TREN
23 Mei 2019

6 Macam Nasi yang Cuma Ada di Indonesia, Sudah Coba Semua?

Tak cuma nasi goreng, olahan nasi ini juga tak kalah enak!
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Nasi merupakan salah satu makanan pokok Indonesia. Bahkan sampai lahir sebuah istilah, “Belum makan namanya kalau belum makan nasi.”.

Nasi kerap hadir pada menu sarapan, makan siang, hingga makan malam. Olahannya pun semakin beragam dan tak lagi hanya sekedar nasi putih saja.

Hidangan nasi Indonesia yang terkenal hingga ke mancanegara adalah nasi goreng. Olahan nasi ini merupakan nasi yang ditumis bersama dengan bahan dan bumbu lain. Isian nasi goreng pun beragam mulai dari daging sapi, daging kambing, seafood, hingga sayur-sayuran.

Namun selain nasi goreng, ada hidangan nasi lainnya yang harus Moms!

Baca juga: Resep Sambal Ganja Homemade yang Pasti Disukai Keluarga

1. Nasi kuning

0 nasi (5)

foto: shutterstock.com

Panganan ini biasanya disajikan saat sarapan, juga ketika sedang acara syukuran atau perayaan. Rasa nasinya gurih dan berwarna kuning karena dimasak dengan bumbu kunyit, rempah-rempah, dan santan. Dalam satu sajian nasi kuning, terdapat telur balado, sambal kentang dan ati, orek tempe, orek telur, serta sambal.

2. Nasi uduk

0 nasi (1)

foto: tastemade.com

Nah, kalau olahan nasi khas Betawi ini memiliki citarasa yang gurih dan berempah karena dimasak dengan santan. Nasi uduk biasanya ditemani dengan berbagai makanan pelengkap seperti orek tempe, sambal kacang, bihun goreng, gorengan bakwan, dan tentu saja semur jengkol. Tambahkan dengan kerupuk supaya makin nikmat.

Baca juga: 7 Masakan Mie Khas Negara di Asia yang Paling Enak, Sudah Coba Semua?

3. Nasi bebek

0 nasi (1)

foto: panduanwisata.id

Jika nasi uduk dan nasi kuning dimasak dengan bumbu, maka nasi bebek Indonesia istimewa karena makanan pendampingnya. Nasi khas dari Timur Jawa ini dilengkapi dengan olahan bebek yang empuk. Selain bebeknya, sambal khas nasi bebeknya pun juga menggetarkan lidah. Cocok untuk Moms pecinta pedas!

4. Nasi liwet

0 nasi (2)

foto: foody.id

Nasi liwet ini merupakan nasi khas Solo. Dimasak dengan menambahkan teri, daun salam, dan lengkuas. Agar makin lezat, nasi liwet dimasak dengan menggunakan kastrol diatas api. Pendampingnya berupa ayam, lalapan, tahu, tempe, dan tentu saja sambal. Lebih nikmat jika Moms memakan nasi liwet yang beralaskan daun pisang.

Baca juga: 10 Jenis Sambal Pemikat Lidah, Mana Favorit Anda?

5. Nasi Padang

0 nasi (3)

foto: pegipegi.com

Siapa yang tak suka nasi Padang? Nasi yang digunakan memang nasi putih biasa, hanya saja lauk dan pendamping yang digunakan sangat menggugah selera.

Pilihan lauknya beragam mulai dari rendang, gulai concang, gulai tunjang, gulai ati dan limpa, ayam bakar, ikan bakar, dan masih banyak lagi. Selain itu, nasi juga disiram dengan kuah gulai serta rendang, tak lupa daun singkong rebus dan tentu saja sambal hijau yang dimasak dengan teri. Kalau Moms ingin sesuatu yang renyah, bisa ditambahkan kerupuk kulit juga, lho.

Baca juga: 7 Jajanan Bakso Unik yang Bikin Ngiler!

6. Nasi bakar

0 nasi (4)

foto: inirecipes.id

Nasi bakar merupakan nasi putih yang dicampur dengan bumbu, ikan asin, daun kemangi dan berbagai tambahan isian lainnya kemudian dibungkus membulat dengan daun pisang, lalu dibakar.

Hal yang membuat nasi istimewa adalah aroma daun pisangnya menyerap ke dalam setiap butir nasi. Moms bisa menambahkan lauk lain seperti ayam bakar atau tempe goreng.

Apakah Moms sudah mencoba semua olahan nasi di atas?

(DNY)

Artikel Terkait