SELEBRITI
11 Oktober 2019

Ammar Zoni dan Irish Bella Beberkan Kronologis Meninggalnya Dua Putri Mereka dalam Kandungan

Akhirnya Ammar Zoni dan Irish Bella memberi penjelasan ke publik

Sumber: instagram.com/_irishbella_

Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Menanggapi kabar bayi kembarnya yang meninggal, akhirnya Irish Bella muncul ke publik untuk memberikan penjelasan lebih lanjut. Di kediaman mereka di kawasan Cinere, Depok, Jawa Barat pada Kamis (10/10), keduanya bertemu dengan awak media.

Di dampingi oleh Ammar Zoni, keduanya kompak mengenakan busana bernuansa hitam. Irish Bella mengatakan, hal ini sebagai bukti jika mereka masih merasakan duka yang sangat mendalam.

Baca Juga: Anak Kembar Irish Bella Meninggal dalam Kandungan, Ini 5 Penyebab Janin Meninggal dalam Kandungan

Bayi kembar Irish Bella dan Ammar Zoni, diketahui meninggal di dalam kandungan pada Minggu (6/10).

Tangis Irish Bella pecah, ketika Ammar Zoni menceritakan kondisi bayi kembarnya sebelum meninggal dan kronologisnya.

1. Kaki Bengkak hingga Tidak Bisa Berjalan

bayi kembar Irish Bella

Foto: KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Dikutip dari Dream.co.id, Irish menjelaskan bahwa dirinya merasa ada yang aneh dengan kehamilannya. Kaki Irish bengkak hingga membuatnya tidak bisa berjalan sejak usia kandungannya menginjak 22 minggu.

Hal ini terbilang janggal mengingat banyak ibu hamil mengalami kaki bengkak di usia kandungan yang sudah memasuki trimester tiga.

" Bengkak kaki aku susah jalan. Enggak wajar sampai pakai kursi roda. Kirain bengkak karena hamil atau apa. Itu mulai ada tanda-tanda," kata Irish Bella di Cinere, Depok, Jawa Barat, Kamis (10/10) seperti dikutip dari Dream.co.id.

Irish mengatakan, kakinya bengkak ketika dirinya babymoon ke Bali bersama sang suami. Melalui unggahan Instagram Story, Irish membagikan cerita mengenai kondisinya tersebut.

"Baru diajak liburan pertama selama hamil dan pertama kali juga naik pesawat setelah hamil, kaki lagsung bengkak dong," tulis Irish dalam Istagram Story yang diunggah akhir Agustus lalu.

Selain kaki bengkak, tidak ada kejanggalan lain yang dirasakan Irish.

"Makanya terlalu santai apa gimana. Soal kondisi baik kan efek batinya sendiri. Akunya santai makanya sering liburan," ujarnya.

2. Masuk Rumah Sakit 2 Minggu setelah Babymoon

bayi kembar Irish Bella

Foto: instagram.com/_irishbella_/

Tepat dua minggu setelah babymoon ke Bali, Irish harus dirawat di rumah sakit. Dikutip dari unggahan Instagram Story-nya, Irish tidak menyangka dirinya harus dirawat di rumah sakit.

Menurutnya, kunjungannya ke rumah sakit kala itu hanyalah untuk pemeriksaan rutin untuk mengecek perkembangan janin kembarnya.

Singkat cerita, setelah pemeriksaan USG, Irish tiba-tiba mengalami oendarahan hebat. Irish pun merasakan kontraksi yang hamir 5 menit sekali.

"Langsung deh dipaksa untuk dirawat dan diobservasi penyebabnya," jelasnya.

Irish melanjutnya, karena ini kehamilan pertama, Irish mengaku tidak punya bayangan sama sekali seperti apa itu kontraksi. Tidak heran, ketika perutnya kencang karena kontraksi, Irish menganggapnya sebagai hal yang wajar dan tidak menanggapinya dengan serius.

