KESEHATAN
21 November 2019

8 Penyebab Tubuh Berkeringat Saat Malam Hari, Salah Satunya Gangguan Hormon!

Tubuh yang sering berkeringat saat tidur malam hari bisa jadi tanda kondisi medis

Sumber: washingtonpost.com

Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Dina Vionetta

Berkeringat di malam hari juga dikenal sebagai hiperhidrosis tidur. Berkeringat adalah sistem pendinginan alami tubuh untuk mencegah panas berlebih.

Sebenarnya berkeringat di malam hari bukan suatu kondisi serius yang mengancam jiwa. Berkeringat di malam hari bisa menjadi tanda-tanda penyakit.

Sehingga orang tetap perlu berkonsuktasi dengan dokter untuk mengetahui penyebab berkeringat di malam hari. Karena, keringat di malam hari tidak hanya disebabkan oleh panas, tetapi juga kondisi lain.

Ada banyak kondisi medis yang menyebabkan seseorang sering berkeringat di malam hari. Tetapi, dokter harus memahami riwayat medis pasien untuk mengetahui penyebab keringat di malam hari.

Adapun beberapa kondisi medis yang bisa menyebabkan orang berkeringat di malam hari seperti berikut ini.

1. Menopause

8 Penyebab Tubuh Berkeringat Saat Malam Hari 01

Wanita yang sudah memasuki masa menopause akan lebih sering berkeringat di malam hari. Kondisi itulah yang paling umum menyebabkan wanita lebih mudah merasa panas di malam hari.

Baca Juga: Moms, Ini 12 Tanda Jelang Menopause yang Perlu Diketahui

2. Hiperhidrosis Idiopatik

8 Penyebab Tubuh Berkeringat Saat Malam Hari 02

Dikutip dari American Osteopathic Associations, hiperhidrosis idiopatik adalah suatu kondisi tubuh menghasilkan terlalu banyak keringat tanpa ada penyebab medis yang dapat diidentifikasi.

3. Infeksi

8 Penyebab Tubuh Berkeringat Saat Malam Hari 03

TBC adalah infeksi yang paling sering dikaitkan sebagai penyebab orang berkeringat di malam hari. Tetapi infeksi bakteri, seperti endokarditis (radang katup jantung), osteomielitis (radang pada tulang) dan abses dapat menyebabkan keringat malam. Keringat malam juga merupakan gejala infeksi HIV.

4. Kanker

8 Penyebab Tubuh Berkeringat Saat Malam Hari 04

Berkeringat di malam hari juga termasuk gejala awal beberapa jenis kanker. Jenis kanker paling umum yang terkait dengan keringat malam adalah limfoma.

Namun, kanker yang belum terdiagnosis juga bisa menyebabkan orang mengalami gejala, seperti penurunan berat badan dan demam yang tidak dapat dijelaskan.

Baca Juga: Ketahui 6 Masalah Kesehatan Setelah Menopause Pada Wanita

5. Obat-obatan Minum

8 Penyebab Tubuh Berkeringat Saat Malam Hari 05

Obat-obatan tertentu dapat menyebabkan orang berkeringat di malam hari. Obat antidepresan adalah jenis obat umum yang dapat menyebabkan keringat malam.

Dari 8% hingga 22% orang yang menggunakan obat antidepresan mengalami keringat malam. Obat-obatan psikiatrik lain juga berkaitan dengan keringat di malam hari.

Selain itu, obat-obatan yang digunakan untuk menurunkan demam, seperti aspirin dan acetaminophen juga bisa menyebabkan keringat di malam hari. Banyak obat lain dapat menyebabkan keringat malam atau memerah.

6. Hipoglikemia

8 Penyebab Tubuh Berkeringat Saat Malam Hari 06

Gula darah rendah bisa menyebabkan orang berkeringat di malam hari. Orang yang menggunakan insulin atau obat diabetes oral lebih mungkin mengalami hipoglikemia pada malam hari yang disertai dengan berkeringat.

7. Gangguan Hormon

8 Penyebab Tubuh Berkeringat Saat Malam Hari 07

Berkeringat di malam hari bisa menjadi tanda gangguan hormon, termasuk pheochromocytoma, carcinoid syndrome, dan hyperthyroidism.

Baca Juga: Ketahui 6 Masalah Kesehatan Setelah Menopause Pada Wanita

8. Kondisi Neurologis

8 Penyebab Tubuh Berkeringat Saat Malam Hari 08

Kondisi neurologis termasuk disreflexia otonom, syringomyelia posttraumatic, stroke dan neuropati otonom dapat menyebabkan peningkatan keringat dan dapat menyebabkan keringat di malam hari.

Nah, itulah Moms, 8 alasan Moms bisa berkeringat di malam hari. Kalau sudah mengkhawatirkan, periksakan ke dokter ya, Moms!

(SA/DIN)

Artikel Terkait