KESEHATAN
10 November 2019

Malas Cuci Tangan? Ini Bahayanya Bagi Kesehatan!

Ketahui dampak berbahaya jika kamu malas mencuci tangan
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Apakah Si Kecil atau bahkan Moms sering malas cuci tangan? Cuci tangan adalah kebiasaan sederhana yang sering dianggap sepele. Padahal, kebiasaan mencuci tangan dapat menjauhkan Moms dan keluarga dari berbagai jenis infeksi penyakit.

WHO atau Organisasi Kesehatan Dunia mengungkapkan tangan adalah jalur utama transmisi kuman paling utama sehingga kebersihan tangan adalah langkah penting untuk menghindari penularan kuman dan mencegah penyakit infeksi.

“Banyak pengembangan terhadap antibiotik baru, namun sebenarnya memperkuat praktik kebersihan tangan adalah cara terbaik untuk mencegah infeksi yang berpotensi menghentikan resistensi antimikroba. Kebiasaan mencuci tangan dapat mencegah penyebaran kuman dan menghindari infeksi penyakit,” ujar Dr. Edward Kelley, direktur dari WHO Patient Safety Programme.

Baca Juga: Usia Berapa Anak Bisa Diajarkan Cuci Tangan Sendiri? Perhatikan Cara yang Benar!

Bahaya Malas Cuci Tangan

Bahaya Malas Cuci Tangan

Ada beberapa penyakit menular yang dapat menyebar bila malas mencuci tangan, yakni:

  • Infeksi saluran pencernaan, seperti bakteri Salmonella
  • Infeksi pernapasan seperti influenza.

Malas mencuci tangan menyebabkan rentan terkena infeksi saluran cerna dan pernapasan yang bisa mengakibatkan komplikasi serius, terutama untuk anak-anak, orang tua, atau mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Mencuci tangan dengan benar juga membantu mencegah penyebaran kuman, seperti bakteri atau virus yang menyebabkan penyakit ini.

Baca Juga: Coba 5 Hal Ini Agar Pencernaan Ibu Hamil Bebas dari Masalah

Waktu yang Tepat untuk Mencuci Tangan

Dampak Berbahaya Jika Malas Cuci Tangan-2.jpg

Kebiasaan mencuci tangan sebaiknya diterapkan pada waktu-waktu tertentu dan bukan dilakukan setiap saat. Ini waktu yang paling tepat untuk mencuci tangan, yaitu:

  • Setelah menggunakan toilet atau sehabis mengganti popok Si Kecil;
  • Sebelum dan setelah menyiapkan makanan;
  • Sesudah memegang makanan mentah atau saat ingin memasak;
  • Sebelum dan sesudah merawat anak-anak atau anggota keluarga lainnya yang sedang sakit;
  • Setelah membuang sampah atau mengurus tanaman;
  • Setelah bermain atau merawat hewan peliharaan.

Saat mencuci tangan, ada baiknya Moms menggunakan air yang mengalir dibandingkan genangan air di dalam bak yang mungkin saja sudah terkontaminasi.

Gunakan sabun dan air untuk menghilangkan lebih banyak organisme penyebab penyakit daripada hanya mencuci tangan dengan air saja. Lalu, sebaiknya gunakan sabun cair karena bekerja lebih baik daripada sabun batangan.

Jika Moms memiliki kulit yang sensitif, pastikan sabun yang dipakai memiliki pH yang netral dan tidak mengandung pewangi agar tidak menyebabkan iritasi.

Saat mencuci piring, Moms bisa menggunakan sarung tangan untuk melindungi tangan. Lalu, oleskan krim tangan berbasis air selama tiga sampai empat kali sehari agar tangan tetap lembut.

Baca Juga: 3 Tips Memilih Sabun dan Sampo Bayi yang Aman

Cara Mencuci Tangan dengan Tepat

Bahaya Malas Cuci Tangan

Nyatanya, mencuci tangan harus dilakukan dengan langkah yang tepat dan benar. Cara ini bisa Moms ajarkan juga kepada anak di rumah agar ia rajin untuk mencuci tangan terutama sebelum makan dan sesudah dari kamar mandi. Berikut cara mencuci tangan dengan benar:

  1. Pertama, basahi tangan dengan air lalu tambahkan dengan sabun.
  2. Gosokkan tangan secara bersama-sama selama 20 detik. Pastikan untuk menggosok area pergelangan tangan, di antara jari-hari, dan di bawah kuku. Ketika punya waktu yang lebih, Moms bisa menggunakan sikat kuku untuk membersihkan kuman yang bersembunyi di bawah kuku.
  3. Bilas tangan sampai bersih, lalu keringkan dengan handuk atau kain bersih sampai kering. Jika Moms berada di toilet umum, usahakan matikan keran dan membuka pintu dengan tisu toilet agar kuman tidak lagi menempel.

Ingat, Moms, mencuci tangan adalah kebiasaan yang harus diterapkan setiap hari. Kuman menempel berisiko sebabkan berbagai jenis penyakit menular. Stop malas mencuci tangan ya!

(DG)

Artikel Terkait