RUPA-RUPA
19 September 2020

13 Arti Mimpi Gigi Patah, Jangan Panik Moms

Katanya arti mimpi gigi patah berhubungan langsung dengan rasa percaya diri juga, lho!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Amelia Puteri

Mimpi adalah cara pikiran Moms dan Dads untuk menyelesaikan masalah terutama yang tidak bisa diuraikan atau hadapi sepanjang hari. Salah satunya, jika mengalami mimpi gigi patah. Lalu, apa arti mimpi gigi patah?

Mungkin Moms atau Dads bertanya, “Katanya kalau mimpi gigi patah berarti salah seorang anggota keluarga akan meninggal?” ketika mengalami mimpi tersebut di malam hari.

Dilansir dari Mayo Clinic, ahli saraf tidak yakin mengapa manusia dan hewan lain bermimpi.

Tidur dan terutama bermimpi merupakan aktivitas yang berisiko, mengingat orang yang tidur rentan terhadap predator dan bahaya lainnya, sehingga harus menjadi aktivitas penting yang membantu kita untuk bertahan hidup.

Teori terbaik adalah bahwa mimpi adalah alat untuk menghilangkan informasi dan ingatan yang tidak perlu saat memproses data penting. Banyak orang merasa lebih segar setelah bermimpi tidur.

Di sisi lain, menurut situs Ian Wallace Dreams, cara termudah untuk menggunakan impian adalah dengan mulai memperhatikannya. Mereka dipenuhi dengan wawasan dan jawaban yang dapat membantu Moms dan Dads dalam kehidupan sehari-hari.

Bahkan mimpi yang paling menakutkan hanya mencoba membantu kalian menyelesaikan beberapa ketegangan frustrasi dalam kehidupan nyata sehingga dapat melanjutkan hidup.

Arti Mimpi Gigi Patah

arti mimpi gigi patah-1

Foto: Orami Photo Stock

Frontier in Psychology mengungkapkan salah satu penyebab mimpi gigi patah disebabkan oleh stres psikologis, juga kesehatan mental Moms juga Dads secara keseluruhan.

Sehingga, bisa jadi hal-hal tersebut berperan penting dalam menentukan mengapa bermimpi tentang gigi. Lalu, apa sebenarnya arti mimpi gigi patah?

1. Kehilangan Hal yang Penting dalam Hidup

Salah satu arti mimpi gigi patah paling umum berkaitan dengan kehilangan pribadi yang dalam. Ini bisa terkait dengan kematian orang yang dicintai, mengalami perceraian, kehilangan pekerjaan, atau kehilangan rumah.

Ada juga kepercayaan dalam beberapa agama bahwa bermimpi tentang gigi tanggal bisa berarti akan ada kematian dalam keluarga Moms atau Dads.

2. Mengalami Stress Tertentu

Stres, baik yang berhubungan dengan pekerjaan atau rumah, adalah bagian kehidupan yang normal.

Namun, stres yang tidak terkontrol dapat berkembang menjadi reaksi fisik. Arti mimpi gigi patah tentu menjadi kemungkinan jika Moms atau Dads berada di bawah tekanan yang lebih dari biasanya.

3. Ada Kecemasan atau Kekhawatiran

Kecemasan adalah kondisi jangka panjang di mana Moms dan Dads mengalami kekhawatiran dan rasa tidak aman berlebihan yang dapat mengganggu kehidupan sehari-hari.

Rasa cemas dapat menyebabkan gigi bergemeretak di malam hari yang merupakan salah satu penyebab terjadinya mimpi tentang gigi.

Kemungkinan lain dari arti mimpi gigi patah adalah bahwa kecemasan dapat membuat Moms dan Dads khawatir tentang sesuatu yang tidak beres pada tingkat yang ekstrim, sehingga gigi patah.

4. Perubahan Besar yang Sedang Berlangsung

Baik stres dan kecemasan dapat berkorelasi dengan perubahan besar yang akan datang dalam hidup. Ini bisa menjadi arti mimpi gigi patah yang lainnya.

Apakah Moms atau Dads pekerjaan baru yang akan datang, atau pindah ke kota baru atau menikah dan memiliki anak, semua skenario ini dapat memengaruhi alam bawah sadar kalian.

Baca Juga: 10 Arti Mimpi Potong Rambut, Apa Maknanya?

