KEHAMILAN
21 Desember 2019

6 Bahan Mie Instan yang Berbahaya untuk Janin

Yuk, simak penjelasan tentang bahan mie instan yang berbahaya untuk janin.
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Dina Vionetta

Penasaran apa saja bahan mie instan yang berbahaya untuk janin, Moms?

Seorang wanita hamil butuh tambahan kalori untuk keperluan hariannya. Kalori bisa didapat dari makanan, tetapi tidak setiap makanan aman untuk bayi yang belum lahir.

Banyak makanan sehari-hari yang rasanya lezat dapat berdampak buruk pada kesehatan bayi yang sedang berkembang dan harus dihindari. Benarkah mie instan salah satunya?

Makan mie instan selama kehamilan akan tampak seperti pilihan yang bagus, karena rasanya enak, penuh dengan rempah-rempah, dan dapat dimasak dalam sekejap. Namun, tidak tepat untuk memakannya selama kehamilan.

Sebagai permulaan, mi instan tidak menawarkan nilai gizi apa pun dan mereka hanya memuaskan rasa lapar untuk jangka waktu tertentu.

Walaupun mienya dibuat secara organik, namun ada bahan dalam paket bumbu yang berpotensi berbahaya selama kehamilan.

Oleh karena itu, tidak disarankan makan mi instan selama kehamilan. Ada beberapa bahan mie instan yang berbahaya untuk janin.

Beberapa di antaranya di bawah ini.

Bahan Mie Instan yang Berbahaya untuk Janin

1. Maida

6 Bahan Mie Instan yang Berbahaya untuk Janin 01.jpg

Foto: parenting.firstcry.com

Maida adalah tepung olahan yang tidak memiliki nilai gizi sama sekali karena benar-benar kehilangan nutrisi selama proses pemurnian.

Juga sulit dicerna dan tetap berada dalam sistem pencernaan untuk jangka waktu yang lebih lama. Ini juga rendah serat dan dapat menyebabkan sembelit pada kehamilan.

Baca Juga: Kurangi Morning Sickness dengan Makanan-Makanan Ini!

2. Garam

6 Bahan Mie Instan yang Berbahaya untuk Janin 02.jpg

Foto: healthline.com

Mi mengandung banyak garam yang termasuk bahan mie instan yang berbahaya untuk janin jika terlalu sering dimakan.

Hampir semua makanan yang kita konsumsi sehari-hari sudah mengandung garam.

’’Sekitar tiga perempat dari sodium yang dikonsumsi rata-rata setiap hari berasal dari makanan olahan yang kita beli di supermarket atau makanan yang kita makan di luar,” kata Dr. Elliott Antman, profesor kedokteran di Brigham and Women's Hospital yang berafiliasi dengan Harvard.

Terlalu banyak asupan natrium selama kehamilan dapat membuat Moms rentan terhadap hipertensi dalam jangka panjang.

3. Pengawet

6 Bahan Mie Instan yang Berbahaya untuk Janin 03.jpg

Foto: foodanddrinks.com

Mi instan memiliki pewarna buatan dan zat tambahan rasa yang bertujuan untuk memperpanjang usia simpan mie. Tetapi ini termasuk bahan mie instan yang berbahaya untuk janin karena menghambat pertumbuhannya.

Sesuai penelitian yang dilakukan oleh Dr. Braden Kuo, Ahli Gastroenterologi, Rumah Sakit Umum Massachusetts, menggunakan kamera pil pada subjek yang diminta untuk mengonsumsi mi instan dan mi ramen segar buatan sendiri setiap hari selama penelitian.

Dr. Kuo menemukan bahwa sementara mi ramen buatan sendiri langsung dicerna dalam 1-2 jam, mi instan masih utuh dan belum tercerna di perut bahkan beberapa jam setelah dikonsumsi.

Apa yang lebih mengejutkan dalam penelitian ini adalah bagaimana perut mencoba bergerak bolak-balik untuk mencerna atau memecah mie instan.

Penyebab di balik ini disebut sebagai pengawet yang ada di mi instan.

Baca Juga: 4 Bahan Alternatif Pengganti MSG, Tetap Enak dan Gurih!

4. MSG

6 Bahan Mie Instan yang Berbahaya untuk Janin 04.jpg

Foto: shutterstock.com

Monosodium Glutamate dikenal sebagai bahan umum dalam banyak makanan, terutama camilan gurih. Ini meningkatkan citarasa, sehingga digunakan dalam jumlah besar dalam mi.

Sementara wanita hamil dapat memproses sejumlah kecil MSG, sejumlah besar dalam tubuh dapat menimbulkan risiko bagi anak sehingga termasuk ke dalam bahan mie instan yang berbahaya untuk janin.

5. Lemak Trans

6 Bahan Mie Instan yang Berbahaya untuk Janin 05.jpg

Foto: heart.org

Ditemukan dalam jumlah besar dalam makanan olahan, mereka dapat meningkatkan kadar kolesterol selama kehamilan.

Menurut sebuah penelitian di AS, wanita hamil yang mengonsumsi lemak trans dari makanan ringan, makanan cepat saji dan makanan lain yang kurang ideal dapat melahirkan bayi yang lebih besar.

Studi tersebut, yang dilaporkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, berpusat pada hampir 1.400 wanita hamil.

Studi ini tidak membuktikan bahwa lemak trans saja meningkatkan pertumbuhan janin, dan jika mereka melakukannya, tidak jelas seberapa berbahaya hal itu.

”Tetapi ada risiko memiliki bayi baru lahir yang lebih besar dari normal,” kata ketua peneliti Juliana Cohen, dari Harvard School of Public Health di Boston. Karena itu, hindari mi dan makanan olahan sebanyak mungkin selama kehamilan.

6. TBHQ

6 Bahan Mie Instan yang Berbahaya untuk Janin 06.jpg

Foto: sqonline.ucsd.edu

Menurut FDA, pengawet utama dalam mi instan adalah tersier-butil hidrokuinon (TBHQ) yang dapat menyebabkan penyakit, melemahkan organ jika dimakan secara rutin dalam jangka waktu yang lama dan meningkatkan risiko tumor dan kanker. TBHQ juga digunakan dalam parfum.

TBHQ adalah bahan kimia beracun yang digunakan sebagai pengawet dalam mi instan.

Selain mi, ia juga ditemukan di makanan lain seperti kerupuk dan makanan beku. Ini adalah turunan minyak bumi dan bahkan digunakan dalam cat, kosmetik, dan bahkan pestisida. TBHQ berbahaya bagi kesehatan anak, terutama dalam jangka panjang.

Itulah 6 bahan mie instan yang berbahaya untuk janin. Dokter dan ahli gizi menyarankan untuk tidak mengonsumsi mi sebagai makanan pokok selama kehamilan, karena mereka tidak memberikan nilai gizi apa pun kepada Moms atau bayi.

Namun, mi boleh dikonsumsi sesekali jika Moms mengidam. Tetapi pastikan Moms menambahkan sayur-sayuran agar lebih sehat.

Baca Juga: Jangan Panik Dulu Jika Si Kecil Kena TBC Anak, Ini Cara Menanganinya

(CIL)

Artikel Terkait