KELUARGA
6 Maret 2020

7 Sifat Anak Pertama dan Faktanya yang Belum Banyak Diketahui

Pada umumnya sifat dan fakta menarik mengenai anak juga rata-rata sesuai pengelompokan kelahiran
Artikel ditulis oleh Phanie Fauziah
Disunting oleh Orami

Semua anak adalah anugerah Tuhan. Setiap anak tentunya memiliki sifat dan keunikannya masing-masing. Begitu juga dengan anak pertama, anak tengah, dan anak bungsu, bahkan anak tunggal, mereka memiliki keunikan masing-masing.

Ahli teori pertama yang menyatakan bahwa urutan kelahiran yang dapat memengaruhi psikologi manusia adalah Alfred Adler (1870-1937). Singkatnya, ia berpendapat bahwa anak sulung perhatiannya "diambil" oleh anak kedua, yang secara permanen mempengaruhi kepribadian anak sulung.

Selain itu, anak-anak yang lebih muda dimanjakan dan lebih tua dapat bisa menjadi manja, yang secara permanen juga memengaruhi kepribadian mereka di kemudian hari.

Sifat Anak Pertama dan Faktanya

Nah, kira-kira sifat dan fakta anak pertama yang belum banyak diketahui? Berikut daftarnya.

1. Pemimpin Alami

sifat dan fakta menarik anak pertama.jpeg

Sifat anak pertama yang pertama adalah mereka merupakan pemimpin alami. Anak pertama terlahir sebagai pemimpin alami, hakikatnya seluruh perhatian pertama kali diberikan olehnya tanpa terbagi. Sehingga, ketika ia memiliki adik secara langsungiIa yang mengambil peran dan tentunya yang akan dituakan di antara saudara kandungnya ketika dewasa kelak.

Mereka akan lebih bertanggung jawab karena merasa harus dijadikan contoh untuk adik-adiknya. Dilansir dari laman Bustle, menurut psikolog Dr. Seda Gragossian, anak-anak sulung biasanya dikaitkan dengan atribut kepemimpinan, dan dapat memiliki kepribadian yang kuat, mereka adalah kelompok yang cukup gigih, anak sulung juga banyak mengambil alih peranan dan cenderung lebih teliti.

Baca Juga: 4 Cara Ampuh Mengobati Bell's Palsy pada Anak

2. Mandiri

Sifat anak pertama yang selanjutnya adalah mereka anak yang mandiri. Anak pertama cenderung tidak memiliki masalah mengatur dirinya sendiri.

Kryss Shane, BS, MS, MSW, LSW, LMSW mengtakan bahwa anak sulung terbiasa tumbuh dengan satu atau lebih adik ini berarti perhatian orang tua terbagi, sementara waktu meninggalkan anak sulung, hingga akhirnya mereka menghibur diri mereka sendiri.

Intinya anak sulung lebih banyak belajar terbiasa dengan perhatian yang terbagi sampai ia menjadi mandiri.

3. Pekerja Keras dan Mudah Stres

sifat dan fakta menarik anak pertama 2.jpeg

Sifat anak pertama yang selanjutnya adalah mereka pekerja keras yang mudah stres. Pada umumnya anak pertama fokus pada prestasi karena mereka cenderung lebih ingin mendapat pujian dan mencuri perhatian orang tua dan keluarganya.

Sehingga mereka terus bekerja keras untuk mencapai prestasi atau mencapai prestasi kerja di kemudian hari. Tak sedikit juga, anak pertama menjadi tulang punggung keluarga saat mereka tumbuh dewasa.

Tak hanya itu, anak pertama juga lebih mudah stres karena selain sifatnya yang pekerja keras, mereka cenderung memikirkan banyak hal tentamg keluarganya. Pada umumnya anak pertama fokus pada prestasi karena mereka cenderung lebih ingin mendapat pujian dan mencuri perhatian orang tua dan keluarganya.

Sehingga mereka terus bekerja keras untuk mencapai prestasi atau mencapai prestasi kerja di kemudian hari.

Baca Juga: 4 Gejala Autisme yang Bisa Dideteksi Dengan Cepat

4. Memegang Kendali

Sifat anak pertama yang selanjutnya adalah mereka memegang kendali. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Child Development menemukan, bahwa anak-anak sulung lebih mungkin untuk menyesuaikan diri.

Mereka cenderung memberontak dibandingkan anak-anak yang lahir kedua, memegang kendali atas segala sesuatu yang diinginkan, dan cenderung lebih suka berpetualang.

5. Menguasai Bahasa Kedua Lebih Baik

sifat dan fakta menarik anak pertama 3.jpg

Sifat anak pertama yang selanjutnya adalah menguasai bahasa kedua dengan lebih baik. Dalam jurnal Frontiers in Psychology menyatakan, bahwa dalam keluarga bilingual, anak pertama justru menunjukkan kemampuan bahasa kedua yang lebih baik daripada saudara kandung mereka yang lahir kemudian.

6. Memiliki Kepribadian yang Baik

Sifat anak pertama yang selanjutnya adalah memiliki kepribadian yang baik. Mayoritas anak pertama memiliki kepribadian yang baik, hal ini dikarenakan mereka ingin menunjukkan sebagai anak terdahulu ia harus menjadi teladan bagi saudara-saudara kandungnya.

Saat tumbuh dewasa, mereka akan banyak mengalah, penuh perhatian, bahkan tak sedikit yang anak-anak sulung yang berkorban untuk keluarga terutama adik-adiknya.

Baca Juga: 7 Fakta Menarik Mengenai Growth Spurt Pada Bayi

7. Egois dan Kerasa Kepala

sifat dan fakta menarik anak pertama 4.jpg

Sifat anak pertama yang selanjutnya adalah mereka egois dan keras kepala. Menjadi yang terdahulu, seringkali membuat anak pertama ingin selalu diandalkan, sulit menerima masukan dengan pendirian yang ia punya.

Maka dari itu tak heran mereka cenderung egois dan keras kepala, apalagi dengan keputusan yang sudah dibuat. Menjadi yang terdahulu, seringkali membuat anak pertama ingin selalu diandalkan, sulit menerima masukan dengan pendirian yang ia punya.

Maka dari itu tak heran mereka cenderung egois dan keras kepala, apalagi dengan keputusan yang sudah dibuat. Eits tapi jangan salah lho di balik sifat egois dan keras kepalanya mereka sangat perhatian dan peduli.

Pengelompokan sifat dan fakta unik ini juga tidak semuanya akan tampak pada anak pertama, tapi memang rata-rata mereka memiliki karakter di atas.

Meskipun sebenarnya sifat ataupun karakter setiap anak berbeda tergantung pada pola asuh orang tua dan lingkungan anak itu sendiri.

(PSF/ERN)

Artikel Terkait