KESEHATAN
22 Juli 2019

7 Pola Makan Ini Dapat Membantu Mengurangi Nyeri Haid

Mau terbebas dari nyeri haid selamanya?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Dina Vionetta

Nyeri haid memang mengganggu, tapi bukan berarti tak bisa diatasi. Bukan tak mungkin Moms terbebas selamanya dari nyeri haid.

Moms bisa terbebas dari nyeri haid asalkan mulai mengubah gaya hidup, termasuk di dalamnya pola makan.

Menurut dokter ahli ginekolog di Cleveland Clinic, Amerika Serikat, Linda Bradley, MD, sebagaimana dikutip dari health.clevelandclinic.org, inilah pola makan yang disarankan agar Moms terbebas dari nyeri haid.

Baca Juga : Sakit Saat Menstruasi, Wajar Atau Berbahaya?

1. Kurangi Garam

Memasak sendiri jauh lebih baik daripada membeli makanan cepat saji atau makanan olahan.

Makanan di restoran dan makanan olahan sangat tinggi garam dan gula, supaya rasanya lebih enak.

Mengurangi garam sangat disarankan untuk Moms yang kerap mengalami kembung, nyeri payudara, atau bengkak saat PMS.

2. Makanlah Beragam Buah dan Sayuran

shutterstock 553662235

Konsumsilah makanan yang berwarna-warni seperti pelangi. Itu menandakan makanan Moms memiliki nutrisi yang lebih banyak.

Sayuran seperti kangkung dan bayam kaya akan zat besi dan vitamin B, yang dapat membantu menangkal kelelahan.

Coba tumis dalam minyak zaitun dan taburkan sedikit bawang putih cincang.

3. Minum Banyak Air

Minum banyak air justru akan membantu mengurangi nyeri haid, kembung, membantu kerja pencernaan, dan memberi sejumlah manfaat kesehatan lainnya.

Tambahkan air putih Moms dengan lemon, limau, atau irisan mentimun supaya lebih menyegarkan.

4. Konsumsi Lebih Banyak Kalsium

shutterstock 568076731

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makan lebih banyak kalsium - seperti yang ada di yogurt, susu, ikan teri, dan brokoli - dapat mengurangi nyeri haid dan berbagai gejala PMS.

Baca Juga : 6 Manfaat Mengejutkan dari Menstruasi

5. Tambahkan Vitamin D

Selain melalui suplemen, vitamin D ditemukan secara alami dalam makanan seperti ikan sarden, tiram, dan salmon.

Mengonsumsi vitamin D dapat membantu mengurangi nyeri haid dan berbagai.

6. Pilih Karbohidrat Kompleks

shutterstock 1156310086

Karbohidrat kompleks kaya akan serat. Makanan ini akan memasuki aliran darah secara bertahap, dan hanya menyebabkan peningkatan kadar insulin secara moderat, yang dapat membantu menstabilkan suasana hati.

Cobalah ubi, labu, kentang, dan oat yang belum diproses untuk mengurangi nyeri haid.

Baca Juga: Vitamin Apa Saja yang Bisa Membuat Cepat Hamil?

7. Makanan Kaya Zat Besi

Moms perlu meningkatkan asupan zat besi sebelum dan selama haid untuk mengganti kehilangan darah yang dialami setiap bulan.

Diet ini juga dapat membantu Moms menghindari anemia. Pilih potongan daging tanpa lemak, atau buang lemak sebelum dimasak.

Dengan melakukan tujuh pola makan tersebut, Moms bisa terbebas dari nyeri haid yang menyerang setiap bulannya.

(VAN)

Artikel Terkait