitungan dan pastikan Moms tidak merasa rugi nantinya.

Baca Juga: Tanpa Sadar, 7 Kebiasaan Sehari-hari Ini Bisa Menghabiskan Uang Kita

4. Peluang Baru

Konsumen saat ini selalu mencari sesuatu yang lebih baik. Raih peluang baru yang dapat membantu bisnis Moms lebih unggul. Jangan takut untuk mencoba sesuatu yang baru.

Namun, pastikan untuk melakukan riset terlebih dahulu dan jangan langsung asal coba. Hal ini bisa membuat Moms justru merugi. Bisnis tak terurus, anak pun juga bisa terabaikan.

5. Manajemen Waktu

mompre3

Foto: romper.com

Bagian penting dari bisnis adalah mengatur waktu. Karenanya, jika Moms ingin menjadi seorang mompreneur, Moms harus mengukur segala risiko dan konsekuensi. Karena untuk memiliki bisnis yang berjalan baik, membutuhkan komitmen.

Baik itu mengurus anak dan bisnis, sama-sama membutuhkan perhatian Moms. Tak satu pun dari kedua hal ini yang bisa diabaikan.

Ketika seorang mompreneur menjalankan bisnis, penting untuk menawarkan yang terbaik bagi kedua hal tersebut. Moms harus memiliki jiwa dalam mengasuh anak dan juga menjalankan bisnis.

Bila Moms ingin menjadi mompreneur tetapi terlalu takut untuk mencoba bisnis yang besar, Moms bisa bergabung dalam program IbuSibuk dari Orami. Moms bisa mendapatkan uang tambahan meskipun tidak memiliki waktu untuk bekerja full-time.

Beberapa keuntungan yang bisa didapatkan termasuk:

  • Harga lebih murah untuk > 300 produk kebutuhan bayi
  • Untung hingga 30 persen saat dijual kembali
  • Memulai bisnis dari rumah tanpa modal
  • Tidak ada target jualan bulanan
  • Loyalty Reward (Coming Soon!)

Nah, tertarik mencobanya Moms? Memiliki uang tambahan sambil mengurus Si Kecil bukan lagi hal yang tak mungkin! Langsung klik di sini ya. 

(AP/AND)

Artikel Terkait