5. Mengalami Depresi

Depresi terdiri dari mengalami perasaan sangat bersalah, putus asa, dan terkadang kesepian dalam jangka panjang. Arti mimpi gigi patah juga bisa karena kondisi depresi yang mungkin sedang dialami.

Ketika Moms dan Dads memiliki harga diri yang rendah, kalian mungkin mulai membayangkan hal-hal yang salah dengan kesejahteraan fisik juga.

Bila hal ini terjadi, maka ada baiknya baik Moms atau Dads untuk berbicara dengan pakar seperti psikolog atau psikiater yang tepat untuk menangani hal ini.

6. Adanya Rasa Cemburu

Arti mimpi gigi patah selanjutnya adalah ada kemungkinan baik Moms atau Dads merasa cemburu atau iri dengan pasangan, teman, atau rekan kerja, energi negatif yang terpendam dapat memengaruhi alam bawah sadar saat tertidur.

Perasaan ini dapat menyebabkan mimpi berkhayal seperti melibatkan gigi termasuk gigi patah.

7. Cara Berkomunikasi

Sementara itu, arti mimpi gigi patah bisa dikaitkan dengan cara berkomunikasi yaitu argumen Moms atau Dads tidak cukup kuat ketika berbicara dengan lawan.

Seorang analis mimpi professional, Lauri Loewenberg, mengungkapkan mimpi yang melibatkan area leher, mulut, atau tenggorokan terkait erat dengan cara berkomunikasi.

8. Tekanan Finansial

Kelly Sullivan Walden, ahli hipnotis bersertifikat dan ahli mimpi menjelaskan arti mimpi gigi patah yang paling umum juga dapat berhubungan dengan tekanan finansial atau perasaan lemah.

“Saya belum pernah bertemu orang pemarah yang memiliki gigi seperti ini dalam mimpi gigi patah,” kata Walden.

Selain itu, ia pun mencatat hubungan antara mimpi ini dan mengertakkan gigi.

"Orang yang memilikinya mungkin orang baik yang bertindak pasif-agresif, atau menahan perasaan mereka," lanjutnya lagi.

Baca Juga: Mimpi Tentang Orang Meninggal? Ternyata Ini 10 Artinya!

9. Khawatir Salah Kata

Moms dan Dads, arti mimpi gigi patah juga bisa berarti kalian khawatir tentang mengatakan hal yang salah. Seorang konselor dan hipnoterapis, Susan Leigh mengatakan arti mimpi gigi patah dapat diartikan sebagai rasa takut untuk mengatakan sesuatu yang memalukan.

Contohnya, bila ada acara jaringan penting yang akan datang. Jika demikian jenis mimpi gigi patah mungkin muncul dari alam bawah sadar. Untuk meredakan kekhawatiran persiapkan diri agar lebih merasa percaya diri.

10. Mempertanyakan Keandalan dan Kepercayaan

Arti mimpi gigi patah menandakan bahwa ada sesuatu yang tidak dapat diandalkan dalam hidup.

Mimpi itu bisa mengarah pada Moms, Dads atau orang lain. Gigi yang patah dapat menunjukkan keraguan atau kekhawatiran atas kondisi kesehatan, penuaan pada tubuh, atau penampilan fisik.

Simbol mimpi ini juga dapat menunjukkan hal-hal yang dikatakan mungkin benar-benar dapat dipercaya atau tidak.

Gigi atau gigi yang patah akan melambangkan rasa bersalah yang dirasakan tentang ingkar janji atau kekhawatiran atas janji yang tidak dapat ditepati.

11. Ada Orang Lain yang Kehilangan Gigi

Arti mimpi gigi patah belum tentu selalu dikaitkan dengan gigi Moms atau Dads. Mungkin juga terjadinya mimpi ini tentang orang lain yang giginya tanggal atau copot.

Skenario yang mungkin termasuk anak-anak kehilangan gigi susu, atau mungkin kecelakaan pada orang dewasa yang giginya patah.

Moms atau Dads bahkan mungkin bermimpi tentang orang dewasa yang lebih tua kehilangan gigi mereka. Ini mungkin menerangi perasaan negatif yang kalian miliki tentang orang lain ini.

Baca Juga: Ini Artinya Mimpi Hamil yang Moms Alami dan Tandanya Bagi Kehidupan

12. Tidak Percaya Diri

Karena senyuman yang bersih sangat erat kaitannya dengan daya tarik dalam budaya kita, masuk akal jika arti mimpi gigi patah dapat menunjukkan masalah harga diri, atau mengungkapkan kekhawatiran mendasar yang entah bagaimana tidak dapat Moms maupun Dads ukur.

