BALITA DAN ANAK
3 Mei 2020

6 Alasan Mengapa Anak Harus Dibiasakan Tidur Sendiri

Tidur sendiri merupakan langkah yang tepat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Mengapa anak harus dibiasakan tidur sendiri? Kapan waktu yang tepat untuk Si Kecil mulai tidur sendiri? Moms, pertanyaan seperti ini sebenarnya bisa jadi dijawab berbeda oleh masing-masing orang tua atau bahkan profesional karena berhubungan erat dengan pola asuhnya.

Beberapa anak mungkin lebih suka mendapat physical touch sesaat sebelum tidur, namun beberapa anak juga lebih suka tidur dengan suasana hening hingga tidak perlu ditemani. Hal ini baru akan menjadi masalah ketika anak yang sudah duduk di kelas III atau IV sekolah dasar masih tidur bersama orang tuanya.

Meskipun beberapa orang tua tidak keberatan anaknya tidur bersama dalam satu ranjang, suasana tersebut bisa mempengaruhi hubungan Moms dan Dads lama kelamaan.

Alasan Mengapa Anak Harus Dibiasakan Tidur Sendiri

Meyakinkan Si Kecil untuk tidur di kamarnya sendiri bisa jadi tantangan karena orang tua perlu memberikan penjelasan mengenai alasan mengapa anak harus dibiasakan tidur sendiri. Untungnya, ada beberapa hal yang dapat Moms lakukan agar bisa membuat Si Kecil terbiasa terlelap di ranjangnya. Berikut adalah enam alasannya.

1. Belajar Mengenal Dirinya Sendiri

6 Alasan Mengapa Anak Harus Dibiasakan Tidur Sendiri 1.jpg

Foto: freepik.com

Mungkin terdengar filosofis, tetapi dengan membiasakan anak tidur sendiri, anak akan belajar untuk mengenali dirinya sendiri.

Umumnya anak-anak takut tidur sendiri karena tidak ada yang menemani. Maka, dari percobaan awal mungkin ini akan menjadi tantangan besar. Namun, seiring berjalannya waktu, Si Kecil akan belajar kalau tidur sendiri bukanlah hal yang perlu ditakutkan.

Childmind memberikan gambaran kalau hal pertama yang bisa Moms lakukan adalah menemaninya untuk perlahan terlelap di tempat tidurnya sendiri.

Pada akhirnya, inti dari membiasakan anak tidur sendiri adalah membuat ia belajar untuk yakin dengan diri sendiri tanpa mencari sumber aman, yakni orang tua.

Baca Juga: Normalkah Jika Anak Mendengkur saat Tidur?

2. Perlu Tahu tentang Privasi

6 Alasan Mengapa Anak Harus Dibiasakan Tidur Sendiri 2.jpg

Foto: freepik.com

Alasan mengapa anak harus dibiasakan tidur sendiri adalah mengenalkan anak pada prinsip privasi. Si Kecil perlu belajar bahwa orang tua memiliki hubungan sendiri, sehingga jika ia “diasingkan”, hal itu bukan karena ia tidak disayang, tapi karena orang lain butuh quality time-nya sendiri.

Orang tua yang mengajarkan anaknya lebih dulu tentang privasi cenderung membuat anak menghargai prinsip-prinsip hidup orang lain yang berbeda darinya.

3. Mengenal Jam Tidurnya

6 Alasan Mengapa Anak Harus Dibiasakan Tidur Sendiri 3.jpeg

Foto: unsplash.com

Selain membangkitkan kepercayaan diri, alasan mengapa anak harus dibiasakan tidur sendiri adalah membantunya untuk mandiri dan mengenal jam tidurnya.

Journal of Epidemiology & Community Health menyebutkan anak yang tidur di waktu yang tepat umumnya akan mengalami peningkatan performa kognitif yang penting bagi tumbuh kembangnya ke depan. Maksimal, Si Kecil harus bisa tidur sendiri pada usia 8 tahun. Karena tanpa Moms sadari, jika kesempatan tersebut lalai dilakukan, hubungannya dengan orang lain akan lebih berisiko terganggu karena secara tidak langsung egosentrisnya juga ditunjukkan melalui hal ini.

Baca Juga: Anak Sering Tidur Berjalan, Ketahui Penyebab dan Cara Mencegahnya

4. Meningkatkan Jiwa Kompetisi

6 Alasan Mengapa Anak Harus Dibiasakan Tidur Sendiri 4.jpg

Foto: freepik.com

Bukan membanding-bandingkan anak dengan orang lain, tetapi Moms bisa mengenalkan Si Kecil tentang pentingnya persaingan sehat dan memiliki jiwa kompetisi dengan memberi informasi tentang teman-temannya yang sudah berani tidur sendiri.

Anak yang sudah duduk di sekolah dasar umumnya merasa malu apabila ketahuan masih tidur bersama orang tuanya.

Hal ini menjadi kesempatan bagi Moms untuk bisa merayu Si Kecil agar mau tidur sendiri, serta meningkatkan jiwa kompetisinya.

5. Memberitahu Ketakutan adalah Hal yang Biasa

6 Alasan Mengapa Anak Harus Dibiasakan Tidur Sendiri 5.jpg

Foto: freepik.com

Kegelapan, monster di dalam lemari, dan hantu adalah beberapa ketakutan yang umumnya diekspektasikan beberapa anak ketika ditinggal sendirian di kamarnya. Sebenarnya, ketakutan seperti ini normal dan bisa jadi juga terjadi pada orang dewasa.

Namun, hal yang perlu Moms beritahukan pada Si Kecil adalah ketakutan harus bisa mereka atasi. Hal simpelnya adalah dengan tidur di kamar mereka sendiri. Kepercayaan diri anak umumnya akan meningkat saat mereka dapat menguasai ketakutannya sendiri yang pastinya dengan bimbingan orang tua.

6. Membuatnya Disiplin

6 Alasan Mengapa Anak Harus Dibiasakan Tidur Sendiri 6.jpeg

Foto: freepik.com

Membiasakan anak mulai tidur sendiri adalah salah satu pelajaran untuk membuatnya terbiasa disiplin dengan mengikuti peraturan yang berlaku. Moms pun harus bisa mendisiplinkan diri sendiri dengan tidak tergoda menggendong atau selalu menemaninya.

Kuncinya, orang tua pun jangan lelah mengingatkan anak terus menerus untuk disiplin tidur di kamarnya sendiri, sesuai dengan jam tidur yang berlaku. Dengan begini, kelak anak akan terbiasa untuk teratur dan kecil kemungkinan untuk mangkir dari keputusan yang telah dibuatnya.

Baca Juga: Anak Sulit Tidur, Jangan-Jangan Terkena Cacingan!

Nah, di atas adalah enam alasan mengapa anak harus dibiasakan tidur sendiri. Jangan lupa, Moms juga harus konsisten dengan keputusan yang sudah dibuat, ya. Usahakan untuk tidak memberikan kelonggaran karena anak juga perlu diberikan privasi, lho.

Artikel Terkait