PERNIKAHAN & SEKS
17 Juni 2019

Apakah Anda Terjebak di Dalam Pernikahan Sexless? Ini 3 Tandanya

Kenali tanda-tandanya.
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Keintiman fisik adalah hal yang membuat sebuah hubungan berbeda dan terasa lebih bermakna. Beberapa pasangan terjebak ke dalam kebiasaan untuk melupakan bagian keintiman fisik memasuki tahun kelima pernikahan. Meski berkurangnya keintiman fisik tergolong normal dan ditambah hadirnya momongan semakin membuat sibuk, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, salah satunya keintiman seks.

Pasangan yang dikategorikan sebagai pasangan dengan pernikahan sexless adalah pasangan yang jarang melakukan aktivitas seks atau bahkan tidak sama sekali. Profesor Denise A. Donnelly meneliti studi ini dan ternyata sebanyak 15 persen pasangan yang menikah bisa untuk tidak melakukan seks selama enam bulan hingga satu tahun. Apa penyebab beberapa pasangan ini terjebak dalam pernikahan sexless?

1. Sedang dalam Keadaan yang Stres

Apakah Anda Terjebak di Dalam Pernikahan Sexless Ini 3 Tandanya 1.jpg

Ketika stres, seks mungkin menjadi hal terakhir yang dipikirkan. Kita semua sibuk mengkhawatirkan cicilan, sekolah anak-anak, atau pekerjaan. Stres akut akan membuat hormon kortisol yang berfungsi mengendalikan suasana hati akan berantakan dan membuat hasrat seks menurun.

Jika Moms & Dads sama-sama sibuk, jadwalkan satu hari dalam seminggu untuk seks. Kadang seks memang perlu dijadwalkan agar kita semua tidak lupa bagaimana rasa berhubungan seks.

Baca Juga: 5 Topik Wajib Bicara Seks dengan Suami Agar Pernikahan Langgeng

2. Moms & Dads Memiliki Ekspektasi yang Tidak Realistis Mengenai Seks

Apakah Anda Terjebak di Dalam Pernikahan Sexless Ini 3 Tandanya 2.jpg

Kadang seks memang terasa sangat menggairahkan; dipenuhi dengan orgasme nikmat. Kadang hanya terasa biasa saja. Berharap setiap seks terasa menakjubkan dan luar biasa sebenarnya hanya akan membuat kita semua kecewa.

Ekspektasi yang tidak realistis bisa menciptakan ketegangan dan performa seks yang menurun sehingga akan berujung pada pernikahan sexless. Cobalah untuk mengerti bahwa kadang manusia juga ada kurangnya, sehingga tak perlulah untuk mendapatkan aktivitas seks yang menggebu-gebu dan membara. Yang penting, kenyamanan dan keintiman Moms & Dads terjaga.

Baca Juga: Suami Ketahuan Punya Orientasi Seksual Berbeda Setelah Menikah, Harus Bagaimana?

3. Moms & Dads Sudah Mulai Bosan Satu Sama Lain

Apakah Anda Terjebak di Dalam Pernikahan Sexless Ini 3 Tandanya 3.jpg

Di awal pernikahan, seks akan terasa panas dan menggairahkan. Seiring berjalannya wkatu, beberapa pasangan akan mulai beradaptasi dengan rutinitas yang sama setiap hari sehingga bisa menimbulkan kebosanan, termasuk seks. Cobalah untuk fokus kembali tentang hal erotis yang saling disukai dan apa saja yang bisa bikin bergairah.

Baca Juga: Rahasia Tetap Merasa Seksi Pasca Perceraian

Sama seperti permasalahan hubungan pada umumnya, komunikasi yang lancar adalah kunci utama untuk kebahagiaan hubungan. Bicarakan secara terbuka dengan pasangan agar semua tidak terasa membosankan.

(SN)

Artikel Terkait