Menurut situs interpretasi mimpi DreamMoods, gigi membantu menyampaikan citra daya tarik dan memainkan peran penting dalam permainan rayuan, itulah sebabnya mimpi gigi ini bahkan mungkin berasal dari ketakutan akan penolakan.

"Senyuman menunjukkan bagaimana seseorang mampu menghadapi dunia," kata Tracee Dunblazier, seorang empati spiritual dan penulis. Dan yang tidak sempurna atau benar-benar berantakan -pasti bisa mencerminkan perasaan.

13. Takut Akan Penuaan

Moms atau Dads mungkin merasa takut karena penuaan fisik karena kebanyakan orang tidak suka menjadi tua. Arti mimpi gigi patah bisa dilihat sebagai simbol penuaan.

Bila Moms atau Dads memiliki mimpi seperti itu, itu bisa menggambarkan ketakutan seseorang akan efek penuaan pada kesehatan dan tubuh.

Baca Juga: Ini Artinya Mimpi Hamil yang Moms Alami dan Tandanya Bagi Kehidupan

Arti Mimpi dari Posisi Gigi yang Patah

arti mimpi gigi patah-2

Foto: Orami Photo Stock

Nah, bila Moms atau Dads penasaran arti mimpi gigi atas patah, hal ini berkaitan dengan gender. Alhodhod mengungkapkan gigi atas melambangkan laki-laki. Sedangkan, gigi bawah melambangkan wanita. Berikut ini Pemaparannya:

Gigi Atas

  • Gigi atas adalah laki-laki
  • Gigi seri kanan tengah adalah anak laki-laki, dan gigi seri kiri tengah menunjukkan paman dari pihak ayah. Kalau tidak, mereka adalah dua putra, dua saudara laki-laki atau dua saudara teman;
  • Dua gigi seri lateral adalah sepupu (putra paman dari pihak ayah)
  • Gigi premolar menunjukkan bibi dan paman dari sisi ibu
  • Molar menunjukkan kakek-nenek dan anak laki-laki kecil.

Gigi Bawah

  • Gigi bawah adalah wanita
  • Gigi seri kanan tengah adalah ibu dan gigi seri kiri tengah adalah tante dari pihak ayah. Jika tidak, mereka adalah dua saudara perempuan atau dua anak perempuan
  • Gigi seri lateral adalah putri dari bibi dan paman dari pihak ayah
  • Gigi premolar adalah putri dari bibi dan paman dari pihak ibu
  • Geraham menunjukkan wanita dan anak perempuan relatif
  • Beberapa juga mengatakan bahwa:
  • Gigi sisi kanan menunjukkan kerabat lanjut usia, dari dua jenis kelamin
  • Gigi sisi kiri adalah yang termuda di antara kerabat
  • Gigi depan menunjukkan gigi kecil dari kerabat
  • Gigi taring adalah kerabat usia paruh baya

Baca Juga: Mimpi Menikahi Mantan Pacar, Ini 3 Arti yang Mungkin Menjawabnya!

Jika mengalami mimpi gigi patah secara berulang, pikiran Moms dan Dads mungkin mencoba memberi tahu akan adanya sesuatu. “Mimpi yang berulang sering kali terkait dengan masalah yang sedang berlangsung (mimpi berlanjut hingga masalah tersebut diselesaikan) atau dapat dikaitkan dengan pola perilaku berulang yang perlu diperbaiki. Setiap kali Anda menunjukkan perilaku tersebut, maka memiliki mimpi tersebut,” jelas Loewenberg.

Jika ingin menyingkirkan urutan mimpi gigi patah maka direkomendasikan untuk menghadapinya. Gambar gigi yang patah. Saat kalian banging dari tidur bayangkan kembali mimpi itu tetapi dengan posisi gigi tetap di tempatnya baik gigi atas maupun gigi bawah secara tegas dan kuat.

Selain itu, Moms tidak perlu panik menghadapi mimpi gigi patah. Meskipun, kehilangan gigi dalam mimpi seringkali tidak nyaman, itu bukan alasan untuk panik.

Moms dan Dads masih memiliki hidup yang tetap harus dijalani dan tetap berpikir kritis tentang masalah yang menggelegak di benak. Jadi, tetap berpikir positif walaupun mimpi tersebut menghampiri, ya.

Artikel Terkait