KESEHATAN
14 Juni 2019

Apakah Telur Menyebabkan Bisul? Ini Penjelasannya!

Ada juga lho Moms jerawat yang mirip dengan bisul
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Bisul atau abses kulit merupakan infeksi pada kulit yang ditandai dengan kulit kemerahan, disertai dengan benjolan yang lunak.

Bisul umumnya berisi nanah, yaitu cairan dari sel darah putih yang mengandung bakteri dan protein secara bersamaan.

Keadaan kulit ini bisa sembuh jika ia mulai matang, lalu pecah, dan mengering. Penyebab bisul adalah adanya saluran minyak yang tersumbat dan terinfeksi bakteri.

Banyak yang menyebut bahwa telur adalah penyebab bisul. Hal ini masih menjadi perdebatan sampai sekarang.

Lalu benarkah telur termasuk makanan penyebab bisul? Berikut penjelasannya!

Baca Juga: Yuk Hilangkan Komedo Dengan Masker Putih Telur!

Apakah Telur Menjadi Penyebab Bisul?

penyebab bisul

Telur bukanlah penyebab bisul pada tubuh. Justru bisul muncul akibat adanya infeksi bakteri staphylococcus aureus, yang biasa akan kita temui di lingkungan yang kotor.

Akibat bermain di lingkungan yang kotor, maka jangan heran jika timbul rasa gatal pada kulit Si Kecil dan akhirnya tumbuh bisul.

Alasan yang lebih jelasnya lagi, alergi pada telur, dapat menyebabkan timbulnya ruam-ruam atau bintik pada kulit yang disertai dengan rasa mual dan sakit kepala.

Mungkin karena hal ini, sebagian orang salah menafsirkan, hingga menyebut telur sebagai penyebab bisul, padahal tidak benar.

Setelah mengetahui penyebab bisul adalah berasal dari bakteri, dapat disimpulkan bahwa anggapan terlalu banyak mengonsumsi telur dapat menyebabkan bisul adalah tidak benar. Untuk mencegah bisul, kita harus menjaga kebersihan diri, dan lingkungan sekitar kita.

Baca Juga: Kenali Penyebab Bisul Pada Anak dan Cara Mengobatinya

Makanan Penyebab Jerawat Batu yang Mirip Bisul

Namun, beberapa makanan memang bisa memicu berkembangnya jerawat batu alias jerawat kistik yang memiliki ciri-ciri mirip dengan bisul. Makanan apa saja? Yuk kita cari tahu.

1. Makanan Berlemak

jerawat yang mirip dengan bisul, bisul, penyebab bisul

Menurut Dr. Mark Hyman di Huffington Post, asupan lemak jenuh dan minyak nabati olahan seperti minyak jagung dan kedelai mampu menaikkan produksi hormon pertumbuhan yang bisa menyebabkan folikel kulit rentan terinfeksi bakteri.

Selain itu, minyak goreng yang sering dipakai dan kita konsumsi secara tidak langsung di restoran-restoran bisa memicu munculnya jerawat batu yang mirip dengan masalah kulit bisul.

2. Karbohidrat Glikemik Tinggi

jerawat yang mirip dengan bisul, bisul, penyebab bisul

Makanan dengan glikemik yang tinggi seperti roti putih, nasi putih, pasta yang terbuat dari tepung putih, dan sereal manis yang terbuat dari biji-bijian, dapat memicu jerawat yang mirip dengan bisul.

Dalam Journal of American Academy of Dermatology, dibuktikan bahwa diet tinggi glikemik dapat memperparah jerawat yang mirip dengan bisul.

Baca Juga: Berenang Saat Bisul, Bolehkah?

3. Gula

penyebab bisul

Bagi kita yang suka dengan makanan manis, makanan atau minuman yang mengandung gula juga bisa membuat kulit jadi bermasalah lho.

Mengapa? Karena kadar indeks glikemiknya bisa menaikkan gula darah merah dan bisa merangsang produksi minyak dan memicu jerwat yang mirip bisul tumbuh.

4. Susu

jerawat yang mirip dengan bisul, bisul, penyebab bisul

Dr. Hayman juga menyatakan bahwa susu sapi dapat meningkatkan jumlah orang yang terkena jerawat bisul dengan tingkat yang parah. Susu sapi dianggap dapat mempercepat tingkat erupsi hormon dan insulin.

Selain itu juga meningkatkan kadar hormon anabolik, biasanya ada pada suplemen yang digunakan atlet atau binaragawan untuk membentuk otot.

Contohnya androgen seperti testosteron. Androgen ini dapat merangsang kulit dan menimbulkan jerawat kistik yang mirip dengan bisul.

Nah, Moms sekarang sudah tahu kan jika telur bukanlah penyebab bisul. Tapi benar ada beberapa makanan yang dapat menyebabkan jerawat yang mirip dengan bisul. Makanya konsumsilah makanan yang sehat ya!

Artikel Terkait