KESEHATAN
18 Oktober 2019

6 Cara Agar Tetap Sehat saat Sedang Stres

Tetap berolahraga dan meluangkan waktu untuk hobi, bisa bikin kita tetap sehat saat sedang stres
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Stres bisa menimpa siapa saja. Namun, stres yang berkepanjangan bisa jadi buruk bagi kita. Kita tidak akan mampu menanggung beban stres yang datang terus menerus.

Saat stres kita lebih rentan jatuh sakit. Tahukah Moms, stres yang tidak berkesudahan bisa memicu penyakit jantung, stroke, depresi dan diabetes.

Direktur Psikologi Kesehatan di Evanston Northwestern Healthcare, Illinois Steven Tovian mengungkapkan, stres juga secara langsung mempengaruhi bagian sistem saraf yang mengendalikan kelenjar, jantung, sistem pencernaan, sistem pernapasan dan kulit.

"Itu berarti setiap kondisi medis yang sudah ada sebelumnya yang dipengaruhi oleh respon sistem saraf seperti nyeri kronis, IBF (irritable bowel syndrome), gangguan pencernaan atau sakit kepala, kemungkinan akan diperburuk oleh stres, ketika sistem yang sudah terlalu banyak bekerja menjadi kelebihan beban oleh stres tambahan," papar Dr. Tovian seperti dikutip dari webmd.com

Selain itu, lanjut Tovian, siapapun yang pernah memiliki riwayat penyakit mental, seperti depresi dan kecemasan berlebih, juga berisiko mengalami gejala yang memburuk saat stres terjadi.

Nah, agar tidak mudah sakit, kita harus berupaya tetap sehat ya Moms meskipun sedang stres. Berikut beberapa cara yang disarankan para ahli bagaimana menjaga tubuh tetap sehat saat sedang stres.

Baca Juga: Wah, Ternyata Saat Stres Wanita Cenderung Ingin Berhubungan Seks!

1. Makan dengan Baik

Makan dengan baik (1).jpg

Cara menjaga tubuh tetap sehat saat sedang stres yang pertama adalah makan dengan baik. Biasanya untuk meredakan stres, kita suka mengonsumsi camilan yang mengandung gula tinggi.

Cara itu mungkin berhasil, karena terjadi lonjakan instan dalam serotonin di otak, namun tidak bertahan lama. Pakar diet tersertifikasi dari British Dietetic Association Azmina Govindji mengungkapkan, lebih baik memilih camilan dengan kandungan karbohidrat kompleks, seperti bubur atau roti gandum.

"Camilan sehat ini akan memberi anda energi yang dibutuhkan dalam menghadapi hari yang sulit," katanya seperti dikutip dari theguardian.com.

Govindji juga menyarankan untuk menjauhkan makan siang kita dari meja kerja, setidaknya selama 10 menit. Hal sederhana itu bisa mengurangi tingkat stres dan mencegah makan camilan yang tidak sehat.

"Makan dengan penuh perhatian. Pergi dari mejamu, kunyah makananmu perlahan dan nikmati rasanya," kata Govindji.

Menurut penelitian dari American Psychological Association, sepertiga orang Amerika memilih makanan tinggi lemak, tinggi kalori ketika sedang stres. Untuk menghindari hal ini, Govindji merekomendasikan agar kita merencanakan makanan untuk memberi tubuh kita struktur dan kontrol.

Tidak realistis untuk mengharapkan orang menyiapkan makanan selama periode stres tinggi, tetapi rencana makan yang sangat mudah.

"Yaitu bubur dan buah beri untuk sarapan, sandwich gandum untuk makan siang dan pasta sayur atau ikan dengan kentang dan brokoli untuk makan malam. Rencana makan ini mudah dilakukan dan sehat," ujarnya.

2. Berolahraga

Berolahraga.jpg

Cara menjaga tubuh tetap sehat saat sedang stres yang selanjutnya adalah berolahraga. Di tengah kesibukan yang seolah tidak ada habisnya, banyak dari kita yang kerap merasa bersalah karena tidak menyempatkan waktu untuk berolahraga.

