KELUARGA
6 September 2019

Aktivitas Seru di Musim Panas Bersama Si Kecil

Ini aneka permainan anak yang bisa Moms lakukan bersama Si Kecil di musim panas.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Musim panas memang tidak selalu menyenangkan. Si Kecil pasti akan sering merasa gerah, lengket, dan kepanasan. Namun, musim panas juga bisa jadi musim yang menyenangkan untuk mencoba aneka permainan anak bersama Si Kecil, lho.

Berikut ini beberapa ide aktivitas outdoor dan permainan yang bisa Moms dan Dads lakukan bersama Si Kecil di musim panas ini. Dijamin bisa membuat Si Kecil jauh dari rasa bosan!

Membangun Istana Pasir di Pantai Bersama Si Kecil

keluarga, balita

(Foto: ritzcarlton.com)

Rencanakan weekend keluarga dengan mengunjungi pantai yang terdekat dari lokasi rumah. Mengajak Si Kecil bermain pasir dan membangun istana dapat membantu sensori dan motorik halusnya lebih terlatih lagi. Tak hanya itu, bebaskan ia membangun istana pasir kesukaannya. Ini juga dapat merangsang kreativitas balita sejak kecil, lho.

Baca juga:4 Ide Bermain Dengan Balita Mama Saat Weekend

Bermain di Taman Sambil Belajar Tentang Alam

keluarga, balita

(Foto: verywellfamily.com)

Alam selalu menjadi sahabat terbaik untuk Si Kecil. Dikutip dari British Journal of Educational Psychology, para peneliti mengatakan bahwa ruang hijau sangat membantu perkembangan otak anak. Jadi, semakin sering Si Kecil diperkenalkan dengan alam, taman, dan tumbuhan maka semakin baik pula perkembangan otak mereka di masa tumbuh kembangnya ini.

Biasanya di taman juga tersedia aneka permainan anak yang bisa dicoba Si Kecil.

Play Date dengan Tema Pool Party

keluarga, balita

(Foto: theswimacademy.com)

Play date selalu menjadi momen yang paling menyenangkan untuk balita. Moms dan Dads bisa mengadakan acara dengan tema pool party yang lekat dengan musim panas. Jika bisa dilakukan di kolam renang sendiri tentu sangat menyenangkan.

Namun, untuk Moms dan Dads yang tidak punya kolam di halaman rumah tak perlu berkecil hati. Cukup siapkan kolam renang karet untuk Si Kecil bermain air bersama teman-temannya. Siapkan bola warna-warni serta beragam mainan karet lainnya.

Jangan lupa untuk menyiapkan buah-buahan serta camilan sehat yang dapat membantu Si Kecil tetap kenyang dan terhidrasi.

Baca juga:6 Tahap Bermain Balita Sesuai Dengan Perkembangan Sosialnya

Bersepeda di Sore Hari

keluarga, balita

(Foto: thebikehaven.com)

Ajak Si Kecil berkeliling naik sepeda di sekitar rumah. Dikutip dari BetterHealth Channel, kegiatan bersepeda dipercaya dapat melatih tulang Si Kecil jadi lebih kuat. Selain itu, naik sepeda dapat membantu mengurangi tingkat stres, memperkuat otot, dan tentunya ini adalah salah satu cara yang menyenangkan untuk tetap sehat.

Si Kecil pasti senang saat bertemu dengan teman-teman barunya selagi ia bersepeda, baik di sekitar rumah maupun di taman bermain.

Berkebun

keluarga, balita

(Foto: installitdirect.com)

Tak perlu menyediakan lahan yang luas, cukup berkebun di depan rumah saja, Moms dan Dads. Kegiatan berkebun bersama Si Kecil dipercaya dapat membantu anak mengenal alam lebih dini, membantu anak mengenal konsep healthy eating, dan juga mengajarkan tentang tanggung jawab.

Sediakan pot-pot kecil dan beberapa bibit tanaman. Ajak Si Kecil bermain tanah dengan melibatkan dirinya dalam proses penanaman bibit. Ciptakan rencana bersama kapan harus menyiram dan kapan harus menjemur. Dijamin Si Kecil tidak akan bosan berpanas-panasan selama ia berkebun bersama Moms dan Dads.

Baca juga:Balita Bermain Dengan Hujan, Apakah Diperbolehkan?

Catatan untuk Moms dan Dads, sebelum mencoba aneka permainan anak di atas pastikan kulit Si Kecil sudah dilindungi dengan krim tabir surya yang aman untuk anak seusianya. Sediakan topi dan juga kacamata lucu untuk untuk melindungi mata serta kepalanya dari panas matahari. Pastikan juga Si Kecil selalu terhidrasi.

(ERN/KM)

Artikel Terkait