SELEBRITI
1 Juni 2019

Ani Yudhoyono Meninggal Dunia, Simak Kenangan Hangatnya Bersama Keluarga

Seluruh keluarga selalu setia mendampingi perawatan Ani Yudhoyono
placeholder

Sumber: instagram.com/aniyudhoyono

placeholder
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Setelah berjuang melawan kanker darah sejak 2 Februari 2019, Ani Yudhoyono meninggal dunia pada 1 Juni 2019 pukul 11.50 waktu Singapura.

Istri Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini berpulang di usia 66 tahun di National University Hospital (NUH), tempat ia dirawat selama beberapa bulan terakhir.

Kesehatan Ani Yudhoyono mengalami penurunan dan harus dirawat di ruang Intensif Care Unit (ICU) NUH pada 29 Mei 2019.

“11.50 meninggal dunia. mohon doanya. Kami menunggu informasi dari keluarga SBY,” ujar Imelda Sari, Ketua Komunikasi Partai Demokrat, dilansir dari KompasTV. Imelda mengatakan bahwa seluruh keluarga mendampingi Ani Yudhoyono.

Selama masa perawatannya, seluruh keluarga Ani Yudhoyono selalu bergantian menjaganya, terutama SBY yang tidak pernah absen menemaninya.

Ani Yudhoyono memang dikenal sebagai sosok yang sangat dekat dengan keluarga. Ia seringkali membagikan momen-momen bahagia bersama suami, anak, dan menantunya di akun media sosialnya. Mari kita simak beberapa kenangan indah Ani Yudhoyono bersama keluarga:

Baca Juga: Empat Bulan Berjuang Melawan Kanker, Ani Yudhoyono Tutup Usia di Singapura

1. Ani Yudhoyono Bersama Ibas dan Agus Kecil

Ani Yudhoyono meninggal dunia

Ani Yudhoyono memang cukup sering membagikan foto-foto jadulnya bersama keluarga, mulai dari anak-anaknya bayi sampai remaja. Sejak dulu, keluarga kecil ini memang sangat harmonis ya?

Mereka juga sering traveling di dalam serta luar negeri bersama, lho. Ibas dan Agus kecil juga terlihat dekat dengan kedua orang tuanya.

2. Merayakan Ulang Tahun Agus

Ani Yudhoyono meninggal dunia

Momen paling membahagiakan bagi Ani Yudhoyono adalah ketika seluruh keluarganya bisa berkumpul.

Di foto ini, keluarga Yudhoyono merayakan ulang tahun Agus yang ke-40 pada 10 Agustus 2018 lalu.

Pada caption foto, Ani Yudhoyono juga menuliskan sedikit cerita tentang harapannya pada sang anak sulung.

“Hati ibumu begitu bahagia mendengar tangis pertamamu. Spontan terucap do’a semoga engkau tumbuh sehat dan kelak akan menjadi manusia yang berguna bagi keluarga, nusa, bangsa, dan agamamu,” tulisnya.

3. Merayakan Ulang Tahun Cucu Pertama

Ani Yudhoyono meninggal dunia

Cucu pertama Ani Yudhoyono dan SBY, Almira Tunggadewi Yudhoyono memasuki usia ke-10 pada 17 Agustus 2018.

Akibat kedua orang tuanya sedang menunaikan ibadah haji di Tanah Suci, Almira pun memilih merayakan ulang tahunnya bersama sang Memo dan Pepo (sebutan Ani dan SBY). Seharian itu, Almira makan di restoran bersama Memo dan Pepo, serta jalan-jalan di mal.

Ani Yudhoyono menceritakan bahwa ia masih sangat mengingat jelas kelahiran Almira dan betapa bahagianya ia serta SBY di hari tersebut sampai tidak bisa berhenti tersenyum. Kelahiran cucu memang selalu membawa kebahagiaan tersendiri!

Baca Juga: Kesehatan Ani Yudhoyono Dikabarkan Memburuk, Ini 5 Pengobatan yang Harus Dilalui Penderita Kanker Darah

4. Seru Nonton Asian Games

Ani Yudhoyono meninggal dunia

Ani Yudhoyono tidak mau ketinggalan menonton Asian Games yang diadakan tahun lalu di Indonesia. Dia, SBY, Ibas, Aliya, dan cucu-cucunya pun bersama menonton Asian Games, kompak sekali ya?

Ia juga mengingatkan agar kita selalu mendukung tim nasional Indonesia. “Menang... alhamdulillah... kalah tak perlu marah... Perbaiki prestasi di masa depan,” ujarnya pada caption foto tersebut.

5. Salat Ied dengan Mukena Kompak

Ani Yudhoyono meninggal dunia

Pada Idul Fitri tahun lalu, Ani Yudhoyono mengenakan mukena seragam dengan Annisa, Aliya, dan Almira. Cantik-cantik sekali bukan?

6. Kompak Berseragam Biru

Ani Yudhoyono meninggal dunia

Masih di momen Idul Fitri tahun lalu, kali ini seluruh keluarga kompak menggunakan baju seragam berwarna biru. Kehangatan keluarga Ani Yudhoyono dan SBY pun semakin terpancar di foto ini.

7. Ulang Tahun dengan Keluarga

Ani Yudhoyono meninggal dunia

Ani Yudhoyono merayakan usia 66 tahun pada 6 Juli tahun lalu bersama keluarganya. Ia bercerita bahwa salah satu cucunya, Airlangga kaget begitu tahu sang Memo berusia 66 tahun.

“Ketika Airlangga mencium pipi saya dan mengucapkan: “Happy birthday Memo. How old are you?” Saya menjawab “Sixty-six”. Airlangga melebarkan mata, bingung mungkin... kok banyak sekali....” kelakarnya di caption.

8. Ditengok Cucu

Ani Yudhoyono meninggal dunia

Ketika perawatan kanker darah Ani Yudhoyono dimulai di NUH, cucu-cucunya tidak ketinggalan menengok Memo. Walaupun mereka hanya bisa menyapa dari kaca, Ani sangat bahagia atas kedatangan cucunya.

9. Dijaga oleh Agus dan Ibas

Ani Yudhoyono meninggal dunia

Agus dan Ibas pun bergantian menjaga sang ibunda di rumah sakit. Ani kerap kali mengekspresikan kebahagiaannya saat kedua anaknya datang untuk menemaninya melakukan perawatan.

Baca Juga: Ani Yudhoyono Dijenguk oleh Cucu, Ini 6 Bukti Kedekatan Keduanya Sejak Dulu

10. Ditemani Menantu-menantunya

Ani Yudhoyono meninggal dunia

Tidak hanya sang anak, Ani Yudhoyono juga didampingi oleh menantu-menantunya, Anissa dan Aliya. Ia bahkan menyebut Anissa sebagai Suster Annisa.

11. SBY yang Tak Pernah Lelah Menemani

Ani Yudhoyono meninggal dunia

Meski anak, cucu, dan menantunya sigap menjaganya, tak ada yang lebih setia dibanding sang suami.

SBY dengan setia mendampingi pengobatan kanker darah Ani Yudhoyono, ia juga menemani Ani berjalan-jalan keliling rumah sakit sebagai bentuk olahraga, juga berjemur di bawah sinar matahari bersama.

Walau Ani Yudhoyono telah tutup usia ke Yang Kuasa, kenangan-kenangannya bersama keluarga dan kerabat dekatnya tentu tidak akan terlupakan. Semoga Ani Yudhoyono tenang di sana dan keluarga mendapatkan ketabahan.

Sumber foto: instagram.com/aniyudhoyono

Artikel Terkait