3-5 TAHUN
25 Juni 2019

Atasi Separation Anxiety Balita, Lakukan Ini sebelum Anak Masuk Sekolah

Pastikan balita tidur nyenyak agar moodnya terjaga di hari pertama preschool
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur

Berada di tempat baru dan bertemu dengan banyak orang asing bisa membuat balita mengalami separation anxiety di hari pertama preschool lho, Moms.

Menurut American Academy of Pediatrics, sebenarnya normal kalau balita mengalami separation anxiety atau perasaan sulit berpisah di hari pertama preschool.

Berita baiknya, separation anxiety bisa diredakan dengan sedikit persiapan dan masa transisi sebelum dan pada hari pertama masuk preschool.

Yuk, coba beberapa cara berikut supaya balita tidak rewel dan bisa melalui hari pertama preschool dengan lancar.

Baca Juga: Anak Tidak Mau Sekolah Karena Takut Dengan Guru?

1. Bicarakan tentang Serunya Preschool sejak Jauh Hari

Lakukan Ini Sebelum Hari Pertama Preschool Untuk Mengatasi Separation Anxiety Balita 1.jpg

Foto: Verywellfamily.com

Sebagai bentuk ‘pemanasan’ supaya balita tidak kaget di hari pertama preschool, sejak satu atau dua bulan sebelumnya Moms bisa bercerita tentang suasana serta berbagai aktivitas yang akan dilakukannya di preschool.

Selain akan mengurangi rasa takut dan cemas Si Kecil, berbicara tentang serunya preschool juga membantu Moms lebih siap dan tegar melepas buah hati belajar di hari pertamanya, lho.

2. Sempatkan Mampir Melihat Suasana Preschool

Lakukan Ini Sebelum Hari Pertama Preschool Untuk Mengatasi Separation Anxiety Balita 2.jpg

Foto: Rd.com

Mengajak Si Kecil mampir melihat suasana di ruang kelas dan lingkungan sekolah, sekaligus berkenalan dengan guru juga bisa membantu mengatasi separation anxiety anak preschool.

Jadi di hari pertama nanti Si Kecil merasa aman berada di lingkungan yang sudah pernah dilihatnya, dan belajar dengan guru yang sudah dia kenal sebelumnya.

Baca Juga: 6 Keuntungan Preschool Dengan Metode Montessori

3. Mulai Rutinitas yang Teratur

Lakukan Ini Sebelum Hari Pertama Preschool Untuk Mengatasi Separation Anxiety Balita 3.jpg

Blog.mybrightwheel.com

Katie Hurley, psikoterapis anak dan penulis buku Happy Kid Handbook, mengingatkan para orang tua kalau mood balita akan lebih baik dengan cukup tidur, istirahat, dan waktu untuk bersiap.

Sejak sehari sebelumnya, mulailah rutinitas dengan memastikan Si Kecil bisa tidur nyenyak dan tidak tidur terlalu malam agar bisa bangun pagi dengan segar.

Untuk lebih menghemat waktu, Moms bisa menyiapkan bekal dan camilan juga baju, sepatu, kaus kaki, dan tas yang akan dipakai sejak malam sebelumnya.

Bangunkan Si Kecil sedikit lebih awal agar sempat mandi, bersiap, dan sarapan supaya tidak terburu-buru sebelum berangkat.

4. Biarkan Balita Memilih Baju Sendiri di Hari Pertama Preschool

Lakukan Ini Sebelum Hari Pertama Preschool Untuk Mengatasi Separation Anxiety Balita 4.jpg

Foto: Blog.himama.com

Untuk mengatasi separation anxiety anak preschool, Moms bisa membangun rasa percaya diri Si Kecil dengan membiarkannya memilih baju sendiri yang akan dipakai di hari pertama. Tentu saja kalau tidak ada aturan harus pakai seragam ya, Moms.

5. Tidak Berlama-Lama Mengucapkan Selamat Tinggal

Lakukan Ini Sebelum Hari Pertama Preschool Untuk Mengatasi Separation Anxiety Balita 5.jpg

Foto: Parenting.firstcry.com

Sesampainya di sekolah, ajak Si Kecil menemui guru lalu berikan pelukan dan ciuman saat mengucapkan selamat tinggal. Hormon oksitosin yang diproduksi tubuhnya saat dipeluk Moms akan membantu meredakan rasa cemas Si kecil.

Tapi jangan berlama-lama ya, Moms. Setelah menyemangati Si Kecil dan mengucapkan selamat tinggal, beritahukan kalau Moms akan menjemputnya saat jam pulang, lalu lambaikan tangan dan berjalan pergi meski Si Kecil terlihat sedih.

Walau perasaan Moms juga campur aduk antara sedih dan bahagia melepas buah hati, usahakan untuk tetap kalem dan tersenyum saat mengucapkan selamat tinggal ya, Moms.

Baca Juga: Jangan Bingung, Pelajari 6 Kriteria Preschool yang Bagus untuk Perkembangan Anak di Sini

Pastikan Moms datang lebih awal untuk menjemput Si Kecil di hari pertama. Dengan begitu, dia merasa aman karena bisa langsung melihat Moms begitu preschool selesai.

Nah, apa Moms sudah tahu kriteria yang harus dipertimbangkan saat memilih preschool untuk balita?

(WA)

Artikel Terkait