FASHION & BEAUTY
3 Februari 2020

7 Bahan Alami untuk Menghilangkan Komedo

Komedo seringkali mengganggu penampilan kita dan mengurangi rasa percaya diri
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Phanie Fauziah
Disunting oleh Orami

Komedo merupakan masalah lain selain jerawat yang terjadi pada wajah. Menurut pakar facial, Cecilia Wong, komedo merupakan kumpulan minyak, sel kulit mati, dan kotoran yang bercampur dan tersumbat di pori-pori wajah.

Selain itu, ahli dermatologi Ken Howe juga menjelaskan tentang komedo.

“Komedo, seperti halnya jerawat, bisa berkembang karena sumbatan di pori. Bedanya, komedo ada di permukaan, sedangkan jerawat biasanya lebih dalam lagi,” ungkap Ken Howe.

Dilansir dari American Academy of Dermatology, komedo merupakan benjolan kecil yang muncul di pori-pori kulit. komedo biasanya terbentuk akibat tersumbatnya pori-pori kulit oleh sel kulit mati, bakteri, dan minyak (sebum).

Komedo terbagi menjadi dua jenis. Komedo putih atau whitehead yang disebabkan tertutupnya permukaan oleh lapisan kulit, warnanya menyerupai warna kulit.

Komedo yang terpapar oleh udara yang akan merubah warnanya menjadi coklat atau kehitaman disebut dengan komedo hitam atau blackhead.

Baca Juga: 4 Bahan Skincare Alami untuk Menghilangkan Flek Hitam

Kebanyakan orang senang dan merasa puas menghilangkan komedo dengan memencet dan mengeluarkan komedo.

Meskipun menyenangkan, hal tersebut tentu tidak baik dilakukan, karena akan merusak kulit dan menimbulkan jaringan parut.

Cara Alami Menghilangkan Komedo

Daripada membiarkan kulit wajah semakin memburuk, berikut cara menghilangkan komedo dengan bahan alami yang bisa didapatkan dengan mudah di dapur kita:

1. Uap Air

cara menghilangkan komedo.jpg

Uap air merupakan cara menghilangkan komedo yang mudah. Uap air panas dapat membuka pori-pori yang akan mengeluarkan kotoran dengan mudah, karena uap air dapat mengontrol kadar minyak berlebih serta membersihkan bakteri penyebab jerawat.

2. Gula Pasir

Selain Diabetes, Ini 4 Penyakit Akibat Konsumsi Gula Berlebih 3.jpg

Membuat scrub dengan gula pasir dapat menjadi cara menghilangkan komedo yang tepat.

Tekstur gula yang berbutir dapat memberikan efek scrub yang mampu mengangkat sel kulit mati.

Glukosa yang terkandung dalam gula juga bermanfaat melembutkan kulit.

Penggunaan gula sebagai scrub ini dapat dibuat dengan cara melarutkannya dengan tetes air atau diganti dengan minyak zaitun atau madu.

Pemakaiannya cukup diaplikasikan pada area hidung, diamkan selama 10 menit, dan bilas.

Baca Juga: 3 DIY Masker Alami untuk Menghilangkan Komedo

3. Garam

cara menghilangkan komedo 2.jpg

Tekstur kristal yang dimiliki garam juga dapat menjadi bahan scrub untuk menghilangkan komedo, terutama di area hidung.

Garam dapur ini dapat dicampur air untuk dijadikan scrub, setelah pemakaian scrub ini, bisa tempelkan es atau kompres air es.

4. Putih Telur

hilangkan komedo dgn masker putih telur hero banner magz (1510x849)

Putih telur memang banyak dan sering dipakai sebagai bahan alami untuk perawatan kecantikan. Nutrisi dalam telur dapat menghaluskan dan menghambat penuaan kulit.

Putih telur dapat mengangkat lemak dan sel kulit mati penyebab komedo. Bahan ini bisa menjadi masker wajah yang jika selesai dioleskan, diamkan sekitar 15 menit, dan bilas.

Baca Juga: 5 Masker Wajah Alami untuk Kulit Berjerawat

5. Ampas kopi

cara menghilangkan komedo 4.jpg

Lagi-lagi kopi menjadi primadona tidak hanya untuk diseruput di sore hari dengan kudapan, tapi kopi juga dapat menjadi bahan perawatan kecantikan yang ampuh.

Ampas kopi dapat menjadi scrub yang dapat mengangkat komedo. Dan kafein dalam kopi baik untuk peremajaan kulit.

Jika meminum secangkir kopi, ada baiknya jangan membuang ampasnya, usapkan ampas kopi di area hidung, gosokkan perlahan, hingga masuk ke pori-pori dan mengangkat komedonya, lalu bilas dengan air bersih.

6. Cuka Apel

cuka apel 1.png

Tidak hanya mampu menuntaskan jerawat dan masalah kulit lainnya, menghilangkan komedo juga dapat teratasi oleh cuka apel.

Cuka apel dengan sifat antiseptiknya dapat membersihkan pori-pori dari kotoran dan bakteri. Gunakan cuka apel seperti memakai toner di wajah, tapi cukup lakukan 3 kali dalam seminggu ya.

7. Baking Soda

cara menghilangkan komedo 5.jpg

Siapa bilang baking soda hanya dibutuhkan ketika membuat kudapan saja? Bahan dapur ini ternyata mampu menghilangkan komedo yang menyumbat pori-pori.

Baking soda dapat dicampur dengan sedikit air hingga membentuk pasta dan dioleskan ke area wajah yang berkomedo, gosok secara halus, dan bilas dengan air hangat.

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Komedo dengan Baking Soda

Bahan alami dan cara yang praktis dapat menjadi solusi terbaik untuk menghilangkan komedo tanpa harus mengeluarkan uang yang banyak.

(PSF/ERW)

Artikel Terkait