Padahal, olahraga adalah penghilang stres alami yang kuat dan mampu membanjiri tubuh kita dengan endorfin yang baik. Untuk memotivasi diri sendiri, personal trainer Maiken Skoie Brustad menyarankan untuk mengingat seberapa baik perasaan kita setelah Anda berolahraga.

"Setelah berolahraga, Anda akan selalu merasa lebih baik," katanya seperti dikutip dari theguardian.com.

Jika Moms tidak mampu mengunjungi gym, atau memiliki tanggung jawab yang membuat Moms harus tetap di rumah, ada banyak olahraga yang bisa dilakukan di rumah dalam beberapa menit.

"Bisa dilakukan tiga latihan intensitas tinggi, seperti berlari di tempat, atau lompat jongkok. Lakukan dalam dua putaran," ujarnya.

Brustad menekankan bahwa kita harus disiplin dengan diri sendiri. "Anda harus ketat dengan diri sendiri. Katakan: OK, pada hari Selasa aku akan menghapus satu jam dari jadwalku, dan berolahraga apa pun yang terjadi. Saat Anda berolahraga, fokuslah pada alasan Anda ada di sana," jelasnya.

Baca Juga: Stres dan Trauma Berkelanjutan? Atasi dengan Metode TRE!

3. Jangan Takut Mencari Bantuan Profesional

Cari bantuan profesional.jpg

Cara menjaga tubuh tetap sehat saat sedang stres yang selanjutnya adalah mencari bantuan profesional. Tidaklah normal untuk berada dalam keadaan stres terus-menerus.

Jika Moms merasa sudah mendekati tahap burnout, disarankan segera mencari bantuan medis. Seorang dokter umum Zoe Norris menuturkan bahwa setiap orang pasti memiliki stres dalam hidup.

"Tetapi definisi kecemasan sebagai penyakit berbeda dari stres," tuturnya.

Jika pasien datang kepadanya mengeluh tentang stres, dia akan bertanya kepada mereka apakah mereka telah mengalami jantung berdebar, serangan panik atau gangguan tidur jangka panjang. Ini semua bisa menunjukkan indikator bahwa mereka sedang berjuang dengan gangguan kecemasan.

Bahkan jika stres yang kita alami belum memasuki ambang batas klinis untuk gangguan kecemasan, tidak ada salahnya untuk tetap waspada terhadap tingkat stres Moms.

"Hampir setiap bagian tubuh dipengaruhi oleh stres yang terus-menerus. Kita tidak dirancang untuk itu sebagai manusia," tambahnya.

Norris menyarankan untuk mulai mengembangkan mekanisme koping. Tempatkan faktor-faktor pelindung untuk mengurangi dampak stres, di antaranya dengan berolahraga, membaca, atau bersosialisasi dengan teman-teman.

"Jika Anda tidak memiliki mekanisme koping ini, yang terjadi adalah Anda mengembangkan mekanisme koping yang buruk, seperti minum kopi agar tetap terjaga, kemudian anggur untuk membantu Anda tidur," tambahnya.

Stres adalah pemicu perilaku merusak diri sendiri, seperti merokok atau minum terlalu banyak. "Banyak pasien tertarik pada detoksifikasi, tetapi perubahan gaya hidup berkelanjutan lebih baik dalam jangka panjang," imbuhnya.

4. Cobalah Tidur yang Cukup

Tidur cukup.jpg

Cara menjaga tubuh tetap sehat saat sedang stres yang selanjutnya adalah tidur cukup. Ketika sedang stres, tidur juga menjadi terganggu. Tetapi begadang untuk mengatasi banyak hal atau tugas yang harus dilakukan adalah kontraproduktif.

"Jika Anda menderita kurang tidur, itu akan membuat tingkat stres Anda lebih tinggi. Tidur sebanyak mungkin saat Anda merasa kewalahan akan membantu mengelola stres Anda, " kata Dr Guy Leschziner, ahli saraf dan penulis The Nocturnal Brain.

