PARENTING
13 Mei 2019

3 Perjuangan yang Pasti Dirasakan oleh Single Moms

Orami menyediakan wadah support group untuk para single moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline
Disunting oleh Orami

Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi dalam kehidupan pernikahan kita. Bisa berjalan langgeng dan awet hingga kakek nenek, bisa juga kandas di tengah jalan.

Selain perceraian, mungkin ada juga Moms yang kehilangan suami akibat peristiwa lainnya. Menjadi seorang single moms atau ibu tunggal bukanlah perkara mudah, apalagi jika sudah dikaruniai anak.

Membesarkan anak seorang diri tentu memerlukan perjuangan yang besar, bukan Moms?

Selain itu, apa saja perjuangan yang dirasakan oleh single moms? Mari simak ulasannya!

Baca Juga: Serunya Kopdar Perdana Group Orami Toddler

1. Menjadi Tulang Punggung Keluarga

ks36u4aydgijg2uiryeo.jpg

Sebagai single moms, selain mengemban tugas menjadi ibu, juga menjadi tulang punggung keluarga.

Segala kebutuhan rumah tangga mulai dari belanja sehari-hari, listrik, air, makanan, biaya sekolah anak, dan sebagainya, menjadi tanggung jawab Moms.

Belum lagi biaya sekolah anak saat ini semakin lama semakin mahal. Diperlukan biaya yang tidak sedikit untuk menyekolahkan anak hingga kuliah.

Oleh karena itu, ibu harus bekerja sangat keras untuk dapat membiayai kebutuhan keluarganya.

2. Memiliki Peran Ganda

mom-daughter-studying-together-istock.jpg

Perjuangan single moms selanjutnya adalah menjalani peran ganda. Menjadi orang tua tunggal, berarti Moms harus menggantikan posisi ayah yang tidak ada.

Di lingkungan pekerjaannya, sudah disibukkan dengan pekerjaan yang tiada henti, begitu sampai di rumah, kita tetap harus mengurus anak.

Kita harus mengajari anak hal-hal yang penting untuk tumbuh kembangnya. Mulai dari hal-hal sederhana seperti cara berjalan, cara berbicara, belajar, hingga memiliki sopan santun atau cara bersikap.

Hal ini harus Moms lakukan sendiri, mengingat kita menjadi single moms, sehingga tidak ada yang bisa menggantikan peran kita.

Baca Juga: Mempertahankan Pernikahan Demi Anak, Salahkah?

3. Tidak Memiliki Teman untuk Berbagi Masalah

73-Positive-Affirmations-for-Moms.01.png

Menjadi pasangan yang utuh, tentu akan membantu tanggung jawab orang tua terasa lebih ringan karena dikerjakan bersama.

Perjuangan single moms memang tidak mudah. Moms harus bisa menyelesaikan semua masalah seorang diri, karena seringkali merasa tidak enak bila harus merepotkan teman atau anggota keluarga lainnya.

Sehingga satu-satunya jalan keluar yang bisa dilakukan adalah memendam dan memikirkannya sendiri. Hal ini tentu sangat menguras tenaga ya Moms?

Baca Juga: 5 Tips untuk Orangtua dalam Mendisiplinkan Anak

Itulah beberapa perjuangan yang dialami single moms, termasuk Moms bukan? Sulit memang namun karena kasih sayang yang besar, semua pun rela dilakukan.

Namun jangan khawatir, sekarang para single moms bisa berdiskusi dalam menghadapi masalah-masalah yang ada.

Orami sebagai komunitas ibu dan anak, menawarkan wadah berupa WhatsApp Group khusus para single moms, yang akan mempertemukan kita dengan ibu tunggal lainnya.

Kopdar-Banner-Ig-Fb.jpg

Bersama kita dapat berbagi pengalaman menjadi seorang ibu tunggal dan membagaikan solusi atas permasalahan masing-masing. Semua dapat saling menguatkan, sehingga menjadi seorang ibu tunggal tidak lagi terasa berat.

Manfaat lainnya bergabung dalam WhatsApp Group Orami ini adalah ada banyak event gratis juga yang dibuat sebagai sarana berkumpul para single moms, promo-promo menarik dari Orami untuk ibu dan anak, kuliah Whatsapp (kulwap) gratis bersama para pakar, dan masih banyak lagi.

Jika tertarik, Moms bisa lansung bergabung ke WhatsApp Group tersebut dengan klik di sini. Yuk Moms segera bergabung dan rasakan berbagai manfaatnya!

Artikel Terkait