2-3 TAHUN
22 Oktober 2020

7 Makanan untuk Meningkatkan Sistem Imun Anak, Moms Perlu Tahu!

Sediakan bahan-bahan alami berikut ini di rumah untuk meningkatkan sistem imun anak
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Makanan adalah hal terpenting yang perlu diperhatikan dalam pertumbuhan Si Kecil. Dengan memanfaatkan berbagai bahan makanan yang baik, Moms bisa meningkatkan sistem imun pada anak.

Dilansir dari Physicians Committee for Responsible Medicine, buah-buahan dan sayuran mempunyai nutrisi tinggi seperti beta karoten, vitamin C, dan vitamin E terbukti ampuh dalam meningkatkan sistem imunitas tubuh.

Nah, agar sistem imun Si Kecil bisa mengalami peningkatan, Moms dapat mengolah berbagai bahan alami yang bisa disajikan untuk makanan sehari-hari Si Kecil, nih.

Pilihan Bahan Alami Meningkatkan Imun Anak

Moms harus mengetahui sebenarnya apa saja bahan alami meningkatkan imun anak. Vitamin A, C, dan E adalah vitamin yang berperan penting bagi Si Kecil dalam menjaga imunitas dan meningkatkan kesehatan tubuhnya.

Di bawah ini terdapat 6 contoh bahan alami yang baik bagi tubuh yang bisa Moms manfaatkan dan olah menjadi makanan yang menyehatkan.

1. Kunyit

bahan alami meningkatkan imun anak 1.jpg

Foto: Freepik.com

Kunyit merupakan salah satu makanan menyehatkan dan merupakan bahan alami meningkatkan imun anak.

Dilansir dari Nutrition Facts, kunyit adalah salah satu bahan makanan yang berhasil melewati tes sebagai makanan ampuh untuk mencegah dan mengurangi risiko terjadinya penyakit kanker.

Kandungan curcumin yang terdapat di dalam kunyit sangatlah menyehatkan bagi tubuh dan terbukti sangat manjur dalam mencegah berbagai penyakit berbahaya sekaligus meningkatkan imunitas tubuh.

Baca Juga: Ketahui 4 Manfaat Kunyit Asam untuk Kesehatan Tubuh!

2. Biji Pekak atau Bunga Lawang

bahan alami meningkatkan imun anak 2.jpg

Foto: Pexels.com

Bahan alami meningkatkan imun anak yang selanjutnya adalah biji pekak atau bunga lawang. Biji pekak adalah salah satu bahan makanan yang baik untuk mengatasi batuk dan pilek.

Kandungan yang terdapat di dalam biji pekak sangat baik bagi Si Kecil karena bisa juga untuk meningkatkan nafsu makan sekaligus memperkuat sistem imun tubuhnya.

3. Ikan-ikanan

bahan alami meningkatkan imun anak 3.jpg

Foto: Freepik.com

Ikan adalah salah satu bahan makanan yang banyak mengandung protein hewani dan omega 3. Kandungan gizi dari ikan sangat tinggi dan menjadikannya sebagai salah satu bahan alami meningkatkan imun anak.

Ikan dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan dengan mudah. Selain itu, rasa ikan yang gurih juga umumnya digemari anak-anak.

Baca Juga: 6 Sayuran yang Bisa Mencegah Penyakit Autoimun, Bisa Jadi Pilihan!

4. Aneka Jamur

Jenis-jamur-yang-bisa-dikonsumsi-selain-enoki.jpg

Foto: Orami Stock Photos

Bahan alami untuk tingkatkan sistem imun anak selanjutnya adalah jamur. Jamur mempunyai kandungan nutrisi baik dan memiliki vitamin D yang tinggi, sehingga menjadikannya sebagai salah satu bahan makanan menyehatkan.

Selain itu, jamur juga sangat mudah diolah sehingga Moms tidak perlu bingung untuk mengkreasikan jamur agar menjadi makanan yang menarik. Moms bisa membuat tumis jamur, mencampurnya dengan sayuran, atau dijadikan sebagai topping mie ayam rumahan.

5. Bayam

bahan alami meningkatkan imun anak 5.jpg

Foto: Pixabay.com

Bayam adalah salah satu sayuran menyehatkan dan termasuk ke dalam bahan alami untuk tingkatkan sistem imun anak. Bayam mempunyai kandungan vitamin A, vitamin C, dan vitamin K yang sangat baik dalam menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Bayam juga termasuk salah satu sayuran yang mengandung antioksidan tinggi sehingga sangat dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Moms bisa mengolah bayam untuk menjadi sup yang menyegarkan untuk Si Kecil.

Baca Juga: Mudah Diikuti, Ini Dia Resep Bayam Crispy yang Pas Jadi Camilan Sehat Moms

6. Brokoli

bahan alami meningkatkan imun anak 6.jpeg

Foto: Pexels.com

Brokoli merupakan salah satu sayuran yang mempunyai kandungan serat tinggi. Serat berfungsi untuk menyehatkan usus sekaligus membuang racun yang ada di dalam tubuh.

Brokoli juga kaya akan vitamin A dan C sehingga sangat baik untuk mata dan menjaga daya tahan tubuh Si Kecil. Moms dapat mengkreasikan brokoli agar menjadi sebuah makanan yang menarik, misalnya dengan membuatnya jadi bakso sayuran, dicampur dengan jus buah, atau dibuat camilan kering.

7. Susu Tinggi Manfaat

Foto: doc/nutrilon

Makanan selanjutnya yang bisa membantu menjaga kesehatan anak dengan meningkatkan imunitasnya adalah susu. Salah satunya adalah memberikan susu Nutrilon Royal 4.

Nutrilon Royal 4 terbukti secara klinis membantu memperkuat daya tahan tubuh si Kecil berkat kandungan FOS: GOS 1:9 yang dipatenkan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak.

Nutrilon Royal 4 juga mengandung Omega yang lebih tinggi untuk mendukung kemampuan berpikir. Jangan khawatir akan kandungan gulanya, Moms. Sebab, Nutrilon Royal 4 mengandung nol persen gula sukrosa tambahan sehingga baik menjaga tumbuh kembang anak.

Itu dia Moms makanan sehat untuk meningkatkan imun anak, terutama di masa pandemi.

Yuk, berikan gizi terbaik untuk Si Kecil. Semoga dengan memastikan kecukupan asupan gizi dan vitamin bagi Si Kecil bisa membuat tubuhnya selalu terhindar dari penyakit berbahaya. Selamat mencoba!

(ADV)

Artikel Terkait