Bagaimana dengan obat tidur? Menurut Leschziner, obat-obatan ini bagaikan pedang bermata dua. Dia menjelaskan obat-obatan ini dapat membantu sebagai solusi jangka pendek, ketika seseorang berada di bawah tekanan akut.

“Jika dokter meresepkan Anda untuk mengonsumsi obat tidur, selama maksimal dua minggu, mereka dapat membantu. Orang bisa sampai pada titik genting di mana mereka tidak tidur sama sekali dan mereka bisa berakhir dalam situasi gangguan saraf," katanya.

Namun, jika kita tidak bisa lagi mengandalkan pil sebagai solusi jangka panjang untuk stres. Hal tersebut bisa jadi berbahaya.

"Lebih baik menyelesaikan masalah tidur Anda dengan berurusan dengan sumber stres yang mendasarinya. Terapi perilaku kognitif juga dapat membantu mengatasi kecemasan Anda dan meningkatkan kualitas tidur Anda," katanya.

5. Ingat: Pekerjaan Tidak Menentukan Siapa Kita

Pekerjaan tidak mendefinisikan siapa kita.jpg

Cara menjaga tubuh tetap sehat saat sedang stres yang selanjutnya adalah melepaskan beban pekerjaan. Kita hidup dalam masyarakat yang memfokuskan pekerjaan terlalu banyak.

Profesor Josh Cohen menyarankan agar kita melepaskan beban kerja sampai pada ke bagian yang terpenting.

"Beban kerja yang berlebihan adalah salah satu sumber stres utama," kata Cohen.

Banyak hal yang kita lakukan di tempat kerja hanya untuk membuat kita disayang bos atau tampak lebih proaktif daripada rekan-rekan kita, tapi pada dasarnya semua itu tidak ada gunanya.

"Berhenti melakukan itu dan tingkat stres Anda mungkin berkurang," tegasnya.

Untuk menghindari kejenuhan, kata Cohen, ingatlah bahwa kita tidak harus menghabiskan setiap jam dalam kerja produktif. Terkadang, baik untuk tidak melakukan apa-apa sama sekali. Cobalah menahan orientasi tugas yang permanen.

"Ada dimensi lain dari kehidupan, yang patut dipercaya. Berusaha mengidentifikasi diri Anda sepenuhnya dengan pekerjaan Anda, maka pada akhirnya Anda hanya akan membenci itu," tegasnya.

Baca Juga: 7 Alasan Mengapa Ibu Rumah Tangga dan Ibu Bekerja Sama-sama Rentan Stres Berkepanjangan

6. Luangkan Waktu untuk Hobi

Lakukan hobi .jpg

Cara menjaga tubuh tetap sehat saat sedang stres yang selanjutnya adalah luangkan waktu untuk hobi. Cobalah untuk meluangkan waktu untuk hal-hal yang Moms sukai saat sedang stres. Misalnya bermain dengan anak-anak, atau dengan hewan peliharaan. Bisa juga membaca buku atau menonton film favorit.

Intinya beri waktu bagi diri sendiri untuk beristirahat dan jauhi hal-hal bisa membuat emosi kita meluap saat sedang stres. Tidak ada salahnya untuk membatasi komunikasi dengan orang atau hal-hal yang bisa menyebabkan stres, terutama menjelang tidur.

Di sisi lain, pertahankan koneksi kita dengan teman, keluarga dan orang kepercayaan lainnya. Mempertahankan jaringan dukungan sosial dari lingkungan yang kita percaya dapat bertindak sebagai penyangga terhadap stres.

Itulah beberapa cara menjaga tubuh tetap sehat saat sedang stres yang bisa Moms lakukan. Agar stres jangan sampai berujung sakit, tidak ada salahnya Moms mulai menerapkan tips-tips di atas.

Dengan begitu, Moms bisa tetap sehat meski sedang dilanda stres. Selamat mencoba!

(SERA)

Artikel Terkait