NEWBORN
3 Agustus 2017

Bagaimana Cara Mengurangi Sakit Punggung saat Menyusui?

Sakit punggung saat menyusui? Ini dia solusinya!
Artikel ditulis oleh (andia.ratna)
Disunting oleh (andia.ratna)

Ketika menyusui bayi, Mama tentu berpikir telah melakukan segalanya dengan benar, sampai beberapa minggu kemudian, Mama mulai merasakan sakit punggung saat menyusui yang berkepanjangan. Sakit punggung saat menyusui atau karena pemberian ASI sering terjadi pada ibu menyusui dan umumnya dikaitkan karena postur tubuh dan teknik menyusui yang buruk. Benarkah demikian? Mari kita simak penjelasan berikut ini!

Penyebab Sakit Punggung saat Menyusui

Menurut Dr. Ade Sri Wahyuni, SpRM, sakit punggung saat menyusui bisa terjadi karena posisi tidur ibu menyusui. Tetapi sebenarnya sakit punggung saat menyusui terjadi hampir 50 persen diakibatkan karena postur, berat badan dan aktivitas selama kehamilan yang berdampak panjang hingga masa menyusui.

Postur tubuh yang buruk saat menyusui juga merupakan salah satu masalah terbesar yang menyebabkan sakit punggung saat menyusui. Bila Mama membungkuk untuk menjangkau si kecil, tindakan ini akan menyebabkan stres dan ketegangan pada tulang belakang.

Baca juga: Ibu Hamil Sakit Punggung? Ini Cara Mudah Atasinya

Bagaimana Cara Mencegah Sakit Punggung saat Menyusui?

Beberapa cara berikut ini dapat membantu mengurangi sakit punggung saat menyusui.

  1. Gunakan alas penghangat. Alas penghangat ini bisa diletakkan di bagian punggung, bahu atau leher yang sakit saat sedang menyusui. Ini akan membantu mengendurkan otot dan mengurangi ketegangan dan rasa sakit.
  2. Cobalah berbagai posisi menyusui yang berbeda. Gunakan posisi yang berbeda karena sedikit perubahan akan mengurangi ketegangan pada satu sisi bagian tubuh Mama.
  3. Gunakan gendongan untuk menyusui. Cara ini dapat membantu menopang berat bayi dan menahannya dalam posisi yang tepat sehingga tidak meringankan kerja otot punggung yang sakit.
  4. Duduklah di kursi santai yang nyaman saat menyusui. Luangkan waktu untuk relaks sejenak bahkan sebelum menyusui bayi. Menggunakan bantal menyusui juga bisa membuat posisi menyusui lebih nyaman, sehingga Mama terhindar dari sakit punggung.
  5. Selalu sandarkan bayi ke dada, bukan membungkuk ke arahnya. Bila perlu gunakan lebih dari satu bantal untuk menopang berat bayi.
  6. Pijat punggung. Ini bisa membantu meredakan otot tegang sekaligus membuat Mama merasa lebih tenang dan relaks.
  7. Cobalah latihan peregangan punggung dan perut secara perlahan. Latihan ini sangat membantu mengurangi sakit punggung saat menyusui dan memperkuat otot punggung.
  8. Menggunakan korset penyangga. Selain membantu mengecilkan perut pasca kehamilan, korset dapat menjadi penyangga ekstra setelah melahirkan terutama saat menyusui.
  9. Akupunktur juga merupakan salah satu cara mencegah sakit punggung.
  10. Relaks dan kurangi stres sebisa mungkin. Ketegangan dapat menyebabkan otot menegang dan menyebabkan nyeri punggung, leher dan bahu. Jika Mama merasa stres, luangkan waktu sejenak untuk melakukan aktivitas apa pun untuk menenangkan diri. Misalnya:
    • Mandi air hangat.
    • Mendengarkan musik lembut.
    • Tidur kapan pun ada kesempatan.
    • Fokus pada relaksasi setiap kali Mama duduk untuk menyusui bayi. Tutup mata Mama dan fokus pada pernapasan.

Baca juga: Bagaimana Cara Mengencangkan Payudara Setelah Menyusui?

Jika Mama mengikuti beberapa tips tersebut di atas, maka sakit punggung saat menyusui pasti akan segera mereda. Tak lama lagi, menyusui akan menjadi lebih mudah, alami, nyaman dan bebas dari rasa sakit.

Apakah Mama tertarik mencobanya?

<ROS>

Artikel Terkait