KESEHATAN
23 Oktober 2019

6 Bahan Alami untuk Menyamarkan Luka Bakar, Gunakan Yuk!

Yuk, simak cara mengatasi luka bakar dengan cara alami
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ryo

Luka bakar karena terkena knalpot, api, benda panas bisa dibantu disamarkan dengan bahan-bahan alami.

Yup, benar! Apalagi kalau luka bakar masih kategori tingkat satu, yang hanya memengaruhi lapisan kulit terluar.

Bagi Moms yang memiliki luka bakar di betis, tangan, dan area lainnya, berikut beberapa bahan yang bisa dimanfaatkan untuk menyamarkannya!

Yuk, simak bahan-bahan alami untuk mengatasi luka bakar di sini.

Baca Juga: Ini Cara Mengatasi Gelembung Air Pada Luka Bakar

1. Madu

madurosemary.jpg

Madu digunakan sebagai bahan pembantu untuk mempercepat penyembuhan luka pada bisul, infeksi, dan luka bakar.

“Madu juga membantu dalam mengobati infeksi yang disebabkan oleh luka bakar dan bahkan membantu memudarkan bekas luka bakar hingga delapan puluh persen,” kata Dr. Nicole P. Bernal, seorang ahli bedah dan spesialis luka bakar di UCI Regional Burns Centre.

2. Lidah Buaya

Lidah Buaya

Bahan alami satu ini terkenal memiliki manfaat menyamarkan luka. Getah tumbuhan berkhasiat ini juga dapat membantu menenangkan kulit yang mengalami iritasi, termasuk luka bakar.

Untuk menggunakannya, oleskan getah lidah buaya ke luka bakar Moms. Biarkan hingga mengering.

Baca Juga: Ini Perawatan Luka Bakar yang Tepat Dilakukan untuk Si Kecil

3. Kunyit & Susu

Obat sakit gigi anak gigi berlubang - kunyit.jpg

“Kunyit memiliki sifat antiinflamasi serta antiseptik yang efektif untuk membantu mengobati bekas luka bakar. Sementara susu membantu menenangkan kulit yang teriritasi dan menghilangkan bekas luka yang tertinggal,” jelas Dr Bernal.

Untuk menggunakannya, Moms bisa memarut kunyit atau menggunakan kunyit bubuk yang dicampurkan dengan susu. Balurkan di sekitar luka Moms, ya.

4. Tomat, Putih Telur, dan Yoghurt

Masker-Tomat-Hero.jpg

Berkhasiat menyejukkan kulit, tomat dapat membantu mencerahkan warna kulit di area yang mengalami luka bakar. Sementara itu, yogurt dan putih telur juga membantu memudarkan bekas luka bakar. Hancurkan lalu campur, dan balurkan ke luka bakar Moms, ya.

5. Kentang

1 kentang

“Getah yang dimiliki kentang efektif untuk mencerahkan kulit, menyamarkan kantung mata, dan membantu memudarkan bekas luka bakar jika digunakan secara teratur,” ungkap Dr Bernal.

Untuk menggunakannya, kupas kentang lalu cuci bersih. Iris-iris kentang, lalu letakkan di bekas luka Moms. Moms juga bisa memarutnya alih-alih mengirisnya. Tapi, kentang tersebut harus sudah bersih ya, Moms, agar tidak menginfeksi kulit.

6. Bawang Merah dan Minyak Esensial Lavender

lavender-aromatherapy- equimanagement.com.jpg

Bawang merah mengandung sulfur dan quercetin yang dapat membantu menghilangkan bekas luka bakar yang membandel sedangkan minyak esensial lavender memiliki sifat antiseptik yang ampuh dalam membantu menenangkan kulit yang terbakar dan teriritasi.

Baca Juga: Pertolongan Pertama Pada Luka Bakar Ringan yang Harus Diketahui

Nah, itulah aneka bahan alami yang bisa digunakan untuk menyamarkan luka bakar. Yuk, coba menggunakannya apabila terkena luka bakar. Tapi, lebih baik Moms berhati-hati dan mencegahnya, ya.

(RYO/DIN)

Artikel Terkait