KESEHATAN
5 Juli 2020

Aktivitas Sehari-hari yang Bisa Merusak Mata

Menatap layar terlalu lama bisa jadi salah satu penyebabnya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Kita tahu bahwa kita tidak boleh melihat langsung pada sinar matahari dengan mata telanjang, karena hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan mata yang serius, bahkan dalam beberapa detik saja. Namun sebenarnya ada banyak aktivitas sehari-hari yang bisa merusak mata

Menghabiskan sepanjang hari di depan layar, menggosok mata yang gatal, bahkan menggunakan tetes obat mata terlalu banyak pun bisa berbahaya.

"Tanpa disadari, banyak kebiasaan yang tampaknya tidak berbahaya, namun dapat memengaruhi penglihatan mata secara negatif," kata Weslie Hamada, ahli kacamata dan ahli R&D Johnson & Johnson.

Baca Juga: 6 Tips Menjaga Kesehatan Mata Anak agar Tetap Cemerlang

Ada banyak kegiatan sehari-hari yang bisa membuat mata kering, mata gatal, infeksi, atau menyebabkan masalah yang lebih buruk lagi.

Jika diabaikan tentu akan mengakibatkan kerusakan mata jangka panjang.

Ini 5 Aktivitas Sehari-hari yang Bisa Merusak Mata

Untuk itu, yuk kita mencegahnya dengan mengetahui apa saja aktivitas sehari-hari yang bisa merusak mata. Disimak yuk, Moms!

1. Menggunakan Lensa Kontak Lama

aktivitas yang dapat merusak mata, merusak mata

Foto: Orami Photo Stock

Meskipun tampaknya tidak berbahaya untuk mengenakan lensa kontak hari sebelumnya di keesokan harinya, hal ini akan meningkatkan peluang infeksi mata.

"Orang-orang cenderung menjaga lensa kontak mereka di mata mereka lebih lama daripada yang direkomendasikan, terutama sekali sehari," kata Weslie Hamada, ahli kacamata dan ahli R&D Johnson & Johnson.

Bahkan menurutnya kebanyakan orang tidur dengan lensa kontak masih menempel di mata, padahal hal ini bisa mengakibatkan kerusakan pada mata manusia.

2. Menggosok Mata Termasuk Aktivitas Sehari-hari yang Bisa Merusak Mata

aktivitas yang dapat merusak mata, merusak mata

Foto: Orami Photo Stock

Mungkin menggosok mata akan memberikan kelegaan, apalagi jika mata sedang gatal. Namun hal ini termasuk aktivitas sehari-hari yang bisa merusak mata, karena kita menyebarkan bakteri dan kotoran saat menggosok mata.

“Kita mentransfer kuman ke mata saat menggosoknya, bakteri ini akan menyebabkan mata berwarna merah muda," Jessica Ciralsky, spesialis kornea di Weill Cornell Medicine.

Bahkan menggosok mata pun bisa menyebabkan kerusakan kornea permanen, seperti gangguan yang dikenal sebagai keratoconus di mana kornea menipis dan mulai menonjol ke luar, dan hal ini dapat merusak pembuluh yang rapuh di sekitar mata.

Baca Juga: Jangan Asal, Ini 5 Cara Merawat Lensa Kontak

3. Menggunakan Lensa Kontak saat Berenang

aktivitas yang dapat merusak mata, merusak mata

Foto: Orami Photo Stock

“Memakai lensa kontak saat berada dalam air, baik air laut, kolam, atau bahkan pancuran, dapat berisiko membuat bakteri, bahkan sesuatu yang disebut acanthamoeba, masuk ke mata," jelas Weslie Hamada.

Mikroorganisme ini hidup di air dan tanah segar, dan dapat menyebabkan infeksi serius bahkan kerusakan permanen atau kebutaan jika masuk ke mata.

4. Menggunakan Make Up Mata yang Sudah Kadaluarsa

aktivitas yang dapat merusak mata, merusak mata

Foto: Orami Photo Stock

Meskipun secara fisik mungkin kita akan merasa sayang jika membuang make up kesayangan, namun penting untuk dilakukan agar tidak merusak mata. Menggunkan riasan mata yang sudah kadaluarsa, bisa mengakibatkan infeksi pada mata.

Menurut American Academy of Ophthalmology, riasan mata harus dibuang setelah tiga bulan dibuka. Beberapa ahli mengatakan enam hingga sembilan bulan tidak masalah untuk maskara, dan lebih lama untuk eye shadows, tetapi lebih baik ambil langkah yang aman

Baca Juga: 5 Trik Makeup biar Makin Cantik dengan Kacamata

5. Menatap Layar Terlalu Lama

aktivitas yang dapat merusak mata, merusak mata

Foto: Orami Photo Stock

Ada alasan mengapa mata kita terkadang terasa lelah setelah menatap layar laptop atau hp terlalu lama. Saat kita berusaha membaca teks kecil di layar kecil dengan cahaya biru, tingkat kedipan mata sebenarnya berkurang.

"Ketika tingkat kedip mata mulai berkurang, demikian juga tingkat produksi air mata," jelas Weslie Hamada. Akibatnya tanpa pelumasan, mata mulai terasa kering dan lelah, yang menyebabkan penglihatan kabur.

Ada juga yang menyebutkan bahwa lebih banyak waktu menatap layar akan mengarahkan kemunduran retina yang tidak dapat dipulihkan, bahkan meningkatkan rabun jauh.

Itu dia beberapa kegiatan yang dapat merusak mata. Jadi pastikan untuk dihindari ya Moms!

Artikel Terkait