SELEBRITI
8 Juni 2019

7 Artis Ini Diprediksi Akan Lolos Menjadi Anggota DPR RI

Desy Ratnasari kembali menduduki kursi anggota legislatif
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia
Disunting oleh Andra Nur

Dalam pesta demokrasi Pemilihan Umum 2019 ini, ada banyak dari kalangan selebritas yang maju dan mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI.

Ada beberapa artis yang akhirnya meraih suara tertinggi dan berhasil menjadi anggota legislatif dalam Pemilu 2019. Baik itu artis yang baru terjun ke dunia politik seperti Krisdayanti, atau yang sudah lama berkecimpung seperti Desy Ratnasari.

Selain dua nama besar tadi, masih ada lho artis lain yang juga lolos jadi anggota DPR RI. Siapa saja? Berikut ini beberapa dari artis yang berhasil menjadi anggota legislatif dalam Pemilu dari 2019.

1. Krisdayanti

artis yang lolos jadi dpr-ri 1.jpg

Krisdayanti dikenal sebagai diva pop Indonesia dengan suara emasnya dan paras cantiknya. Dalam Pemilu 2019, Krisdayanti mendapatkan 15.473 suara pemilihan legislator DPR RI di Kota Batu, Jawa Timur.

Krisdayanti menjadi calon legislator DPR RI Daerah Pemilihan Jawa Timur V Malang Raya. Ini meliputi Kabupaten Malang, Kota Malang, dan Kota Batu dari PDI Perjuangan.

"Alhamdulillah, proses rekapitulasi sudah kami selesaikan. Hasilnya pun sudah kami serahkan ke ke KPU Provinsi Jawa Timur," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu Saifuddin.

"Mbak Krisdayanti memang jadi caleg dengan perolehan suara terbanyak di Batu," tambahnya seperti dikutip dari Tribunnews Kaltim.

Baca Juga: Mulan Jameela Dikabarkan Lolos Jadi Anggota DPR, Ini 5 Artis Perempuan Ini Juga Sempat Duduk di Bangku Legislatif

2. Nico Siahaan

artis yang lolos jadi dpr-ri 2.jpg

Nico Siahaan dikenal sebagai presenter yang memandu acara kuis "Kata Berkait" pada tahun 90-an. Ia pun bersaing di Dapil Jabar I yang meliputi Kota Bandung dan Kota Cimahi.

Nico merasa dirinya akan lolos, sehingga ini merupakan periode kedua dirinya bekerja di kompleks parlemen, Senayan.

Jika sudah dipastikan terpilih kembali, ia mengklaim akan mengawasi lebih ketat lagi program-program yang tidak merata dan tepat sasaran ke masyarakat sebelumnya.

Awal terkenal karena bergabung di industri hiburan, Nico pernah ditempatkan di Komisi X selama menjadi anggota DPR RI. Komisi X ini membidangi pendidikan, kebudayaan, pariwisata, pemuda dan olahraga, serta ekonomi kreatif.

Lalu pada September 2017, ia dimutasi ke Komisi I yang membidangi luar negeri, intelijen, dan pertahanan.

3. Tommy Kurniawan

artis yang lolos jadi dpr-ri 3.jpg

Untuk pemilihan legislatif DPR RI 2019 ini, hanya menyisakan satu dari 9 kursi untuk diperebutkan di Dapil Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Tommy Kurniawan dipastikan lolos, ia sendiri merupakan anggota dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Calon Legislatif PKB Tommy Kurniawan mendapat perolehan suara paling tinggi dari para calon lainnya yang memperebutkan 1 kursi tersisa.

“Jadi dari 9 kursi yang ada, 8 sudah didapatkan oleh beberapa partai, dan kini hanya tersisa satu kursi saja. Dari perhitungan yang ada, kami (PKB), suaranya sudah tidak terkejar lagi dengan partai kompetitor lainnya yang berada di bawah PKB perolehan suaranya, termasuk Golkar untuk kursi keduanya ,” jelas Abdul Kadir Karding.

Baca Juga: 3 Situasi yang Wajib Kita Tahu Menjelang Pemilu

4. Desy Ratnasari

artis yang lolos jadi dpr-ri 4.jpg

Di Pemilu 2019, Desy Ratnasari mencalonkan diri sebagai Caleg DPR RI dari Partai Amanat Nasional (PAN) di Dapil Jabar IV, meliputi Kota Sukabumi dan Kabupaten Sukabumi.

Tersedia enam kursi yang diperebutkan di Dapil Jabar IV, dan tidak hanya Desy yang menjadi kandidat dari kalangan selebritas.

Nama-nama terkenal lain seperti Ribka Tjiptaning (PDIP), Olla Ramlan (NasDem), Wina Armada (Partai Perindo), dan Icuk Sugiarto (Partai Hanura) menjadi saingan Desy Ratnasari.

Namun, Desy Ratnasari yakin akan lolos dan menduduki kursi di Senayan. Apalagi dengan pengalamannya di Pemilu 2014 lalu.

Desy Ratnasari mengucap syukur dan terima kasih kepada para pendukungnya.

"Hatur Nuhun sadayana, atas doa dan dukungan suaranya khususnya warga Sukabumi dan sekitarnya DAPIL 4 yang telah memilih Caleg DPR RI Desy Ratnasari No. Urut 1 dengan suara terbanyak dalam Pemilu serentak 17 April 2019," tulisnya di akun Facebook-nya pada Kamis (2/5).

"InsyaAlloh Desy amanah. Abah Suyanto dukungan anak pondok sangat signipikan," tambah Desy.

5. Kirana Larasati

57468092_1242217859286643_5496768228856912700_n.jpg

Artis lain yang juga diprediksi lolos ke Senayan adalah Kirana Larasati. Berdasarkan proses pleno rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara di KPU Kota Bandung, PDIP yang mengusung Kirana sudah mengantongi perolehan 22.749 suara, atau 19,79 persen di tingkat nasional.

itu artinya, PDIP telah melebihi parliamentary threshold (ambang batas parlemen), melebihi 4 persen perolehan suara secara nasional untuk mendapatkan kursi di DPR RI. Wakil Ketua Bidang Kaderisasi DPC PDI Perjuangan kota Bandung, Ari Setiasakti, mengatakan Kirana Larasati pun berpotensi mendapatkan kursi.

6. Mulan Jameela

artis anggota dpr

Istri musisi Ahmad Dhani, Mulan Jameela pun konon diprediksi lolos ke Senayan. Partainya, Gerindra berhasil mendapat suara lebih dari 4 persen di Pemilu serentak, 17 April lalu. Mulan terdaftar sebagai caleg DPR dari partai Gerindra di ‎Daerah Pemilihan (Dapil) Garut, Jawa Barat.

7. Olla Ramlan

59922711_291697488451991_3334176027440937571_n.jpg

Olla Ramlan yang merupakan caleg Partai Nasdem dikabarkan berkesempatan melaju ke Senayan. Olla mewakili daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat IV dalam Pileg 2019.

Berdasarkan real count KPU sementara, Partai Nasdem menjadi partai keempat yang diprediksi lolos masuk Senayan, setelah Gerindra dengan persentase perolehan suara 9,99 persen.

Meskipun demikian, Olla belum bisa memastikan lolos atau tidak menjadi anggota DPR. Hingga saat ini, masih menunggu hasil perhitungan suara sah dari KPU.

Itulah beberapa artis yang diprediksi akan menduduki kursi DPR RI. beberapa di antara mereka memang terbilang baru di dunia politik. Namun, mereka berjanji untuk memperjuangkan hak-hak rakyat yang mereka wakili.

Artikel Terkait