3-5 TAHUN
12 Maret 2020

Anak Hilang di Mal? Lakukan 4 Hal Ini!

Saat Moms sadar anak hilang di mal, lakukan langkah-langkah ini untuk menemukannya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Banyak keluarga suka menghabiskan waktu senggang dengan jalan-jalan di mal. Anak juga umumnya suka jalan-jalan di mal karena selain tempatnya luas, mereka juga bisa mengeksplorasi berbagai hal baru dan menarik di sana.

Bagi orang tua, salah satu kekhawatiran mengajak anak, terutama balita, jalan-jalan ke mal adalah anak hilang di mal.

Maklum, anak balita umumnya sangat aktif dan senang berlarian ke sana ke mari. Bila orang tua melepaskan pandangan dari Si Kecil sebentar saja, kadang sulit untuk mencari keberadaannya. Apalagi bila kondisi mal sedang sangat ramai pengunjung.

Menurut American Academy of Pediatrics, anak kecil memang punya rasa penasaran yang tinggi. Tidak heran jika melihat hal lain yang menarik perhatian, mereka akan langsung berlari ke arah itu. Mereka pandai sekali kabur.

Idealnya, Moms dan Dads telah memberikan penjelasan kepada anak tentang mal yang ramai dan tindakan yang perlu dilakukan bila Si Kecil terpisah dari Moms dan Dads.

Baca Juga: Ingin Anak Cerdas dan Mandiri? Ini Tipsnya Menurut Psikolog!

Hal yang Perlu Dilakukan saat Anak Hilang di Mal

Bila saat sedang jalan-jalan anak hilang di mal, segera lakukan langkah-langkah berikut untuk menemukannya kembali.

1. Cari di Sekitar Tempat Menghilang

lost-child.jpg

Foto: Babyology

Bila Si Kecil tak ada di dekat Moms, segera cari ia di sekitar tempat Moms berdiri sambil memanggil namanya.

Perhatikan juga toko atau etalase di dekat Moms, kira-kira benda apa yang bisa menarik perhatian anak dan membuatnya terlalu fokus di situ.

Dikutip dari situs Parents, bila anak hilang dari pandangan Moms dalam hitungan menit, kemungkinan besar ia masih berada tak jauh dari tempat Moms berdiri.

2. Bertanya kepada Petugas Toko

__-drz-__-N9fPfXdlabg-unsplash.jpg

Foto: Unsplash

Sambil mencari dan memanggil Si Kecil, Moms juga bisa bertanya kepada petugas toko terdekat apakah ia melihat anak dengan ciri-ciri Si Kecil.

Walaupun ia tidak melihat Si Kecil, tetapi ia jadi tahu bahwa ada orang tua yang kehilangan anak. Ia juga bisa memberitahu rekannya ada anak hilang di mal sehingga lebih banyak orang yang bisa ikut membantu mencari Si Kecil.

Baca Juga: 6 Tips Membesarkan Anak Tunggal agar Tumbuh Mandiri dan Penuh Empati

3. Cari di Toko Mainan

kidzstation5-e1581428442205.jpg

Foto: Lippo Mall Kemang

Kadang, saking senangnya melihat toko mainan, anak akan langsung masuk tanpa berpikir apakah Moms atau Dads ada di dekatnya.

Jika di dekat area Moms berdiri terakhir terdapat toko mainan, cobalah mencari Si Kecil di situ.

4. Melapor ke Petugas Keamanan

2017_10_12_33952_1507794312._large.jpg

Foto: The Jakarta Post

Jika Moms sudah melakukan langkah-langkah di atas selama lebih dari 10 menit dan tetap tidak menemukan Si Kecil, segeralah melapor ke petugas keamanan mall. Mereka akan menyebarkan informasi mengenai anak Moms yang hilang sehingga petugas lain ikut mencarinya.

Selain itu, Moms juga akan diminta memberitahu ciri-ciri anak karena pihak mal akan mengumumkan berita anak hilang di mal melalui pusat informasi.

Baca Juga: Menumbuhkan Kemandirian pada Anak

Saat anak hilang di mal, orang tua pasti cemas dan panik. Meski begitu, cobalah untuk tenang dan fokus pada upaya pencarian Si Kecil. Dengan bantuan banyak pihak, Si Kecil dapat lebih mudah ditemukan.

Untuk mengantisipasi anak hilang di keramaian, tidak ada salahnya Moms menuliskan nomor ponsel di lengan Si Kecil. Sehingga, jika dia hilang dan ditemukan orang lain, Moms akan dengan mudah bisa dihubungi.

(AN)

Artikel Terkait