JALAN-JALAN
11 Januari 2019

8 Tips Liburan Ayah dan Anak Seperti Desta dan Kedua Putrinya

Banyak hal yang perlu dipersiapkan, mulai dari membuat peraturan hingga siap membawa perbekalan makan dan minum
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh mentari.delita
Disunting oleh mentari.delita
Foto : instagram.com/desta80s/

Liburan tanpa kehadiran ayah atau ibu bersama anak-anak tentunya akan dirasa berbeda, namun hal inilah yang dirasakan Desta.

Liburan akhir tahun kemarin, untuk pertama kalinya ia berlibur tanpa Natasha Rizky. Hal ini lantaran sang istri baru saja melahirkan.

Bagi Ayah yang mungkin akan berlibur bersama Si Kecil tanpa Moms, coba simak dulu tips berikut:

Berikan Pengawasan Penuh

Ibaratnya orang tua memerlukan mata di belakang kepala sekalipun. Saat berlibur bersama anak-anak saja, ayah harus menyadari di mana mereka berada.

Hal Ini berarti Ayah harus mereka tak berada jauh termsuk saat di bandara, tempat bermain dan pusat perbelanjaan besar.

Tetapkan Aturan Dasar Sebelum Pergi

 Aturan berubah seiring bertambahnya usia anak-anak, tetapi aturan itu harus ditetapkan.

Ketika pergi bersama anak-anak yang masih sangat kecil maka mereka harus tahu bahwa wajib menggandeng tangan ayah di tempat ramai.

Bila sudah mulai besar, maka mereka bisa berjalan tanpa bergandengan tetapi tetap harus saling berkomunikasi terutama bila ingin pergi ke tempat berbeda.

Baca Juga: Anak Bisa Kok Liburan Walau Tanpa Orang Tua!

Berikan Konsekuensi Ketika Aturan Dilanggar

Sangat mudah untuk menerapkan disiplin ketika kita bepergian. Jika Ayah ingin aturan berjalan baik, maka harus memiliki konsekuensi ketika aturan dilanggar.

Buatlah hukuman sederhana, seperti tak memberikan es krim atau permen. Begitu juga sebaliknya, berikan mereka hadiah kecil saat berhasil menaati peraturan.

Bawalah Barang Kesukaan Mereka

Bukan tak mungkin meski sedang berlibur sekalipun anak-anak akan tiba-tiba rewel. Karenanya, ayah harus benar-benar mengantisipasi segala sesuatunya.

Salah satu cara yang paling mudah adalah membawa benda kesukaan atau yang dapat mengalihkan mereka seperti mainan atau gadget untuk mereka bermain game atau menonton vidio.

Selalu Siapkan Makanan dan Minuman di Tas

Anak-anak sangat mungkin rewel ketika mereka merasa haus atau lapar. Karenanya ayah harus selalu siap sedia dengan makanan dan minuman di dalam tas.

Selain makanan dan minuman, jangan lupa pula siapkan pakaian ganti. Merasa panas atau tak nyaman dengan pakaian juga bisa membuat mereka rewel.

Sering-Seringlah Berhenti Untuk Ke Toilet

Anak-anak mungkin tak bisa mengatakan atau tak ingin mengatakan keinginan mereka untuk buang air. Ayahnya lah yang harus lebih peka terhadap hal ini.

Sebaiknya sering berhenti di toilet untuk mengajarkan mereka buang air kecil maupun besar. Jangan biarkan mereka menahan atau malah buang air sembarangan.

Jadikan Liburan Sebagai Momen untuk Mengedukasi Anak

Jangan nikmati liburan semata-mata untuk bersenang-senang saja. Ayah harus ingat untuk mengajarkan Si Kecil tentang berbagai hal.

Mulai dari mengajaknya ke kebun binatang, atau tempat bersejarah lain yang dapat memberikan nilai-nilai.

Baca Juga: Tips Menyiapkan Budget untuk Liburan

Jangan Stres

Ayah harus tetap tenang selama liburan, perasaan stres hanya akan membuat kita emosi dan terbebani. Terlebih jika tiba-tiba harus mengahadapi situasi darurat seperti tak bisa menemukan anak.

Kondisi yang stres hanya akan membuat ayah tak bisa menemukan jalan keluar.

Menghadapi hal seperti ini lebih baik lakukan antisipasi, misalnya dengan memakaikan Si Kecil gelang yang bertuliskan kontak orang tua.

Nah, beberapa tips tadi harus benar-benar dipahami ayah yang sedang mempersiapkan diri berlibur dengan Si Kecil ya.

(MDP)

Artikel Terkait