BALITA DAN ANAK
4 April 2020

Bolehkah Anak dengan Otitis Externa Berenang? Ini Jawabannya!

Simak dengan baik ya, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ninta
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Berenang bagi sebagian besar anak adalah sebuah kegiatan yang menyenangkan dan paling ditunggu di akhir pekan. Mulai dari yang sedang belajar sampai yang sudah andal pasti akan sangat menikmati kegiatan ini, termasuk juga anak Moms.

Namun, apa jadinya jika ternyata Si Kecil terserang infeksi telinga luar atau otitis externa? Bolehkah anak otitis externa berenang?

Penyebab Otitis Externa pada Anak

anak otitis externa berenang

Foto: LittleGuideDetroit

Penyebab utama infeksi telinga luar atau disebut telinga perenang atau otitis externa adalah tumbuhnya jamur di telinga balita akibat adanya air yang terperangkap di saluran telinga.

Selain itu, penyakit ini juga bisa disebabkan karena balita terlalu lama berada di tempat yang hangat dan lembab, trauma ke saluran telinga, proses membersihkan telinga yang terlalu keras, adanya benda asing di saluran telinga hingga eksim dan bentuk-bentuk dermatitis lainnya.

Gejala infeksi otitis externa pada balita biasanya ditandai dengan kemerahan di telinga luar, merasa ada yang menyumbat telinganya, gatal di telinga, rasa sakit terlebih saat menyentuh atau menggoyangkan telinga, adanya pembengkakan di leher atau di saluran telinga, dan mengalami gangguan pendengaran.

"Jika gejalanya tidak membaik setelah satu atau dua hari atau jika gejalanya parah, pergi ke dokter," kata dokter Eugene Chio, MD, asisten profesor di departemen otolaringologi di The Ohio State University Wexner Medical Center di Columbus.

Baca Juga: Mengenal Otitis Media, Infeksi Telinga Tengah pada Bayi

Perlu Moms pahami juga bahwa dokter tidak akan meresepkan antibiotik untuk infeksi telinga anak. Menurut dokter David Tunkel, MD, direktur otolaringologi pediatrik di Johns Hopkins Medicine di Baltimore banyak infeksi telinga yang bisa sembuh tanpa antibiotik.

Sebab, menurut American Academy of Family Physicians, cairan apa pun di belakang gendang telinga akan hilang dalam waktu 7-10 hari.

Bolehkah Anak Otitis Externa Berenang?

anak otitis externa berenang

Foto: EyeEm

Dalam masa pengobatannya, anak dengan otitis externa tentu tidak bisa menahan dirinya untuk tidak berenang. Mungkin jika menghindarkan telinganya dari air itu mudah, tetapi tidak saat ia berenang.

Dikutip dari Checkup Newsroom, menurut dokter Natalie Roberge, M.D., spesialis Telinga, Hidung dan Tenggorokan (THT) di Cook Children's, secara umum, berenang dengan infeksi telinga tengah (saat dalam perawatan) tidak menjadi masalah untuk anak-anak.

Namun, anak harus tetap berada di luar air untuk beberapa waktu ketika mengalami otitis externa.

Lalu, catatan yang harus Moms ingat adalah anak dengan otitis externa sangat tidak dianjurkan untuk berenang tiga hari merasakan sakit di telinga dan harus menunggu cairan keluar dari telinga.

Baca Juga: Sejak Umur Berapa Bayi Boleh Belajar Berenang?

Cara Mencegah Anak Terserang Otitis Externa

anak otitis externa berenang

Foto: Healthy Hearing

Mencegah sudah pasti jauh lebih baik daripada mengobati. Jadi, kalau anak Moms memang hobi berenang, lakukan pencegahan sejak awal supaya dia tidak terserang otitis externa yang bisa menjauhkan dia dari hobinya itu.

Apa yang bisa Moms lakukan untuk pencegahannya?

1. Jaga Air agar Tidak Masuk ke Telinga

Ajak Si Kecil berenang dengan menggunakan ban karet. Alat tersebut menjaga bagian kepala Si Kecil tetap kering dan tidak terendam.

Selain itu agar anak otitis externa berenang dengan nyaman, terutama mereka yang gemar menyelam, kenakan penyumbat telinga selama aktivitas di kolam berlangsung.

Gunakan penyumbat telinga lembut yang dirancang untuk berenang dan khusus anak. Hindari penyumbat telinga yang keras, karena dapat melukai atau menyebabkan kerusakan pada telinga anak saat dikenakan.

Baca Juga:

2. Selalu Keringkan Telinga Anak Usai Berenang

Saat berenang tentu saja akan ada air yang masuk ke dalam telinga anak. Ketika dia keluar dari kolam, segera keringkan tubuhnya, termasuk bagian telinga.

Hindari menggunakan cotton buds karena bisa menyebabkan kerusakan pada gendang telinga atau mendorong kotoran telinga ke telinga dalam.

Jadi, pastikan telinga Si Kecil tetap kering agar ia bisa tetap menikmati hobinya ini.

Nah, itu dia Moms penjelasannya apakah anak otitis externa boleh berenang atau tidak? Semoga bermanfaat ya, Moms!

Artikel Terkait