KESEHATAN
6 September 2019

Serba-Serbi Sakit Gigi Saat Hamil: Penyebab dan Perawatannya

Selain mual, pusing, dan muntah-muntah, sakit gigi juga sering dialami ibu hamil. Apa penyebabnya?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Kehamilan adalah momen yang penting bagi semua wanita. Mengandung anak selama sembilan bulan, jelas momen yang akan selalu dikenang.

Namun, bukan hanya kebahagiaan saja yang menyertai kehamilan. Kadang, ibu hamil juga merasakan beberapa keluhan.

Kalau mau diabsen, ada beberapa problem yang mengikuti proses kehamilan. Mulai dari mual, cepat lelah, sakit punggung, pusing, hingga sakit gigi saat hamil.

Spesial soal gigi dan gusi, sakit gigi ternyata bisa memengaruhi kondisi bayi di kandungan. Semisal, terjadi kelahiran prematur atau kurangnya berat badan bayi.

Makanya, sakit gigi saat hamil perlu diwaspadai. Yuk kita lihat beberapa fakta sakit gigi saat hamil!

Baca Juga: Ngilu Akibat Sakit Gigi? Ini 5 Cara Alami untuk Meredakannya!

Penyebab Sakit Gigi Saat Hamil

Sakit Gigi saat Hamil 2

Foto: shutterstock.com

Penyebab sakit gigi saat hamil bisa bermacam-macam. Mulai dari gigi berlubang, hingga radang gusi. Simak beberapa di antaranya, dan bagaimana cara meringankan gejalanya!

Hormonal

“Perubahan hormon yang terjadi selama ibu hamil berpotensi menyulut munculnya peradangan di gusi. Biasanya disebut gingivitis.Pada gingivitis, gusi membengkak dan sering berdarah saat menyikat gigi,” ungkap Dr. Stuart Froum, Presiden the American Academy of Periodontists.

Penyakit lain yang berhubungan dengan perubahan hormon adalah periodontal yang terjadi pada jaringan pendukung gigi. Biasanya, periodontal terjadi saat gingivitis tidak ditangani dengan baik.

Saat terjadi perubahan hormon, kekebalan tubuh juga terganggu. Ini yang menyebabkan tubuh kurang terlindung dari bakteri, termasuk yang menyerang gigi dan gusi.

Ini yang menyebabkan gigi jadi rentan sakit selama masa hamil. Untuk tindakan pencegahan dan mengatasi masalah gigi, sebaiknya Moms rajin menyikat gigi minimal dua kali sehari.

Sebaiknya juga menggunakan benang gigi setiap hari. Jangan lupa berkumur dengan obat kumur antiseptik.

Baca Juga: Moms, Lakukan Ini untuk Meredakan Rasa Sakit saat Gigi Anak Goyang

Mual & Muntah

Saat hamil, perubahan hormon membuat cincin otot lambung melemah. Dan, karena serangan mual sering datang, makanan di lambung jadi lebih mudah keluar.

Proses muntah, tidak hanya mengeluarkan kembali makanan. Tapi juga disertai asam lambung yang kuat, dan dapat memengaruhi enamel gigi.

Di beberapa kasus, hal ini yang menyebabkan gigi berlubang dan mendatangkan sakit gigi saat hamil.

Pencegahannya sederhana. Rajin berkumur air putih setelah muntah. Selanjutnya berkumur ulang dengan cairan kumur yang mengandung fluoride, baru bilas sekali lagi dengan air.

Akan lebih baik lagi, diikuti sikat gigi setengah jam selepas muntah.

Kurang Kalsium

Pada beberapa kasus, sakit gigi saat hamil disebabkan kekurangan asupan kalsium.

Jika seorang ibu kekurangan kalsium, gigi jadi lebih rentan berlubang karena kebutuhan kalsium bayi diambil dari gigi ibu -meski sebenarnya hanya rumor, karena kekurangan kalsium pertama kali diambil dari tulang ibu.

Kalau masih kurang juga, baru gigi yang menjadi sumbernya.

Tapi tidak ada salahnya Moms mencukupi asupan kalsium. Selain bisa memenuhi kebutuhan nutrisi bayi di kandungan, juga bisa melindungi massa tulang, dan massa gigi. Tinggal konsumsi susu, keju, dan yoghurt.

Perawatan Gigi Saat Hamil

Sakit Gigi saat Hamil

Foto: shutterstock.com

Pengobatan gigi saat hamil aman dilakukan. Apalagi kalau sudah memasuki trimester kedua atau awal trimester ketiga kehamilan.

“Kehamilan trimester pertama adalah waktu penting untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Tindakan gigi di trimester ini dikhawatirkan dapat mengganggu pertumbuhan sebaiknya dihindari,” ucap Dr. Stuart.

Bagaimana dengan paruh akhir trimester ketiga?

Kondisi rahim menjadi sensitif, dan risiko kelahiran prematur dapat meningkat. Namun, jika ada kondisi seperti gigi patah atau infeksi gigi, perawatan gigi dapat dilakukan sepanjang umur kehamilan.

Yang jelas, selalu konsultasikan kondisi gigi Moms dengan dokter kandungan dan dokter gigi. Percayalah, keduanya akan mengusahakan pilihan terbaik untuk kesehatan Moms dan si kecil dalam kandungan.

Baca Juga: Khasiat Jitu Si Bawang Putih Untuk Sakit Gigi

(RYO/DIN)

Artikel Terkait