6 Fakta tentang Klitoris yang Jarang Diketahui

Ukuran dan letaknya berpengaruh pada orgasme lho Moms
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Kebanyakan orang dewasa familiar dengan klitoris, yaitu bagian tubuh di sekitar organ intim perempuan. Klitoris biasanya akrab dengan imej orgasme karena konon paling mudah untuk dirangsang.

Dilansir dari scientdirect.com, peneliti Alessandra Graziottin dan Dania Gambini, dalam Handbook of Clinical Neurology menjelaskan klitoris ini dibentuk oleh dua korpora cavernosa dan kelenjar, tertutup oleh kulup preputium. Klitoris dihubungkan ke tulang kemaluan ligamentum suspensori yang sangat berpengaruh selama hubungan seksual.

Banyak fakta lainnya soal klitoris yang mungkin jarang anda dengar. Yuk, simak 6 fakta di bawah ini untuk makin mengenali tubuh anda sendiri!

1. Klitoris Mirip dengan Penis

Struktur klitoris pada perempuan ternyata sama dengan struktur penis pada pria. Menurut James S. Lowe BMedSci, BMBS, DM, FRCPath, Peter G. Anderson DVM, PhD, dalam Histologi Manusia Stevens & Lowe, sama seperti penis, klitoris ditutupi oleh lapisan kulit (epidermis) tipis yang kaya dengan saraf sensorik.

Namun, berbeda dengan penis yang berfungsi sebagai penghantar sperma, klitoris diciptakan hanya untuk memberikan kenimatan!

Baca Juga: Benarkah Makan Timun Bisa Bikin Vagina Becek?

2. Anatomi Klitoris Lebih dari Sekadar Titik Kecil

Menurut Seksolog Jess O'Reilly yang juga pembaca acara Sex With Dr. Jess Podcast, klitoris lebih dari sekedar sebuah titik yang berada di dalam vulva.

Klitoris sesungguhnya memiliki dua kaki, dua pentol, kulup, kelenjar, saraf, pembuluh darah, poros, dan kemampuan untuk menegang. Ketika terangsang, bagian ini penuh dengan darah sehingga bisa ereksi sebagaimana penis.

3. Klitoris Memiliki Saraf Lebih Banyak dari Penis

Klitoris memiliki sekitar 15.000 lebih saraf, atau sekitar dua kali lipat dari jumlah yang dimiliki penis. Saraf –saraf ini memungkinkan seseorang mengalami lebih dari satu jenis orgasme.

Menurut edukator seks Alexis Thomas, saraf-saraf dalam klitoris memang memainkan peran utama untuk mencapai gairah seksual.

4. Ukuran dan Letak Klitoris Berpengaruh pada Orgasme

Menurut Dr Jess, bentuk dan ukuran klitoris berpengaruh terhadap orgasme. Penelitian menemukan bahwa semakin kecil klitoris dan semakin jauh dari vagina, semakin sulit untuk mencapai orgasme.

Baca Juga: Bibir Vagina Bengkak, Ketahui Penyebab dan Cara Mengobatinya

5. Tidak Semua Orang Menikmati Sentuhan Langsung pada Klitoris

Klitoris setiap orang merespon hal yang berbeda terhadap stimulasi. Ada yang memiliki sensitifitas yang tinggi sehingga tidak suka disentuh apalagi ditekan. Bagi yang klitorisnya sangat sensitif, maka rangsangan yang bisa dinikmati adalah stimulasi sekitar klitoris.

"Menekan, menjentikkan, dan melingkari kepala klitoris dapat membangkitkan gairah, tetapi kadang-kadang juga bisa mengganggu dan bahkan tidak nyaman," kata Dr Jess.

Begitu juga, tak semua orang suka dengan rangsangan dalam bentuk tekanan, cubitan, bahkan sentuhan. Masing-masing klitoris unik dan memiliki caranya sendiri untuk terangsang.

6. Ukuran Klitoris Terus Tumbuh

Dalam buku Stevens & Lowe's Human Histology (Fourth Edition), dijelasksan klitoris berukuran kecil saat pubertas. Klitoris lalu membesar seiring dengan dengan timbulnya kematangan seksual.

Itulah beberapa fakta tentang klitoris. Nah, dari keenam fakta tersebut, nomor berapa saja yang baru Moms ketahui? Share yuk!

(MM/AND)

Artikel Terkait