KEHAMILAN
27 Mei 2020

Efektifkah Hypnobirthing Menjelang Persalinan? Simak Penjelasannya di Sini

Mengatasi ketakutan jelang persalinan beberapa Moms melakukan hypnobirthing.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Phanie Fauziah
Disunting oleh Dina Vionetta

Beberapa ibu hamil akan merasakan ketakutan terhadap persalinan. Setelah mereka merasakan berbagai macam perubahan fisik maupun hormon dengan segala risikonya, pasti ibu hamil mendambakan proses persalinan yang berkesan, mudah, dan tanpa rasa sakit.

Namun, bukan menjadi sesuatu yang membuang-buang waktu, Moms dapat melakukan berbagai cara agar mengurangi rasa sakit saat persalinan dengan salah satunya melakukan hypnobirthing.

Agar lebih memahami, berikut ini merupakan penjelasan mengenai apa itu hypnobirthing, bagaimana cara kerja hypnobirthing, dan apa hypnobirthing efektif mengurangi rasa sakit saat persalinan.

Apa Itu Hypnobirthing

Efektifkah Hypnobirthing Menjelang Persalinan.jpg

Foto: centredmums.com

Menurut Grantly Dick-Read, MD, dokter kandungan dari Inggris yang menulis buku Childbirth Without Fear tahun 1944, penggunaan hipnosis membantu wanita bekerja mengatasi apa yang disebut Fear-Tension-Pain syndrome atau ketakutan, ketegangan, dan rasa sakit yang membuat persalinan lebih sulit.

Sindrom tersebut dapat menyebabkan darah mengalir dari organ yang tidak penting seperti rahim ke kelompok otot besar di bagian kaki.

Relaksasi yang dicapai melalui hipnosis akan mencegah hal tersebut terjadi. Ibu hamil dengan bantuan hipnosis akan membuat tubuhnya dalam keadaan relaksasi yang mendalam, di mana otot-otot tubuh dapat bekerja dengan cara yang seharusnya selama persalinan.

Beberapa di antaranya yang melakukan hypnobirthing merasakan perasaan santai, tenang, sadar, dan terkendali.

Baca Juga: Apakah Hypnobirthing Cocok dengan Kita? Simak Penjelasannya di Sini, Moms!

Teknik Hypnobirthing

Efektifkah Hypnobirthing Menjelang Persalinan 2.jpg

Foto: hypnobirthing.ruhr

Dikutip dari Journal of Family Health, rasa takut akan mengaktifkan mekanisme fight-or-flight sebagai respons fisik tubuh yang akan mengaktifkan hormon stres di otak atau katekolamin yang menciptakan rasa sakit berlebih dan akan menghambat persalinan.

Proses hypnobirthing didasari oleh kekuatan sugesti. Saat persalinan, Moms akan menggunakan afirmasi positif dan sugesti untuk merilekskan tubuh, membimbing pikiran, dan mengendalikan napas.

Moms dapat melakukannya sendiri (self-hypnosis) atau menerima bantuan dari ahli hipnoterapi

Beberapa ibu hamil biasanya menggunakan jasa hipnoterapis yang profesional dan bersertifikat untuk membimbing self-hypnosis.

Saat proses pembelajarannya, mereka akan memainkan rekaman afirmasi verbal yang membantu mereka memasuki keadaan tenang.

Kemudian, mereka akan menampilkan beberapa visualisasi seperti bunga yang sedang membuka kelopaknya dengan tujuan menggambarkan apa yang terjadi dan mencapai relaksasi. Keberadaan hipnoterapis tergantung pada kebutuhan Moms selama persalinan.

Beberapa dapat mudah melakukan self-hypnosis dan beberapa lainnya merasa lebih baik ketika dibantu hipnoterapis.

Baca Juga: Hipnoterapi, Bisakah Mengatasi Infertilitas?

Manfaat Hypnobirthing

Efektifkah Hypnobirthing Menjelang Persalinan 3.jpg

Foto: moneycrashers.com

Apa hypnobirthing efektif selama persalinan? Hal ini tentu tergantung bagaimana ibu melakukan latihan dengan baik atau tidak.

Bagi Moms yang mengikuti hypnobirthing akan mendapatkan manfaat seperti mengurangi rasa mual, muntah dan pusing, mengurangi rasa sakit saat persalinan, mempersingkat waktu persalinan, serta mengurangi stres dan ketakutan saat dan sudah kelahiran.

Ia juga dapat mengurangi risiko komplikasi dalam kehamilan, mengurangi risiko operasi, serta mengurangi kebutuhan obat-obatan dalam mempercepat persalinan.

Selain itu, bayi juga akan lebih tenang setelah kelahiran, mendapatkan ASI lebih banyak, menciptakan ikatan antara ibu dan bayi, serta mengurangi trauma fisik.

Hypnobirthing juga akan melibatkan peran ayah yang ikut serta menjaga ibu tetap fokus dan tenang saat persalinan. Dengan begitu, ayah akan merasakan apa yang dialami ibu secara fisik dan emosional.

Menurut Mayo Clinic, perlu diingat bahwa hypnobirthing dapat digunakan dalam kombinasi dengan banyak teknik melahirkan lainnya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa hypnobirthing mungkin lebih efektif daripada intervensi lain untuk mengurangi nyeri persalinan.

Baca Juga: Benarkah Gentle Birth Membantu Persalinan Lebih Nyaman?

Artikel Terkait