KESEHATAN
11 September 2019

Anak Usia 1 Tahun Belum Tumbuh Gigi, Apakah Normal?

Anak sudah berusia 1 tahun tapi belum tumbuh gigi, normalkah hal tersebut terjadi? Ini ulasannya
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Tiap perkembangan anak tentunya menjadi perhatian orang tua dan mereka mengharapkan yang terbaik bagi pertumbuhan dan perkembangan buah hatinya. Salah satunya adalah memerhatikan pertumbuhan gigi dan kesehatan mulut serta gigi anak. Sedikit masalah atau kejanggalan yang terjadi, bisa membuat Moms panik dan khawatir.

Moms, apakah saat ini merasa khawatir karena gigi Si Kecil yang belum tumbuh padahal sudah menginjak usia 1 tahun? Sebaiknya hilangkan rasa khawatir tersebut, karena nyatanya hal tersebut normal terjadi. Hal ini juga diungkapkan oleh dokter gigi anak, drg. Nydia Hanan, yang saat ini praktik di RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda, RS H. Darjad Samarinda, dan RS Hermina Samarinda ini.

Baca Juga: Kenali Tanda-tanda Bayi Tumbuh Gigi

Anak Usia 1 Tahun Belum Tumbuh Gigi, Normalkah-1.jpg

Adapun pertumbuhan gigi anak dipengaruhi banyak hal, termasuk salah satu di antaranya adalah faktor genetik. Jadi, bisa saja dari riwayat keluarga Moms atau Dads memiliki riwayat perkembangan oral motorik yang lambat hingga memengaruhi pertumbuhan gigi itu sendiri.

“Tenang saja, Moms, banyak anak berusia 1 tahun yang belum tumbuh giginya. Jangan khawatir dan tetap bersabar. Faktor genetik bisa menjadi salah satu pengaruh keterlambatan tumbuh gigi. Sebaiknya lakukan observasi dan ceritakan kepada dokter gigi anak tentang masalah ini,” saran drg. Nydia saat berbincang-bincang melalui Kulwap Orami Community, pada Selasa (9/4) lalu.

Ada banyak cara yang bisa Moms lakukan untuk merangsang pertumbuhan gigi anak, seperti menyikat dan memijat gusinya yang tentunya menggunakan sikat gigi dengan bulu yang lembut, ya, Moms.

“Cara lainnya merangsang pertumbuhan gigi dengan memberikan finger food dengan varian tekstur. Misalkan dengan daging-dagingan yang dapat merangsang pertumbuhan gigi dan rahangnya, melalui otot-otot di sekitar mulutnya. Setiap cara yang Moms lakukan harus tetap bersabar, ya,” lanjut drg. Nydia yang juga tergabung sebagai anggota IDGAI (Ikatan Dokter Gigi Anak Indonesia) Jawa Timur ini.

Baca Juga: Kenali Proses Pertumbuhan Gigi Bayi

Tanda Umum Anak Tumgi

Anak Usia 1 Tahun Belum Tumbuh Gigi, Normalkah-2.jpg

Foto: mamanatural

Tumbuh gigi atau tumgi pada anak tidak berlangsung begitu saja melainkan ia menunjukkan beberapa tanda yang harus Moms ketahui. Adapun beberapa tanda umum yang muncul saat anak tumgi adalah sebagai berikut:

  1. Anak jadi lebih mudah rewel atau menangis;
  2. Air liur jadi lebih sering keluar saat mau tumbuh gigi;
  3. Anak cenderung ingin mengunyah atau menggigit sesuatu;
  4. Anak menolak makan dan mengalami kesulitan tidur.

Baca Juga: Mengenal Natal Teeth, Kondisi Bayi Baru Lahir yang Sudah Tumbuh Gigi

Gigi yang biasanya tumbuh paling awal adalah gigi depan yang paling bawah atau terkadang didahului oleh dua gigi atas. Selanjutnya adalah gigi taring yang akan ditumbuh lalu disusul gigi lainnya dalam beberapa bulan berikutnya. Ketika anak tumbuh gigi pertama kali, sebaiknya Moms langsung mengajari anak untuk menyikat gigi sendiri agar menjadi kebiasaan ke depannya.

Moms, ketahui juga pentingnya mengajari anak untuk menyikat giginya sejak dini. Hal ini untuk melatih anak agar menjaga kebersihan giginya dan mencegah terjadinya gangguan kesehatan gigi dan mulut, salah satunya karies gigi. Karies gigi menjadi infeksi yang merusak struktur jaringan keras gigi, yang ditandai dengan gigi berlubang.

Karies gigi yang tidak ditangani dapat menyebabkan nyeri, kematian saraf gigi (nekrosis) dan infeksi periapikal dan infeksi sistemik yang bisa membahayakan penderita, dan bahkan bisa berakibat kematian. Salah satu pemicunya adalah tidak menjaga kebersihan gigi. Untuk itu, ajarkan anak untuk menjaga kesehatan giginya sejak dini, ya!

Artikel Terkait