KESEHATAN
8 Februari 2019

7 Makanan Ini Tidak Baik untuk Vagina, Lebih Baik Hindari Ya!

Makanan manis bisa memicu infeksi pada vagina lho Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Andra Nur
Disunting oleh Andra Nur

Banyak alasan bagi Moms untuk mulai makan makanan sehat. Bukan hanya makanan sehat baik bisa membuat tubuh bugar, terhindar dari obesitas, tapi juga bisa menjaga kesehatan vagina lho Moms.

Menurut Sheila Warren, seorang navigator kesehatan perempuan di Gwinnett Medical Center, rasa tidak nyaman dan kram hingga infeksi dan fungsi seksual dapat dipengaruhi oleh makanan.

Makanan yang Moms makan memainkan peran penting untuk menjaga kesehatan vagina. Misalnya, makan ikan yang kaya omega-3 dan makanan kaya probiotik membantu mendukung kesehatan organ intim Moms

Baca Juga : Manfaat Olahraga Saat Menstruasi yang Perempuan Wajib Tahu

Di sisi lain, ada juga makanan yang harus dihindari karenaa makanan apa saja ya Moms? Yuk kita cari tahu!

Makanan Manis

Makanan manis ternyata tidak baik untuk kesehatan vagina. Ragi menyukai gula. Semakin banyak Moms makan makanan manis, semakin tinggi juga Moms mengalami risiko infeksi pada vagina.

Bawang

Bawang bukan hanya bisa membuat nafas jadi bau, tapi juga bisa menimbulkan aroma yang tidak sedap pada vagina.

Asparagus

Meskipun mungkin mengandung banyak nutrisi, asparagus dikenal sebagai sayuran yang membuat urin berbau. Meskipun aromanya tidak berbahaya, perlu diketahui bahwa asparagus dapat mempengaruhi pH vagina.

Goreng-Gorengan

Gorengan tidak hanya mengandung lemak tinggi, tapi juga memberikan dampak yang buruk pada keseimbangan bakteri di vagina. Ini juga bisa meningkatkan risiko vaginosis bakteri.

Baca Juga : Cari Tahu Camilan yang Paling Pas Dimakan Berdasarkan Zodiak Kita

Kopi

Minum secangkir kopi hangat dapat membuat Moms mengalami bau mulut dan vagina. Selain itu, kopi sebenarnya dapat meningkatkan risiko infeksi ragi. Kafein yang terkandung dalam kopi dapat membatasi kemampuan tubuh untuk melawan jamur.

Karbohidrat Olahan

Karbohidrat olahan seperti pasta, mi, atau roti ternyata bisa meningkatkan gula darah serta risiko infeksi bakteri vaginosis dan ragi lho Moms. harus mulai kurangi ya.

Keju

Tidak seperti produk susu lainnya seperti greek yogurt, keju dapat mengganggu bakteri pada vagina. Keju membuat infeksi jamur lebih mungkin terjadi.

Itulah beberapa makanan yang ternyata bisa mengganggu kesehatan vagina. Sebaiknya mulai dikurangi ya Moms.

(AND)

Artikel Terkait