TREN
6 November 2020

7 Pilihan Game Indoor yang Bisa Dimainkan Anak Jaman Sekarang

Ini daftar game-nya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Di masa pandemi begini, akan jauh lebih aman apabila anak bermain di dalam rumah saja. Namun, kalau main dengan gadget saja, rasanya kurang baik juga.

Selain membawa dampak positif, teknologi khususnya gadget, juga punya dampak negatif, termasuk makin hilangnya permainan tradisional.

Sudah menjadi tugas orang tua agar bisa mengatur sang anak supaya tidak terus-terusan bermain dengan gadget. Akan ada banyak dampak yang lebih buruk jika kondisi ini tidak segera ditangani.

Pilihan Game Indoor

Bermain dengan gadget bisa menurunkan tingkat motorik sang anak. Akan lebih baik jika sang Moms punya inisiatif mengenalkan game indoor yang bisa dilakukan bersama.

Kalau belum punya ide game apa yang mau dicoba, daftar berikut bisa jadi referensi untuk Moms.

1. Basket Mini

4 basket

Foto: Orami Photo Stocks

Tak perlu beli alat yang besar, basket mini sudah cukup bisa dijadikan permainan di dalam rumah. Yang pasti, sisi motorik anak akan terlatih karena harus aktif gerak. Anak secara tidak langsung juga akan dilatih respon, ini karena basket mini merupakan game kompetisi.

Baca Juga: Sebelum Ada Teknologi, Ini 6 Permainan Tradisional dari Jawa yang Banyak Dimainkan Anak-anak

2. Meniup Gelembung

Jika lagi suntuk di rumah dan tak ingin sang anak keluar karena matahari sedang terik, game indoor seperti meniup gelembung bisa dicoba. Tak perlu beli alat-alatnya. Moms bisa memakai sedotan di dapur dan sabun anak yang biasanya tak perih kalau-kalau terkena mulut.

3. Berburu Harta Karun

Mencari Harta Karun - Permainan Indoor

Foto: Orami Photo Stocks

Ada lagi permainan indoor yang bisa mengasah ketajaman anak berpikir, berburu harta karun. Mula-mula orang tua bisa memberi anak semacam petunjuk, misalnya kertas kecil atau koin yang diletakkan secara berurutan. Jangan lupa beri hadiah pada anak sebagai apresiasi.

Baca Juga: 4 Ide Permainan Outdoor untuk Anak 1 Tahun

4. Petak Umpet

Petak Umpet Permainan Indoor

Foto: Orami Photo Stocks

Kalau luas rumah memadai, kenapa tak mengajak sang anak untuk bermain petak umpet. Game tradisional ini masih layak untuk dicoba dalam rumah.

Nuansa tegang bercampur gembira akan campur aduk manakala sang anak bisa menemukan lawan mainnya. Seru pokoknya!

5. Patung-patungan

Mainkan musiknya, ajaklah sang anak menari lalu dengan aba-aba ‘freeze’, suruh anak diam layaknya patung. Agar permainan makin seru, tambahkan perintah untuk meniru gaya binatang tertentu saat diam. Misalnya, ‘freeze, tirukan angsa’.  Dijamin anak akan tertawa lebar dibuatnya.

6. Puzzle

Main Puzzle - Permainan Indoor

Foto: Orami Photo Stocks

Permainan teka-teki ini layak dicoba kala sedang santai di rumah. Moms bisa membeli puzzle di toko mainan atau membuat sendiri jika perlu.

Jika ingin membuat sendiri, gunakan foto keluarga atau gambar kesukaannya agar sang anak makin tertarik. Simple kan.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Mainan Puzzle yang Cocok untuk Balita

7. Sulap

Tak perlu harus jadi Houdini agar sang anak bisa ceria melalui sulap, yang sederhana pun sudah cukup.

Sebagai contoh, ambil tiga buah gelas dan letakkan koin di bawah gelas lalu putar-putar dan suruh anak menebak mana gelas yang ada koinnya. Game indoor sederhana tapi bermakna.

Selain bisa mengurangi durasi pemakaian gadget, game indoor juga bisa dimaksudkan untuk menambah quality time bareng keluarga.

Sesuatu yang tak bisa didapat jika sang anak terus-terusan memegang gadget. Jalinan hubungan keluarga juga makin harmonis dengan kegiatan yang dilakukan bersama.

Menjaga Kesehatan untuk Anak yang Aktif Walau di Rumah Aja

Buat anak yang sedang aktif bermain dan mengeksplor, berikan SGM Eksplor +3 hadir sebagai asupan makanan pendamping untuk buah hati Moms, agar pertumbuhan dan perkembangan anak tetap terjaga.

Selain mendukung sistem kekebalan tubuh dan pencernaan, juga mendukung tumbuh kembang otak, lho, Moms.

SGM Eksplor +3 juga mengandung protein, lemak, karbohidrat vitamin dan mineral yang merupakan komponen makanan yang sangat penting untuk mendukung tumbuh kembang anak yang optimal, diperkaya 13 vitamin dan 7 mineral

Untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi anak, Moms bisa memberikan SGM Eksplor +3 minimal 3 kali dalam sehari. Yuk, selalu berikan gizi terbaik untuk buah hati!

(ADV)

Artikel Terkait