FASHION & BEAUTY
25 Februari 2020

4 Bahan Berbahaya Dalam Sampo, Catat!

Perhatikan label kemasannya ya, Moms!
Artikel ditulis oleh Amelia
Disunting oleh Intan Aprilia

Sampo adalah salah satu produk perawatan rambut yang dimiliki oleh semua orang. Tentunya, pemakaian sampo dilakukan untuk menghilangkan minyak dan kotoran yang menumpuk di rambut.

Namun, bukan berarti semua sampo aman digunakan. Ada beberapa bahan berbahaya pada sampo yang mungkin bisa merusak rambut dan kulit kepala.

Jika Moms ingin membeli sampo, sebaiknya tidak hanya memerhatikan fungsi dan kemasannya, tetapi coba perhatikan bahan kandungannya. Jika mengandung bahan berbahaya di bawah ini, segera hindari ya, Moms.

Bahan Berbahaya Dalam Sampo

Dalam Indian Journal of Dermatology, sampo tidak hanya membersihkan kulit kepala dan rambut, tetapi juga berfungsi untuk merawat dan memperindah rambut dan membantu merawat gangguan kulit kepala.

Berikut ini empat bahan berbahaya pada sampo. Jika Moms memeriksa dan melihat ada kandungan ini di dalamnya, sebaiknya jangan membeli sampo tersebut ya, Moms.

Baca Juga: Ikuti 5 Tips Ini Sebelum Membeli Sampo Bayi

1. Paraben

kandungan berbahaya pada sampo-1

Foto: Orami Photo Stock

Walaupun paraben lebih banyak ditemukan dalam produk perawatan kulit, beberapa produk rambut masih mengandung paraben, seperti methylparaben dan propylparaben.

"Untuk mengidentifikasi paraben pada label perawatan kulit, cari propylparaben, benzylparaben, methylparaben, atau butylparaben," jelas dokter naturopati, Dr. Trevor Cates, mengutip The Independent.

Namun, sebenarnya paraben bukan merupakan bahan yang benar-benar berbahaya. Paraben dianggap berbahaya karena dapat mengganggu fungsi hormon dengan cara kerja yang mirip estrogen.

Studi oleh Journal of Applied Toxicology yang menemukan jejak lima paraben di jaringan payudara, mengidentifikasi bahwa sebenarnya paraben mampu menembus kulit dan tetap dalam jaringan.

Terlalu banyak estrogen dapat memicu peningkatan pembelahan sel payudara dan pertumbuhan tumor, itulah sebabnya penggunaan paraben dikaitkan dengan kanker payudara dan masalah reproduksi.

Baca Juga: Paraben dalam Kosmetik, Apakah Benar-benar Berbahaya?

2. Formaldehida

kandungan berbahaya pada sampo-2

Foto: Orami Photo Stock

Sampo dengan bahan pengawet seperti quaternium-15, diazolidinyl urea, DMDM ​​hydantoin, bronopol, atau imidazolidinyl urea adalah zat berbahaya pada sampo yang dapat sangat merusak.

Ini karena bahan-bahan tersebut dapat melepaskan formaldehida ke udara yang dapat dihirup dan masuk ke kulit. Dampaknya, bisa menyebabkan risiko berbahaya.

"Formaldehida diketahui menyebabkan kerusakan DNA dan kanker. Bahan ini paling berbahaya ketika dihirup. Dalam bentuk cair, dapat diserap melalui kulit. Selain bersifat karsinogenik, bahan ini dapat menyebabkan reaksi 'alergi', termasuk iritasi kulit dan asma," jelas Dr. Trevor.

3. Sulfat

kandungan berbahaya pada sampo-3

Foto: Orami Photo Stock

Sulfat termasuk bahan berbahaya pada sampo yang sebaiknya dihindari penggunaannya. Ini karena bahannya bisa sangat merusak rambut, membuat rambut rapuh, dan dalam beberapa kasus, menyebabkan kondisi eksim.

Sulfat biasanya ada dalam bentuk sodium laureth sulfate dan sodium lauryl sulphate. Bahan ini merupakan deterjen murah yang memberikan efek busa, umumnya terkandung dalam sampo pada umumnya.

"Bahan ini banyak digunakan dalam industri kosmetik sebagai surfaktan yang 'menjebak' kotoran dan minyak, dan dapat dibilas dengan air," kata David Felstead, direktur di klinik Daniel Galvin Hair & Scalp.

Lebih lanjut ia menjelaskan, "Ada kekhawatiran bahwa bahan kimia ini mungkin bersifat karsinogenik atau menyebabkan iritasi, sehingga beberapa produsen menjauhi dan menggunakan bahan alternatif seperti ammonium laureth sulphate yang lebih lembut."

Baca Juga: Benarkah Sodium Lauryl Sulfate (SLS) Pada Sampo Menyebabkan Rambut Rontok?

4. Pewangi

kandungan berbahaya pada sampo-4

Foto: Orami Photo Stock

Bahan yang paling umum ada di sampo adalah pewangi. Namun, siapa yang menyangka bahwa zat pewangi bisa menjadi bahan yang berbahaya pada produk sampo.

"Zat wewangian dapat mengandung sejumlah bahan kimia pengganggu endokrin (EDC), dan bahan ini termasuk di antara lima alergen teratas di dunia," jelas Dr. Trevor.

Tetapi, David mengatakan bahwa sampo dengan pewangi biasanya tidak menyebabkan alergi pada orang-orang dengan kulit kepala tidak sensitif. Pastikan bahwa kandungan pewanginya juga tidak terlalu banyak ya, Moms.

Selain penting untuk memerhatikan bahan yang terkandung pada sampo, American Academy of Dermatology juga menyarankan untuk memilih sampo dan kondisioner dengan formula yang sesuai dengan jenis rambut yang dimiliki.

Itu dia, bahan berbahaya dalam sampo yang perlu dihindari agar tidak menimbulkan risiko pada kulit kepala dan rambut.

Artikel Terkait