FASHION & BEAUTY
11 Juli 2019

Agar Tetap Awet, Ini Dia Cara Merawat Bra yang Tepat

Cara mencuci bra yang benar adalah dengan menggunakan tangan!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia
Disunting oleh Dina

Merawat bra dapat membantunya untuk tetap awet dan memperpanjang umur. Meski sebuah bra memiliki masa pemakaian yang lama, tetapi bukan berarti tidak perlu memerhatikan cara merawat bra yang baik dan benar.

Merawat bra dengan benar dapat membuat bra tidak mudah melar, tidak cepat rusak, dan bisa digunakan dengan baik.

Berikut adalah cara merawat bra agar tetap awet, dikutip dari The Loop.

Menyingkirkan Bra Tak Terpakai di Rak

merawat bra-3.jpg

Sama seperti pakaian, bra yang tak terpakai sebaiknya juga disingkirkan dari rak. Buka laci, lalu buang atau sumbangkan pakaian dalam yang belum pernah dikenakan setahun yang lalu, dan jangan pernah kenakan lagi.

Beberapanya seperti bra yang tidak cocok, yang menyakiti punggung, yang tidak menopang payudara dengan baik, dan bra lama yang mungkin merasa diperlukan tapi tidak pernah benar-benar dipakai.

Baca Juga: Selain Model dan Harga, Ini 8 Hal Penting Saat Memilih Pakaian Dalam

Jenis Bra yang Harus Dimiliki

Seorang wanita membutuhkan lima hingga tujuh tipe bra berbeda yang dapat digunakan untuk setiap kesempatan. Berikut daftarnya:

  • Standar, ini adalah bra yang bisa dipakai di bawah pakaian apa saja. Beli dalam warna nude atau netral sehingga dapat berfungsi untuk tampilan sehari-hari.
  • Strapless/convertible, terutama jika Moms kerap membeli pakaian tanpa tali, bra yang satu ini penting dimiliki.
  • Sport bra, jangan lupakan bra olahraga. Temukan satu ukuran yang pas, yang menopang payudara dengan baik dan memiliki tali pengikat. Terutama jika Moms sering melakukan olahraga kardio.
  • Bralette, bralette tidak hanya untuk wanita dengan payudara kecil. Penggunaan bralette pun juga untuk kemeja backless, atau sekadar menjadi pakaian dalam yang nyaman.
  • Bra playful. miliki setidaknya satu bra yang membuat Moms merasa seksi dan cantik. Entah itu bra berenda, warna-warni, atau berpola.

Mencuci Bra dengan Tangan

merawat bra-2.jpeg

Moms mungkin sudah mendengarnya jutaan kali, tetapi cara merawat bra yang benar adalah dengan mencuci bra menggunakan tangan. Ini jauh lebih baik ketimbang mencuci dengan mesin cuci. Bra akan lebih awet.

Cukup masukkkan bra ke dalam baskom dan rendam sebentar dengan deterjen. Setelah 15-30 menit, keluarkan bra dan bilas.

Meski benar-benar membutuhkan sedikit usaha, tapi sangat pantas untuk membuat bra lebih tahan lama dan awet ketika dikenakan

Mengeringkan Bra dengan Benar

Usai dicuci dengan tangan, saat hendak mengeluarkannya dari air, cukup tepuk-tepuk bra menggunakan handuk, tetapi jangan terlalu agresif.

Setelah air sudah cukup berkurang, gantung di gantungan dengan meletakkan posisi di tengah-tengah cup, bukan menggantung talinya, biarkan hingga kering.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Bra yang Tepat

Menyimpan Bra dengan Benar

merawat bra-.jpg

Ternyata, menyimpan bra pun ada aturannya lho, Moms. Mungkin Moms biasanya melipat cup bra menjadi satu untuk penyimpanan yang ringkas. Jangan lakukan itu.

Cup bra yang dilipat akan dengan cepat mengubah bentuk sehingga jadi tampak berbeda. Sebagai gantinya, susun bra seperti di toko saat Moms membeli bra.

Mengganti Bra Agar Lebih Awet

Mungkin bagi beberapa wanita, selalu ingin mengenakan bra yang sama selagi belum kotor. Namun, bergantian memakai bra dapat membuat bra lebih awet.

Jika Moms mengenakan bra yang sama dua hari berturut-turut, karetnya tidak punya cukup waktu untuk kembali ke posisi semula dan akan lebih cepat aus.

Cegah dengan mengganti bra setiap hari, ketimbang mengenakan bra yang sama selama seminggu dan kemudian beralih ke yang berikutnya.

Baca Juga: Mitos dan Fakta Seputar Kesehatan Payudara dan Bra

Itu dia cara merawat bra agar lebih awet. Selamat mencoba!

(AP)

Artikel Terkait