"Ternyata kalau perut kencang itu artinya kontraksi. Aku baru tahu dong. Aku pikir selama ini itu hal yang wajar," tulisnya.

Melalui channel YouTube-nya, Ammar menjelaskan bahwa tekanan darahnya istrinya menurun, tetapi HB-nya bagus, leukositnya agak menurun terjadi indikasi infeksi di saluran kemihnya.

"Alhamudulillah tidak masalah karena masih indikasi dan sudah dapat penanganan dari dokter," kata Ammar.

Baca Juga: Sempat Dialami Irish Bella, Ini Bahaya Infeksi Saluran Kemih pada Ibu Hamil

3. Masih Harus Bedrest di Rumah

bayi kembar Irish Bella

Foto: instagram.com/_irishbella_/

Keluar dari rumah sakit, Irish masih harus betul-betul menjaga kandungannya. Melalui unggahannya pada awal Oktober lalu ketika usia kandungannya memasuki 26 minggu, Irish mengatakan kakinya masih saja bengkak dan perutnya masih sering kram sehingga dia masih belum bisa banyak keluar rumah.

4. Kondisi Janin Sudah Bahaya saat Tiba di RS

bayi irish bella.jpg

Foto: instagram.com/_irishbella_/

Pada Jumat (4/10) Irish kembali dilarikan ke rumah sakit. Dikutip dari Matamata.com, dr. Gatot Abdurrazak, Sp.OG, dokter yang menangani Irish Bella, mengatakan, keadaan Irish Bella sudah dalam kondisi berbahaya saat tiba di RS Harapan Kita.

Menurutnya, anak kembar pasangan yang menikah pada 28 April 2019 lalu itu meninggal setelah menderita penyakit mirror syndrome. Dan Irish Bella datang ke rumah sakit terlambat sehingga bayi kembarnya tidak bisa diselamatkan.

"Jadi Irish datang Jumat (4/10) pagi sudah stage 4 (kondisi bahaya). Janin yang resipien (penerima darah) sudah bengkak jantungnya. Seluruh tubuh bengkak dan pertumbuhannya kecil," ungkap dr Gatot Abdurrazak dalam konfrensi pers di RS Harapan Kita, Jakarta Barat, Senin (7/10).

Pada hari Minggu (6/10), dokter kembali memeriksa keadaan Irish dan anak kembarnya. Saat itu kata dr. Gatot, detak jantung calon bayi masih ada. Namun, keadaan Irish semakin memburuk.

Pihak rumah sakit kemudian langsung memindahkan Irish ke dalam ruangan HDU (high dependency unit), guna memberikan pertolongan bagi si jabang bayi dan sang ibu. Sayangnya, anak kembar Irish dan Ammar itu tak terselamatkan.

Anak kembar berjenis kelamin perempuan itu dinyatakan meninggal dunia pada Minggu (6/10).

Baca Juga: Mengenal Mirror Syndrome, Sindrom yang Menyebabkan Irish Bella Kehilangan Anak dalam Kandungan

5. Operasi Caesar untuk Mengambil Janin

irish bellaa.jpg

Foto: instagram.com/_irishbella_/

Dikutip dari Kapanlagi.com, tim dokter pun melakukan operasi caesar untuk mengambil kedua janin tersebut.

Saat pengambilan janin, kondisi fisik Irish baik. Namun secara mental ia drop, dan tidak mengikuti proses pemakaman kedua anak kembarnya yang langsung dimakamkan pada Minggu, (6/10) malam.

Setelah bayi kembar tersebut meninggal, Irish Bella sebenarnya tidak diperbolehkan untuk bertemu dengan sang bayi.

Namun ia tetap melihat buah hatinya dan langsung menangis sejadi-jadinya. Bahkan menurut Ammar Zoni, jahitan pasca operasi milik Irish Bella hampir terbuka kembali, akibat tangisnya tersebut.

Itulah kronologis meninggalnya anak Irish Bella dalam kandungan. Semoga Irish dan Ammar tetap diberikan ketabahan ya Moms.

Artikel Terkait